Juni 12, 2013 Artikel

Macam-Macam Penyakit yang Dibawa Oleh Nyamuk

Soffell – Nyamuk merupakan salah satu hewan sudah dikenal mampu menimbulkan penyakit, bahkan yang mematikan sekalipun. Tidak sedikit masyarakat yang meninggal dunia karena disebab kan oleh gigitan hewan ini. Satu gigitan saja dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Meskipun hewan ini berukuran kecil namun kita tidak boleh anggap biasa saja namun diperlukan pantauan yang ketat.

Satu gigitan nyamuk bisa menimbulkan beberapa penyakit, seperti:

  1. Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang begitu berbahaya dan sedang mewabah ditengah-tengah masyarakat. Bahkan demam berdarah ini sudah masuk dalam kategori penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini biasanya ditularkan oleh nyamuk betina,biasa disebut dengan nyamuk Aedes Aighypti yang berkembang biak di genangan air bersih. Umumnya orang yang terkena penyakit ini akan menunjukkan banyak gejala seperti ;

?        Rasa sakit kepala yang parah

?        Nyeri sendi otot dan sendi

?        Mual disertai lemas

?        Terdapat bintik merah pada kulit

?        Demam tinggi

Jika sudah memiliki gejala ini maka sebaiknya lansung dibawa kerumah sakit untuk mendapat perawatan yang lebih baik sebelum berakibat fatal.

  1. Malaria

Tidak hanya demam berdarah saja yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk, namun juga menyebabkan penyakit malaria. Bagi yang belum mengetahui, gigitan nyamuk ini berasal dari nyamuk Anopheles. Sebagai info, jadi sebenarnya terdapat parasit dalam tubuh nyamuk dan parasit itulah yang ditularkan kedalam tubuh manusia melalui gigitan sehingga muncul penyakit Malaria denfan gejala yang ditimbulkan tidak berbeda dengan penyakit demam berdarah yaitu seperti;

?        Menggigil

?        Demam sampai 3 hari

?        Sakit kepala disertai dengan berkeringat

?        Ketahanan tubuh yang menurun secara derastis

Jika gejala ini tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan koma.

  1. Demam kuning

Pernah kah anda mendengar demam kuning? Penyakit ini memang sangat jarang terjadi diwilayah Indonesia. Dan biasanya terjadi hanya di daerah Amerika. Penyakit ini muncul akibat sebuah virus yang ditularkan oleh nyamuk Haemagogus. Biasanya penyakit ini akan menimbulkan sakit seperti;

?      Terjadi pendarahan dalam tubuh

?      Radang hati

?      Muntah darah

Jika sudah terjadi kerusakan pada hati biasanya bagian dalam mata dan kulit menjadi kuning. Namun, untuk mengetahui apakah terkena demam kuning atau tidak bisa dilihat dari tanda yang ditunjukkan seperti sakit kepala yang parah, mual, demam disertai dengan menggigil. Bahkan jika penyakit ini sudah fatal maka dapat menyebabkan kematian.

  1. Kaki gajah

Penyakit kaki gajah sangat sering terjadi baik itu di Indonesia. Biasanya penyakit kaki gajah ini terjadi akibat larva cacing yang ada di tubuh nyamuk lalu di tukarkan pada manusia melalui gigitan nyamuk seperti nyamuk Aedes maupun Anopheles. Umumnya penyakit ini akan menimbulkan demam, pembengkakan kelenjar getah bening, serta radang dimana akan terlihat merah juga panas.

Demikian lah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, ternyata bahaya juga ya ! maka dari itu, biasakan untuk selalu memakai lotion anti nyamuk Soffell pada pagi, sore dan malam hari untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

Related article