April 29, 2022 Article

Ternyata Hal Ini Bisa Memicu Sakit Kepala

Plossa – Sakit kepala dapat dipicu karena berbagai macam hal. Bukan hanya stres atau adanya gangguan pada otak saja, bahkan ada hal yang ternyata cukup sepele juga dapat menyebabkan Anda merasa pusing. Sayangnya tidak semua orang ternyata menyadari hal tersebut. Maka dari itu, yuk kenali beberapa hal sederhana yang ternyata dapat memicu sakit pada kepala berikut ini.

Hal Sederhana yang Dapat Memicu Sakit pada Kepala

  1. Kurang Minum Air Putih

Seperti yang sudah diketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan komposisi air yang ada di dalam tubuh berjumlah lebih dari 50 persen, terutama pada bagian otak. Sehingga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dan tidak heran apabila kurang minum air putih akan membuat kepala sering sakit.

Itu karena otak mengalami kontraksi akibat kekurangan cairan. Adapun cara menanggulanginya termasuk cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi air putih secara rutin untuk mencukupi cairan dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum sebanyak 4 sampai 6 cangkir setiap harinya serta mengonsumsi buah dan sayur yang kaya cairan.

  1. Aroma yang Menyengat

Selain kurang minum air putih, aroma yang menyengat juga dapat memicu sakit kepala. Contohnya seperti minyak wangi atau aroma cat. Namun perlu dipahami bahwa sebenarnya bukan wangi aromanya yang dapat memicu rasa pusing. Akan tetapi lebih karena bahan kimia yang terkandung di dalam minyak wangi atau cat tersebut.

Pasalnya bahan bahan kimia ini bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada sebagian orang. Jadi peleburan tersebut terjadi secara tiba tiba saat aroma yang menyengat tercium. Alhasil suplai darah maupun oksigen yang mengalir ke otak menjadi berkurang dan membuat kepala pusing.

  1. Postur Tubuh atau Gerakan yang Salah

Tanpa sadar, Anda mungkin seringkali melakukan postur tubuh atau gerakan yang salah. Seperti duduk dengan kursi tanpa penyangga punggu terlalu lama, menjepit telepon di antara telinga dan pundak, dan jarak pAndang yang terlalu jauh atau terlalu dekat ketika menatap TV atau monitor.

Meskipun beberapa hal tersebut terlihat sepele, namun nyatanya aktivitas seperti ini juga dapat memicu sakit kepala. Mungkin jika dilakukan dalam waktu jangka pendek tidak akan terlalu terasa. Namun apabila Anda membiarkan diri dalam posisi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan kaget jika Anda mulai merasa pusing.

  1. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya hindari terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung. Karena pusing dapat dipicu oleh paparan sinar matahari dalam durasi lama, termasuk sinar yang mengarah langsung ke mata. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan topi dan kacamata hitam ketika berada di bawah terik matahari.

  1. Melewatkan Makan

Melewatkan jam makan bisa menyebabkan kadar gula yang ada di dalam darah menurun. Meski begitu, Anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan manis saat perut sedang kosong. Karena hal ini justru dapat memperparah kadar gula yang ada di dalam darah. Selain itu, terlambat makan bisa memicu naiknya asam lambung pada penderita gastritis, dimana efeknya yaitu menimbulkan sakit kepala.

Itu dia beberapa hal yang bisa memicu pusing atau rasa sakit pada kepala, sehingga Anda sebaiknya melakukan langkah penanggulangan sebelum pusing terjadi. Umumnya rasa pusing yang diakibatkan oleh hal di atas lebih cepat hilang.

Nah, untuk meredakan pusing yang Anda rasakan gunakan saja Plossa Press & Aromatics. Kandungan eucalyptus oil pada Plossa dapat meredakan sakit kepala dan memberikan ketenangan pada pikiran. Oleskan plossa di bagian tengah dan hingga belakang kepala, lalu gunakan tutupnya untuk memijat seluruh bagian kepala. Masalah? Plossa-in aja!