susah buang air besar
Oktober 21, 2020 Artikel

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kekuarangan Serat

Scrubber Berdasarkan penelitian, orang dewasa diwajibkan mengkonsumsi serat sebanyak 20 hingga 30 gram setiap harinya. Hal ini sama dengan mengkonsumsi sayur dan 5 porsi buah setiap harinya. Namun sayangnya banyak orang yang tidak tertarik untuk mengkonsumsi serat dengan cukup, justrumalah lebih memilih makanan yang mengandung lemak dan juga junk food.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kandungan serat dapat membantu untuk menyehatkan pencernaan. Sementara buah memberikan nutrisi vital dan enzim bagi tubuh manusia. Apabila tubuh seseorang kekurangan serat maka akan terjadi beberapa hal berikut ini:

Konstipasi dan Wasir

Setiap material tumbuhan atau sayur yang ada di dalam tubuh yang tidak dapat dicerna maka dapat membantu membentuk kotoran dan hal ini akan lebih sulit dikeluarkan. Jika seseorang kekurangan serat maka hal ini berarti perutnya tidak nyaman, misalnya seperti konstipasi atau kembung. Selain itu orang dengan kekurangan serat beresiko juga terkena wasir karena kesulitan BAB.

Resiko Penyakit Jantung Semakin Naik

Resiko akan penyakit jantung bisa diminimalisir apabila Anda mengkonsumsi serat yang tinggi serat memang tidak dapat dicerna tubuh. Sementara kolesterol bisa melekat padanya setelah itu keduanya keluar melalui pembuangan. Melalui penelitian orang yang rutin dalam mengkonsumsi serat maka mempunyai resiko rendah mengalami penyakit kardiovaskuler.

Mudah Lapar

Jika mengkonsumsi makanan berserat maka akan menjadikan Anda lebih tahan lapar walaupun Anda mengkonsumsi protein yang tinggi, namun sedikit mengkonsumsi serat maka tetap akan membuat Anda sering lapar. Alasannya karena serat akan dicerna tubuh lebih lama dari nutrisi yang lainnya.

Dengan hal tersebut maka dari seseorang yang mengkonsumsi serat lebih banyak merasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang sangat cocok bagi diri seseorang yang sedang menjalankan diet atau penurunan berat badan.

Menaikan Kadar Gula

Kadar gula darah makanan yang dikonsumsi akan cepat dikonversi menjadi tenaga. Apabila mengkonsumsi makanan yang rendah serat maka akan lebih merasa lapar lagi dan mengantuk. Terlebih lagi makanan tinggi kalori dan gula yang kurang serat maka bisa menaikkan kadar gula dalam darah, namun di kemudian hari juga bisa turun dengan cepat.

Untuk kadar gula darah akan naik turun dengan cepat secara konstan. Tidak hanya menjadikan Anda merasa lelah dan lesu saja, namun juga dapat meningkatkan adanya resiko diabetes.

Merasa Lelah

Dampak lain yang ditimbulkan oleh tubuh ketika kekurangan serat yaitu bisa membuat tubuh lebih cepat lelah. Sebaiknya Anda mengkonsumsi serat dan juga protein yang tinggi supaya dapat mengimbangi kebutuhan makanan dalam tubuh.

Berat Badan Semakin Naik

Mengkonsumsi serat yang larut pada air maka bisa memberikan sensasi kenyang yang cukup panjang. Berbeda lagi dengan Anda yang jarang mengkonsumsi makanan berserat maka beresiko kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan serat difermentasikan bakteri baik di dalam usus dan untuk proses fermentasi menghasilkan asam lemak tertentu yang bisa mengurangi lemak di bagian perut. Bakteri baik inilah yang melawan peradangan misalnya bisa menimbulkan kenaikan bobot maupun obesitas.

Kekurangan serat pastinya akan menimbulkan beberapa bahaya atau efek samping seperti penjelasan diatas. Maka dari itu, penuhi selalu kebutuhan serat harian tubuh Anda dengan mengkonsumsi berbagai macam sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi alami.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh Anda sebaiknya minum Scrubber. Minuman ini memiliki kandungan Psyllium, desktrosa, garam dan konsentrat buah alami dapat menyuplai serat ke dalam tubuh.

Minuman serat Scrubber mengandung serat alami yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Tersedia dalam kemasan saset dengan rasa jeruk yang sangat enak dan menyegarkan, apalagi jika diminum dengan air dingin. Penuhi kebutuhan serat tubuh dengan minum Scrubber!

Related article