Oktober 10, 2021 Artikel

Makanan yang Cocok untuk Penderita Susah Buang Air Besar

Vegeta Herbal – Susah buang air besar atau sembelit kerap menjadi masalah untuk banyak orang. Keadaan dimana Anda sulit BAB tersebut tentu menjadi hal yang kurang nyaman. Konstipasi atau sembelit umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Sebut saja kurang berolahraga atau bergerak, kurang meminum air putih serta pola makan yang tidak teratur. Pola makan sedikit banyaknya berpengaruh dalam menjadi penyebab utama konstipasi. Apa saja makanan untuk susah BAB? Berikut penjelasannya.

Makanan untuk Susah BAB

Apabila Anda mengalami gejala sembelit jangan buru-buru mengonsumsi obat pencahar. Sebab ada beberapa alternatif alami lain yang jauh lebih ampuh. Apalagi makanan untuk susah BAB yang dikonsumsi enak dan Anda pasti suka. Mengatasi permasalahan konstipasi konon bisa disembuhkan dengan banyak memakan makanan kaya akan serat seperti berikut ini.

1. Buah Apel

Siapa sih yang tidak suka buah apel. Buah berwarna hijau/merah ini memiliki cita rasa manis dan juga menyegarkan. Di balik nikmatnya mengonsumsi apel, buah ini juga kaya akan manfaat seperti untuk mengatasi sembelit. Serat larut air yang terkandung di dalamnya juga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

Baca juga: Mengenal Konstipasi dan Cara Mengatasinya

2. Alpukat

Alpukat tidak hanya memiliki rasa yang lezat. Buah yang mudah ditemukan ini bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi susah buang air besar. Kandungan serat dan lemak yang ada menjadikan buah ini bagus untuk memperlancar pencernaan. Bila kurang suka memakannya langsung, buah ini juga cukup segar untuk dijadikan jus.

3. Buah Kiwi

Kondisi sembelit mengakibatkan tinja keras sehingga sulit untuk dikeluarkan saat BAB. Kondisi itu jelas menyiksa. Nah untuk memperlancar dan melunakan volume tinja tersebut dapat dilakukan dengan konsumsi buah kiwi. Buah yang khas berwarna hijau di bagian dalamnya ini juga memiliki rasa yang manis menyegarkan.

4. Jeruk

Jika Anda kesulitan untuk menemukan beberapa buah di atas, jeruk bisa jadi solusi. Buah dengan rasa manis menyegarkan ini tentu tak asing untuk siapa pun. Kandungan serat yang dapat mencapai 3,1 gram pada buah ini jelas mampu membantu menjaga kelancaran buang air besar. Vitamin C pada buah jeruk juga amat tinggi sehingga memberikan manfaat lain bagi tubuh.

5. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Selain buah-buahan, mengonsumsi sayuran juga baik untuk mengatasi sembelit. Anda dapat mengolah beberapa sayuran seperti brokoli ataupun buncis untuk mendapatkan banyak serat yang bermanfaat untuk mengatasi konstipasi. Banyaknya serat menjadikan volume tinja lebih berat sehingga mampu membantu mengatasi masalah BAB.

6. Ubi Jalar

Dibutuhkan banyak serat pada makanan untuk susah BAB. Untuk itu ubi jalar bisa dijadikan solusi efektif. Bagaimana tidak, ubi banyak mengandung serat pektin yang mana sangat bagus untuk memperlancar buang air besar. Bila sistem pencernaan mampu beroperasi dengan baik maka bukan tak mungkin gejala sembelit bisa langsung hilang.

7. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan juga bisa dijadikan pilihan mengatasi konstipasi. Sebut saja contohnya kacang polong ataupun almond. Keduanya kaya akan serat yang mana membantu dalam pembentukan berat tinja agar lebih mudah di keluarkan. Apalagi banyak jenis kacang juga mudah untuk Anda temukan.

8. Buah Pepaya

Buah-buahan sepertinya memang menjadi penangkal sembelit yang efektif. Tak mau kalah buah pepaya juga bagus untuk mengatasi permasalahan konstipasi. Apalagi buah kaya akan serat ini banyak mengandung vitamin yang mana berguna bagi tubuh.

Permasalahan sembelit kerap menimbulkan keresahan tersendiri bagi penderita. Apabila dibiarkan maka tentu memberi efek buruk untuk kesehatan. Berbagai pilihan makanan untuk susah BAB di atas bisa Anda pilih untuk mencegah dan mengatasinya.

Selain mengonsumsi makanan untuk susah BAB yang ada di atas, untuk mengatasi susah buang air besar Anda bisa minum Vegeta Herbal. Minuman supplemen herbal dari Enesis Grup ini terdiri dari kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Apa itu Konstipasi

Related article