Desember 17, 2021 Artikel

Dampak Kekurangan Cairan Tubuh pada Otak

Amunizer – Air adalah komponen terbesar yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dengan malas minun air putih. Padahal, memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting karena air berperan besar bagi kinerja seluruh organ tubuh. Dalam tubuh, air berperan sebagai katalisator, pelumas, pelarut, pengatur suhu, serta sebagai penyedia mineral dan elektrolit.

Jika tidak mendapatkan asuran cairan yang cukup, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ada banyak fungsi organ tubuh yang terganggu. Salah satunya adalah otak. Ya, kekurangan cairan tubuh memang sangat berpengaruh bagi kesehatan dan fungsi otak. Lantas, apa saja dampak buruk kekurangan cairan tubuh pada otak?

Inilah 3 Dampak Kekurangan Cairan Tubuh pada Otak

  1. Kinerja otak menurun

Dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya penurunan kinerja otak. Sebab, otak sangat membutuhkan cairan yang cukup agar mampu berfungsi dengan baik. Jika asupan cairan tubuh tidak terpenuhi sesuai kebutuhan, maka otak juga akan kekurangan cairan. Hal inilah yang selanjutnya menyebabkan fungsi dan kinerja otak menjadi melemah.

Selain bisa menyebabkan penurunan kinerja otak, kekurangan cairan tubuh juga bisa memicu terjadinya kerusakan fungsi memori pada otak yang selanjutnya bisa berujung pada terjadinya perasaan cemas yang terlalu berlebihan. Bahkan, kehilangan cairan tubuh juga bisa mengganggu mood serta menurunkan konsentrasi.

  1. Sering sakit kepala

Sering sakit kepala secara mendadak tanpa sebab yang jelas bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan, maka pembuluh darah pada tubuh akan menyempit. Akibatnya, otak akan kekurangan oksigen. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada otak melebar. Nah, terjadinya pelebaran pembuluh darah inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala memang menjadi gejala paling umum yang sering dialami oleh banyak orang yang kurang minum air putih dan jarang makan buah dan sayuran. Jadi, kurang minum air putih bisa menjadi penyebab sakit kepala atau migrain yang selama ini sering Kamu alami.

  1. Hilangnya konsentrasi otak

Otak manusia memiliki komposisi yang sebagian besar terdiri atas air. Jika otak tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka sudah pasti fungsinya akan menurun. Pasalnya, fungsi kognitif atau kepandaian otak sangat dipengaruhi oleh cairan dalam tubuh. Saat otak tidak bisa menjalankan fungsi kognitif dengan baik, maka seseorang akan menjadi mudah lupa, sulit berkonsentrasi, bahkan lemot.

Itulah beberapa dampak kekurangan cairan tubuh terhadap otak. Selain mempengaruhi kesehatan dan fungsi otak, kekurangan cairan tubuh juga akan menyebabkan gangguan pada fungsi organ lainnya. Maka dari itu, jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi karena bisa berakibat fatal bagi kondisi kesehatan. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih serta makan buah dan sayur setiap hari.

Nah, untuk menghindari kekurangan cairan tubuh kamu bisa hindari dengan minum Coolant Drink. Minuman isotonik yang diproduksi oleh Enesis Grup ini mengandung Ion, yang berupa mineral alami Natrium, Kalium, dan Magnesium berasal dari air pegunungan untuk menghilangkan haus dan mengganti cairan tubuh dengan cepat.

Related article