masalah bab kebiasaan buruk
Maret 17, 2021 Artikel

Berapa Hari Normal Buang Air Besar? Ini Penjelasannya

Vegeta Herbal Umumnya penjelasan dari setiap orang mengenai frekuensi normal buang air besar tentu berbeda-beda. Ada yang mengatakan dua hari sekali, tiga hari sekali, empat hari sekali, dan juga ada yang berpendapat satu minggu sekali. Nah, supaya tidak penasaran lagi mengenai berapa hari normal buang air besar? ini penjelasanya untuk Anda

Waktu atau Berapa Hari Normal Buang Air Besar?

Frekuensi Normal Buang Air Besar

Cara tubuh membuang racun atau zat sisa yang terkandung dalam tubuh yakni dengan buang air besar. Feses yang dikeluarkan setiap orang rata-rata mempunyai banyak hingga 28 gram untk setiap 5 kilogram berat badan. Pada feses biasanya terkandung zat sisa dari usus dan hati, serat protein, bakteri hidup, bakteri mati, dan 75 persen air.

Sebetulnya, frekuensi seberapa sering atau jarang buang air besar pada setiap orang pasti berbeda. Kendati demikian, ada informasi tentang berapa kali frekuensi normal buang air besar, yakni sekitar tiga kali dalam satu minggu. Namun, hal tersebut berlaku apabila keadaan feses yang dikeluarkan tidak terlalu encer maupun tidak terlalu keras.

Apabila Lebih Jarang atau Lebih Sering BAB Dari Biasanya

Bila ada sesuatu yang salah terjadi pada tubuh Anda, maka salah satu tandanya ada pada frekuensi buang air besar yang mengalami perubahan dibanding biasanya. Misal, apabila biasanya 3 kali buang air besar dalam seminggu, tiba-tiba menjadi seminggu sekali ataupun sebaliknya. Pola makan yang berubah biasanya menjadi penyebab susah BAB atau berkurangnya durasi buang air besar.

Apabila Anda terlalu sering buang air besar, kemungkinan besar makanan yang dikonsumsi kebanyakan mengandung serat. Namun, jika Anda menjadi semakin jarang atau sembelit buang air besar, menandakan bila kurang mengonsumsi sayur dan buah. Jarang buang air besar juga dapat menandakan penyakit parah seperti kanker kolorektal, irritable bowel syndrome, hingga stress.

Seperti Apa Feses yang Normal

Feses atau kotoran buang air besar dikatakan normal apabila warnanya kecokelatan, ada bentuk atau wujudnya, tidak terlalu encer, dan tidak terlalu keras. Jika feses terlalu keras maka dianggap sembelit, sedangkan feses yang terlalu cair akan dianggap diare. Apabila bau, tekstur, dan pola buang air besar tidak seperti biasanya, perlu berkonsultasi dengan dokter.

Cara Melancarkan Buang Air Besar

Ada beberapa cara agar buang air besar Anda bisa semakin lancar. Cara ampuh untuk melancarkan buang air besar yakni dengan minum obat pencahar. Kemudian, perbanyak juga minum air putih paling tidak 8 gelas sehari. Selain itu, minum yogurt pada malam hari bisa membuat buang air besar keesokan harinya menjadi lancar.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai buang air besar yang sudah dijelaskan diatas. Jangan abai terhadap beberapa hal yang menyangkut dengan buang air besar. Supaya buang air besar jadi lebih lancar dan teratur, coba deh minum Vegeta Herbal.

Minuman herbal yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah buang air besar.

Related article