serat alami
June 14, 2021 Article

Minuman Segar yang Mengandung Serat Alami

Scrubber Tahukah kamu jika 70% kekebalan atau imunitas tubuh berasal dari usus? Karenanya, serat menjadi salah satu komponen penting karena mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, khususnya usus. Idealnya, kebutuhan serat dalam tubuh untuk anak-anak dan bayi adalah 11-23 gram per hari, dan untuk pria dewasa 27-37 gram serta wanita dewasa 27-32 gram per hari.

Jika kebutuhan serat dalam tubuh tidak tercukupi, akan muncul berbagai macam masalah kesehatan tubuh seperti sembelit atau susah BAB, kekebalan tubuh menurun, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kesehatan jantung menurun, dan risiko penyakit berbahaya lainnya. Lalu, sudahkah kamu mencukupi kebutuhan serat dalam tubuhmu hari ini?

Sehat dan Segar, Bikin Minuman Dengan Serat Alami Berikut Yuk!

Sebenarnya tidak sulit untuk bisa mendapatkan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Sebab kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan sumber makanan lainnnya. Tapi jika kamu bosan dan ingin menyantap serat dengan cara mudah, kamu bisa mendapatkannya dengan minuman segar yang mengandung serat alami seperti yang akan dijelaskan dibawah.

Jika kamu bosan atau malas untuk mengolah buah-buahan atau sayur-sayuran menjadi minuman segar, kamu bisa menggunakan produk minuman serat yang bisa kamu beli di pasaran. Salah satunya adalah Scrubber. Scrubber merupakan minuman rasa jeruk yang terbuat dari jeruk asli dan dilengkapi dengan kandungan probiotik, prebiotic, dan berbagai jenis serat alami lainnya. Tapi, jika kamu hobi masak, kamu bisa coba beberapa resep dibawah ini.

Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat dan dilengkapi dengan kandungan vitamin C dan antioksidan. Selain itu, air atau jus lemon mampu mencegah tubuh agar terhindar dari dehidrasi lho! Nah, untuk membuatnya pun sangat simple karena kamu hanya cukup mencampurkan air perasan lemon dengan air putih atau mencampurkan lemon, air, dan es batu ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan gula secukupnya atau madu agar rasanya tidak terlalu asin.

Jus Apel

Selain lemon, buah yang dikenal kaya akan serat lainnya adalah apel. Satu buah apel mengandung 2,6 gram serat dan juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan kalsium. Kandungan pektin yang merupakan serat larut dalam apel akan mampu meningkatkan pergerakan usus besar. Sama dengan membuat jus pada umumnya, kamu hanya perlu memblender apel bersama dengan air dan es batu atau bahan campuran lainnya.

Smoothie Buah Beri

Buah beri yang terdiri dari Raspberry, Blueberry, dan Strawberry mengandung serat yang tinggi, dimana secangkir buah beri mengandung 8 gram serat untuk tubuh. Selain bergizi, buah beri juga memiliki rasa yang lezat dan segar. Kamu bisa mencampurkan satu seperempat cangkir buah berry dengan buah lain seperti apel atau pir dan blender menggunakan susu dan es batu untuk menambah cita rasa.

Smoothie Pisang

Tahukah kamu jika buah berwarna kuning dengan rasa yang sangat lezat ini mengandung 1,9 gram serat alami? Oleh sebab itu, buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi guna memperlancar sistem pencernaan. Jika kamu bosan memakan buah pisang secara langsung, kamu bisa menjadikannya sebagai smoothie dengan cara mecampurnya bersama dengan almond dan gadung utuh, kemudian campurkan susu, dan blender deh!

Nah, itu dia ke-4 minuman segar yang mengandung serat alami. Selain akan memberikan nutrisi dan membantu fungsi sistem pencernaan, minuman diatas juga bisa membantu fungsi tubuh lainnya lho! Jadi, kamu akan mendapatkan manfaat yang berkali-kali lipat untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, resep yang mana yang akan menjadi pilihanmu?