Mengatasi Tenggorokan Kering
September 25, 2023 Artikel

6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering yang Mudah dan Ampuh

Adem Sari – Komunikasi sehari-hari dapat terganggu apabila kesehatan tenggorokan terganggu. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara mengatasi tenggorokan kering yang aman dan ampuh. 

Rasa tidak nyaman yang diakibatkan tenggorokan kering dapat menghambat pekerjaanmu. Biasanya, terasa gatal hingga sakit di area tenggorokan.

Tenggorokan kering dan gatal sering terjadi karena beberapa kebiasaan yang kurang sehat, seperti tidur dengan mulut terbuka.

Adapun terdapat penyebab lain yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering yang aman dan ampuh. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Penyebab Tenggorokan Kering

Gatal akibat tenggorokan yang kering bisa terjadi karena beberapa hal. Biasanya, selaput lendir yang kering dan sumber iritasi lainnya menjadi penyebab utama kondisi ini.

Tenggorokan kering bisa juga diakibatkan oleh kebiasaan yang buruk, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol berlebihan.

Terdapat penyebab kondisi tenggorokan lain yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Alergi

Orang yang memiliki alergi lebih mudah terkena iritasi tenggorokan yang membuatnya kering dan gatal.

Saat seseorang mengalami reaksi alergi, tubuh akan membentuk histamin. Histamin ini lah yang akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering.

Alergi serbuk bunga, bulu hewan, atau asap rokok bisa membuat pengidapnya mengalami tenggorokan kering disertai batuk-batuk.

Apabila kesehatan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mencari obat yang tepat.

2. Dehidrasi

Tidak jarang kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan tenggorokan kering. Dehidrasi diawali dengan kondisi kering di mulut yang membuat tenggorokan tidak nyaman dan gatal.

Penyebab dehidrasi sendiri adalah kurangnya cairan yang dikonsumsi. Biasanya kondisi ini terjadi karena tubuh mengeluarkan cairan terus-menerus sedangkan cairan yang dikonsumsi relatif sedikit. 

Hal-hal tersebut membuat anggota tubuh lain, utamanya tenggorokan, tidak mendapatkan asupan cairan yang dibutuhkan sehingga menjadi kering dan gatal. Untuk dapat mengatasi tenggorokan kering, kamu perlu mencukupi cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi

3. Infeksi

Tenggorokan kering mungkin saja disebabkan oleh infeksi yang disebabkan virus. Biasanya kondisi ini merupakan gejala flu.

Infeksi tersebut akan menyebabkan radang tenggorokan yang diiringi dengan batuk, bersin, dan pegal-pegal pada tubuh.

Baca juga: Dampak Buruk Debu dan Kotoran pada Tenggorokan 

Gejala Penyerta Tenggorokan Kering Akut

Sebelum mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering, kamu perlu mengenali gejala tambahan di mana kondisi ini memerlukan penanganan dokter.

Beberapa gejala lain yang muncul bersamaan dengan tenggorokan kering akut dan harus dikonsultasikan ke dokter adalah:

  • Rasa sakit saat menelan makanan
  • Sesak napas
  • Muncul ruam
  • Sakit di dada
  • Dengkuran keras di malam hari
  • Capek berlebihan di siang hari
  • Demam lebih dari 38°C

6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering memang menjadi masalah yang cukup serius dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain mengetui penyabab tenggorokan kering diatas, kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Minum Air Putih Secara Rutin

Salah satu cara menyembuhkan tenggorokan kering adalah dengan minum air putih secara rutin. Hal ini efektif untuk mengobati dehidrasi yang dapat menyebabkan tenggorokan kering.

Dengan mengkonsumsi air putih, tenggorokan kamu bisa menjadi lebih lembab. Kebutuhan cairan tubuh pun dapat terpenuhi dengan aktivitas yang sederhana ini.

Untuk mengatasi tenggorokan kering dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kamu perlu minum 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter air.

