September 19, 2022 Article

Waspada Serangan Nyamuk Demam Berdarah di Tempat Liburan

Soffell – Tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia membuat kita harus lebih waspada terhadap ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebab, wilayah tropis memang menjadi habitat yang disukai oleh berbagai jenis nyamuk penyebab DBD, seperti Aedes aegypti dan Aedes albopictus untuk hidup dan berkembangbiak.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Public Library of Science, penularan virus dengue oleh nyamuk bisa menyerang segala usia, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Maka dari itu, sangat penting untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk, termasuk saat berada di tempat liburan. Lalu, bagaimana cara mencegah serangan nyamuk demam berdarah di tempat liburan? Yuk, cek jawabannya di bawah ini!

Inilah 5 Cara Hindari Serangan Nyamuk Berdarah di Tempat Liburan

  1. Gunakan lotion anti nyamuk

Cara paling mudah agar bisa telindungi dari serangan nyamuk di tempat liburan yaitu menggunakan lotion anti nyamuk. Namun, pastikan untuk memilih lotion anti nyamuk yang aman digunakan. Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa lotion dengan kandungan DEET aman digunakan dengan kadar di bawah 30%. Agar lebih aman, kamu juga bisa menggunakan lotion anti nyamuk dari bahan alami, seperti minyak eucalyptus.

  1. Pilih pakaian berwarna terang

Jika ingin terhindar dari gigitan nyamuk saat berada di tempat liburan, ada baiknya untukmenggunakan pakaian berwarna terang. Kenapa? Sebab, nyamuk ternyata lebih tertarik dengan objek yang berwarna gelap. Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli di bidang Medical Entomology dari Universitas of Florida melaporkan fakta bahwa nyamuk memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap spektrum warna gelap. Tidak heran jika orang yang mengenakan pakaian berwarna gelap lebih rentan digigit oleh nyamuk.

  1. Oleskan minyak esensial

Agar terhindar dari gigitan nyamuk selama berada di tempat liburan, kamu bisa memanfaatkan minyak esensial yang terbukti bisa mengusir nyamuk. Salah satunya adalah minyak peppermint. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Malaria Journal berjudul Natural Products for The Control of Malaria, tanaman peppermint terbukti bisa mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah selama 45 menit. Ekstrak tumbuhan peppermint bisa dioleskan ke lengan atau area tubuh lain agar terlindungi dari gigitan nyamuk saat berada di luar rumah.

  1. Kenakan pakaian lengan panjang

Jika memungkinkan, sebaiknya kenakan pakaian berlengan panjang. Hal ini bertujuan untuk melindungi area kulit dari gigitan nyamuk. Dengan mengenakan pakaian yang tertutup, maka kemungkinan kulit dapat digigit nyamuk semakin kecil. Namun, pastikan untuk memilih pakaian panjang yang nyaman digunakan agar tidak mengganggu kenyamanan saat berada di tempat liburan. Misalnya, gunakan pakaian dari bahan katun yang dingin.

  1. Hindari menggunakan wewangian yang menyengat

Siapa sangka jika menggunakan parfum atau mewangian yang aromanya menyengat ternyata bisa menarik perhatian beberapa jenis serangga, termasuk nyamuk. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan parfum dengan aroma menyengat yang berlebihan karena bisa membuat nyamuk tertarik untuk mendekat. Sebaiknya, gunakan wewangian dengan aroma yang soft. Jika memungkinkan, pilih aroma parfum yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti jeruk atau lemon.

Itu dia sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari gigitan nyamuk saat sedang liburan di tempat wisata. Dengan melakukan hal-hal di atas, maka tubuh akan jauh dari serangan nyamuk, sehingga aktivitas liburan bisa lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk memberikan saran di atas kepada orang-orang tersayang agar liburan bersama jadi semakin asyik dan seru.