makanan serat alami sehat
Februari 24, 2021 Artikel

Makanan Sehat yang Mengandung Probiotik Alami

Scrubber Sedari kecil kita mengenal bakteri itu bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Bakteri memang pada umumnya bisa memengaruhi kesehatan tubuh dan mampu membuat kita jadi gampang sakit.

Bakteri sangat di wanti-wanti dan dihindari agar tidak menyerang kesehatan kita. Ya, memang itu benar adanya, tapi yang perlu kalian tahu tidak selamanya bakteri itu bakteri jahat. Ada bakteri baik yang dimanfaatkan bahkan menjadi saran untuk di konsumsi.

Sejumlah makanan dan minuman pun banyak mengandung bakteri ini tanpa disadari. Keduanya mempunyai bakteri baik yang mampu memberikan efek untuk kesehatan. Jika kalian ingin tau makanan apa saja yang mengandung bakteri baik ini. Yuk, simak saja di bawah ini.

Makanan Sehat ini Memiliki Kandungan Probiotik Alami

Tempe

Membahas makanan probiotik yang proses pengolahannya melalui tahap fermentasi, maka makanan pertama yang melintas di otak adalah tempe. Makanan asli Indonesia ini memang dikatakan sebagai makanan hasil fermentasi jamur dan kedelai.

Proses pembuatannya, kedelai dicampurkan ragi kemudian ditunggu beberapa saat sampai muncul jamur di kedelai tempe tersebut. Hasil dari fermentasi ini memberikan kandungan baru pada kedelai, di mana selain mempunyai probiotik yang tinggi, tempe juga mempunyai nilai nutrisi yang banyak.

Beragam manfaat tempe untuk kesehatan sangat bagus, bahkan nih  tempe mampu membuat pengganti daging merah loh.

Kefir

Kefir merupakan minuman hasil fermentasi susu kambing atau sapi yang pengolahannya dicampur dengan biji kefir. Pengolahannya kedua bahan di campurkan dan di fermentasi hingga menghasilkan minuman kefir.

Minuman ini mengandung bakteri baik seperti lactobacilli dan bifidus, ditambah lagi kefir mempunyai antioksidan tinggi. Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, minuman ini juga bagus untuk merawat kekuatan tulang kita.

Meski minuman ini menyerupai yogurt tapi kandungan yang dimiliki dikenal lebih baik dari minuman tersebut. Di mana kefir mempunyai sumber probiotik yang lebih tinggi hingga dapat melindungi kita dari infeksi dan menjaga kesehatan tulang.

Yogurt

Melanjutkan pembahasan sebelumnya yang mana merupakan fermentasi susu yang kita kenal. Mengenal probiotik merupakan pemanfaatan bakteri baik di dalam makanan dan minuman. Maka Yogurt akan menjadi pilihan utama sebab paling banyak diketahui sejumlah orang.

Yogurt merupakan jenis minuman hasil fermentasi dari susu dengan tambahan bakteri baik seperti lactobacillus atau acidophilus. Kandungan yang dimiliki minuman ini mampu memberikan kesehatan pada pencernaan dan tulang.

Selain itu, Yogurt juga bisa memperbaiki tekanan darah pada diri seseorang. Tapi sebelum mengkonsumsi yogurt, sebaiknya perhatikan kadar gula di dalam minumannya.

Pilih yogurt yang mempunyai kadar gula rendah dan bebas lemak. Dengan begitu, minuman satu ini tidak hanya enak di konsumsi tapi juga kaya akan manfaat.

Kimchi

Sebagian diantara kita mungkin masih awam dengan Kimchi, makanan ini merupakan makanan yang berasal dari korea. Bentuk makanannya terbuat dari sayur yang di fermentasi, kemudian di sajikan dengan rasa pedas.

Untuk khasiatnya, Kimchi mengandung sejumlah nutrisi dari kalsium, zat besi, dan vitamin A, C, B1, dan B2. Bisa dikatakan kalau makanan ini bisa menjadi pilihan lain di saat kita bosan dengan beberapa makanan di atas.

Oh iya, mengenai rekomendasi sayuran yang bagus pakailah kubis karena tinggi vitamin K, zat besi, dan vitamin B2.

 Acar

Dan yang terakhir, pada kali ini ada makanan yang cukup familiar di telinga kita. Acar menjadi rekomendasi makanan selanjutnya dan pasti sering kita konsumsi.

Makanan satu ini ternyata menjadi salah satu makanan probiotik yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Acar yang umumnya terbuat dari mentimun mampu memberikan manfaat mengendalikan tekanan darah.

Namun, tidak semua jenis acar itu bisa jadi probiotik ya. Acar yang mempunyai konsumsi probiotik merupakan acar yang dicampurkan dengan air garam. Sedangkan untuk acar yang dicampur air cuka, tidak memiliki probiotik.

Selain mengkonsumsi makanan yang ada di atas, kamu juga bisa mendapatkan asupan serat dengan minum Scrubber. Minuman serat alami yang diproduksi oleh Enesis Grup ini terbuat dari sari jeruk asli, mengandung bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotik) dan bermacam serat.

Related article