Di samping air putih, kamu pun bisa mengkonsumsi sayuran dan buah dengan kandungan air yang tinggi sebagai sumber cairan tambahan. 

Pastikan untuk mengukur konsumsi kopi dan soda agar tubuh tidak kehilangan cairan dengan cepat yang dapat menyebabkan dehidrasi dan tenggorokan kering.

2. Mengkonsumsi Madu dan Lemon

Selain sayuran dan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi, kamu bisa mengkonsumsi madu dan lemon untuk mengobati tenggorokan kering.

Center for Diseases Control and Prevention (CDC) juga menyarankan penggunaan air madu untuk tenggorokan yang disertai batuk. 

Antibakteri dan vitamin yang terkandung dalam madu dan lemon membantu mengurangi gejala tenggorokan kering. 

Kamu bisa mencampurkan madu ke dalam air hangat untuk mengatasi tenggorokan kering akibat infeksi bakteri. Larutan ini pun juga dapat meningkatkan hidrasi yang baik untuk tubuh.

Namun perlu diingat bahwa madu tidak aman untuk dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 1 tahun.

Di sisi lain, lemon dapat menyediakan vitamin yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin tersebut dapat membantu penyembuhan infeksi pernapasan yang menyebabkan iritasi tenggorokan.

Baca juga: Kenali Beberapa Penyebab Tenggorokan Terasa Gatal 

3. Meningkatkan Kelembaban Ruang

Sering kali udara kering menyebabkan tenggorokan kering. Maka dari itu, cara mengatasi tenggorokan kering kali ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kelembaban ruang.

Gunakan pelembab udara (humidifier) untuk membuat ruangan lembab. Di samping itu, kamu juga bisa mengukus ruangan dengan air panas agar kelembaban lebih terjaga.

Selain kedua cara tersebut, menghirup uap juga merupakan tips efektif untuk mengatasi tenggorokan kering.

Cara melakukannya adalah dengan membiarkan uap dari air panas masuk ke hidung, tenggorokan, dan mulut dengan bernapas secara normal. Lakukan cara ini selama 15 menit.

4. Berkumur Air Garam

Salah satu cara menyembuhkan tenggorokan kering yang efektif dan cukup populer adalah dengan berkumur air garam.

Pasalnya larutan air garam dapat membantu meringankan rasa sakit di tenggorokan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

5. Mengkonsumsi Obat

Jika sudah parah, tenggorokan kering bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat untuk penyakit tertentu, seperti batuk, flu, dan radang tenggorokan.

Apabila obat-obat tersebut tidak dapat mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat, maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.

6. Minum Pereda Panas Dalam

Tenggorokan kering merupakan salah satu gejala penyakit panas dalam. Untuk mengobatinya, kamu bisa mengkonsumsi minuman pereda panas dalam. Salah satu minuman pereda panas dalam yang cukup ampuh adalah Adem Sari

Adem Sari merupakan salah satu minuman pereda panas dalam yang dapat diandalkan dalam hal ini.

Minuman untuk tenggorokan kering ini dibuat dari ramuan herbal dan vitamin C tinggi sehingga yang dapat menyembuhkan rasa tidak nyaman dari gejala panas dalam efektif. Dengan Adem Sari, tenggorokan menjadi segar kembali dan daya tahan tubuh bisa terjaga.

Demikian cara mengatasi tenggorokan kering yang dapat kamu lakukan. Beberapa cara diatas dapat dilakukan dengan mudah dan tentunya aman. Salah satu hal penting untuk mengatasi masalah ini adalah dengan minum pereda panas dalam Adem Sari yang cukup membantu masalah tenggorokan kamu.

Yuk, sembuhkan tenggorokan kering dengan minuman pereda panas dalam yang aman dan ampuh, Adem Sari!

Baca juga: Inilah Minuman Penghilang Tenggorokan Gatal

Related article