September 16, 2022 Artikel

Sudah Memakai Parfum Tapi Masih Mau Apek? Ini Sebabnya!

Kispray – Berangkat dari rumah sudah percaya diri karena sudah memakai parfum, tapi kok pas dicium baju masih bau apek, ya. Perlu diketahui jika bau apek yang muncul pada pakaian disebabkan bakteri dan kuman yang menempel karena keringat dari tubuh atau kondisi pakaian yang masih agak basah dan sedikit lembab.

Nah, biasanya ketika baju atau pakaian bau apek kita langsung menyemprot parfum sebanyak-banyaknya supaya pakaian wangi. Tapi sayangnya wangi yang tercium hanya sebentar dan bau apek kembali lagi menghinggapi pakaian kamu.

Ini Penjelasan Baju Bau Apek Walaupun Sudah Memakai Parfum

Masalahnya bukan terletak pada parfum tapi pada pakaian itu sendiri. Parfum itu bukan pewangi pakaian sehingga wanginya tidak dapat bertahan lama, apalagi jika pakaian sering digunakan di luar ruangan yang sering terkena paparan partikel bebas seperti asap kendaraan, debu dan kotoran.

Paparan partikel bebas ini dapat mengikis wangi parfum bahkan dapat membuat baju mengeluarkan bau apek. Selain itu ada penyebab lain kenapa baju tetap bau apek walaupun sudah memakai parfum, diantaranya :

1. Baju Direndam Terlalu Lama

Biasanya saat mencuci pasti kamu menggunakan pewangi pakaian. Namun, jika pakaian direndam terlalu lama menyebabkan wangi dari pengharum pakaian akan memudar karena bercampur dengan air. Maka dari itu, segera peras pakaian setelah merendam dan langsung dijemur agar wanginya tetap menempel.

Baca juga: Inilah Cara Merawat Pakaian Agar Awet Seperti Baru!

2. Baju Masih Basah

Penyebab lainnya kenapa baju bau apek walau sudah memakai parfum yaitu masih ada bagian baju yang masih basah ketika diangkat dari jemuran. Kondisi pakaian yang hanya kering sebagian ini biasanya karena tidak dikeringkan terlebih dahulu menggunakan mesin pengering.

Selain itu bisa juga karena pakaian dijemur tanpa menggunakan gantungan baju dan juga di tempat yang kurang mendapatkan cahaya matahari yang maksimal.

3. Tidak Menggunakan Pengharum Pakaian Saat Menyetrika

Entah sedang menghemat atau memang kelupaan, banyak orang yang ketika menyetrika tidak menggunakan pengharum dan pelembut pakaian. Panas yang berasal dari setrikaan sebenarnya tidak terlalu kuat untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di pakaian.

Biasakan untuk menggunakan pengharum pakaian seperti Kispray. Pewangi dan pelembut pakaian ini memiliki kandungan alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride yang terbukti ampuh membunuh kuman, bakteri dan juga virus penyebab bau apek.

Kesalahan Memakai Parfum

Selain dari pakaian, ternyata yang membuat wangi parfum tidak bisa maksimal yaitu karena salah memakai parfum. Bisa dibilang asal semprot aja yang menting baju atau tubuh kamu tercium wangi. Nah, supaya wangi parfum lebih maksimal ada baiknya kamu menghindari beberapa kesalahan ini :

1. Menyemprot Parfum Saat Tubuh Berkeringat

Banyak orang yang memakai parfum untuk menghilangkan bau keringat tubuh mereka. Padahal, bau keringat itu berasal dari kuman dan bakteri ada di tubuh, dan perlu diketahui bahwa parfum tidak memiliki zat aktif untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut.

2. Cuma Sekali Menyemprot

Nah kalo ini mungkin sering kamu lakukan yaitu cuma menyemprot sekali tapi dalam jumlah yang banyak. Cara ini bisa dibilang mubazir karena tidak semua wangi yang keluar dari semprotan parfum menempel di tubuh. Supaya wangi menempel semprot parfum di tiga titik tubuh yaitu bagian bahu dekat leher, area pusar dan leher depan.

Dengan mengetahui penyebab baju atau pakaian masih bau apek padahal sudah memakai parfum diharapkan kamu bisa lebih bijak lagi memakai parfum dan juga lebih teliti lagi saat mencuci dan menjaga kebersihan pakaian.

Baca juga: Berapa Lama Merendam Pakaian saat Mencuci yang Ideal?

Related article