tanda tubuh kekurangan serat
June 10, 2021 Article

Mengenal Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Scrubber Serat termasuk dalam salah satu jenis nutrisi yang memiliki peranan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis serat yaitu serat larut air (soluble fiber) yang berfungsi untuk mencegah penyerapan kolestrol pada saluran pencernaan, mempertahankan rasa kenyang, dan menjaga kadar gula tetap stabil. Dan jenis serat kedua yaitu serat tidak larut air (insoluble fiber) yang berfungsi untuk memperlancar gerakan saluran pencernaan.

Serat larut air bisa kamu dapatkan dari beragam jenis makanan seperti kacang-kacangan, oats, dan buah-buahan terutama apel dan jeruk. Sedangkan untuk serat tidak larut air bisa didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayuran. Nah, karena memegang peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, kamu wajib selalu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh setiap hari.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Serat Berikut Ini!

Secara umum, saat tubuh kekurangan serat, maka gejala yang akan ditimbulkan tidak akan disadari lho! Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya lebih dari 90% penduduk di Indonesia mengalami kekurangan serat. Sebaiknya, asupan serat yang dikonsumsi oleh tubuh adalah 14 gram serat per 1000 kalori. Sayangnya, data menunjukkan orang dewasa hanya mengkonsumsi 15 gram serat per harinya, jumlah ini tentu saja kurang untuk memenuhi asupan serat yang baik.

Akibatnya, tubuh akan mengalami beberapa dampak negative yang jika dibiarkan semakin lama akan menyebabkan masalah kesehatan yang kronis. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu wajib mengetahui tanda tubuh kekurangan serat berikut ini.

Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit

Kekurangan serat biasanya ditandai dengan kondisi dimana tubuh akan mengalami kesulitan BAB atau sembelit. Tubuh bisa dikatakan sembelit jika kamu memiliki frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Kekurangan asupan serat akan menyebabkan usus bergerak lebih lambat atau tidak lancar. Jika muncul tanda seperti ini, segeralah konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan serat ya!

Mudah Merasa Lapar Meskipun Baru Saja Makan

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, memastikan agar tubuh tetap memiliki asupan serat yang cukup merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, tubuh yang kekurangan serat akan menyebabkan proses mencerna makanan berlangsung lebih cepat sehingga menimbulkan rasa lapar. Jika hal ini terjadi, maka program dietmu akan gagal dan berujung sia-sia.

Energi Dalam Tubuh Berkurang Sehingga Mudah Lemas

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh yang paling sering dikonsumsi. Namun sayangnya, karbohidrat memiliki efek yang tidak bertahan lama. Lain halnya dengan serat, serat akan membuat kadar gula darah meningkat secara perlahan dan bisa membuat energi bertahan lebih lama.

Mengalami Gangguan Pada Jantung

Kandungan serat, zat besi, vitamin B, dan Zinc akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh yang akan meningkatkan kesehatan jantung. Oleh sebab itu, kamu wajib menjaga kecukupan serat dalam tubuh untuk menjaga kesehatan jantung sehingga terhindar dari risiko yang berbahaya.

Meningkatnya Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Tanda terakhir saat tubuh kekurangan serat adalah kolesterol dan tekanan darah tinggi. Serat akan mampu mengurangi trigliserida yang meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan serat akan mampu mengontrol tekanan darah agar selalu stabil dan normal.

Nah, itu dia ke-5 tanda tubuh kekurangan serat yang wajib banget untuk kamu ketahui! Dengan mengetahui tanda-tanda atau gejala tersebut, kamu bisa menjadi lebih waspada dan segera memenuhi kebutuhan asupan serat dalam tubuh. Untuk bisa mencukupinya kamu bisa mengonsumsi Scrubber. Minuman kaya akan serat alami yang diproduksi oleh Enesis Group ini mengandung bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotik) dan bermacam serat.

Rasa jeruk yang menyegarkan dengan berbagai kandungan serat di dalam serat dapat melindungi tubuh kamu dari berbagai macam masalah pencernaan. Yuk, minum Scrubber dan rasakan khasiatnya!.