September 17, 2022 Artikel

Selain Mengusir Nyamuk, Ini Manfaat Obat Nyamuk Lainnya

Forcemagic – Dianggap sebagai serangga pengganggu yang merugikan mausia, berbagai cara dilakukan untuk mengusir nyamuk. Salah satu cara paling efektif untuk mengusir nyamuk adalah menggunakan obat nyamuk semprot. Produk ini mengandung sejumlah bahan aktif yang ampuh untuk mengusir dan melumpuhkan nyamuk. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, obat nyamuk ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Lalu, apa saja manfaat obat nyamuk? Yuk, simak jawabannya agar kamu bisa memaksimalkan penggunaan obat nyamuk untuk berbagai manfaat lainnya!

5 Manfaat Obat Nyamuk yang Belum Banyak Diketahui

1. Mengusir Lalat

Selain nyamuk, lalat juga menjadi serangga kecil yang merugikan. Biasanya, serangga kecil yang umumnya berwarna hitam ini bayak ditemukan di dapur yang terdapat banyak makanan. Lalat merupakan jenis serangga berbahaya karena bisa menyebabkan penularan penyakit berbahaya ke manusia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lalat membawa 1 juta lebih bakteri dalam tubuhnya yang dapat berpindah pada makanan yang dihinggapinya. Beberapa jenis bakteri yang umumnya dibawa oleh tubuh lalat adalah Eshcherichia coli dan Salmonella. Oleh karena itu, lalat-lalat yang ada di rumah harus dibasmi. Itulah salah satu manfaat obat nyamuk semprot.

Baca juga: 11 Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk, Wajib Ada di Rumah!

2. Membasmi Kecoa

Rumah kamu menjadi sarang kecoa? Tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan obat nyamuk. Ya, obat nyamuk semprot ternyata juga efektif untuk membasmi serangga besar, seperti kecoa. Serangga ini harus dibasmi karena bisa menularkan penyakit melalui bakteri yang ada di dalam tubuhnya. Salah satu penyakit yang bisa menular dari kecoa ke manusia adalah kolera dan disentri. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyataka bahwa kolera adalah jenis penyakit diare akut yang penyebabnya berupa infeksi usus akibat bakteri Vibrio cholerae. Gunakan obat nyamuk semprot untuk mengusir lalat agar tidak menyebakan penularan penyakit.

3. Melumpuhkan Rayap

Tidak jarang, beberapa perabotan di rumah menjadi objek serangan rayap. Akibatnya, berbagai perabotan yang dibuat dari kayu menjadi rusak dan keropos akibat menjadi sarang rayap. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengusir rayap menggunakan obat nyamuk semprot. Kandungan bahan aktif anti serangga pada obat nyamuk sangat efektif untuk melumpuhkan serangga, seperti rayap. Dengan manfaat obat nyamuk semprot, maka rayap yang mengganggu bisa dilumpuhkan dengan mudah.

4. Membasmi Kutu Kasur

Jenis serangga pengganggu lainnya yang sering ditemukan di rumah adalah kutu kasur. Tentu saja, keberadaan serangga ini sangat merugika, sehingga harus segera dibasmi. Bagaimana tidak? Kutu kasur dapat menyelinap di sofa maupun kasur. Serangga ini dapat menggigit kulit manusia dan menyebabka alergi, seperti gatal dan ruam-ruam kemerahan. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of PAs, kutu mengandung bakteri yag bisa menular ke inang incidental, seperti manusia. Agar tidak menyebabkan masalah bagi keluarga tercinta, cobalah untuk membasmi kutu kasur menggunakan obat nyamuk.

5. Mengusir Lebah

Obat nyamuk juga bisa dimafaatkan untuk mengusir lebah di rumah. Serangga ini harus diusir dari rumah karena sangat berbahaya. Lebah merupakan jenis serangga yang dapat menyengat dan menyebabkan peradangan parah pada bekas gigitannya. Studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyatakan bahwa penyengat lebah akan menyuntikan racun yang memiliki kandungan protein dan mempengaruhi kekebalan tubuh manusia. Akibatnya, gigitan lebah akan menyebakan reaksi berupa sensasi terbakar, gatal, bengkak, dan kemerahan.

Itu dia beberapa manfaat obat nyamuk selain mengusir nyamuk. Ternyata, obat nyamuk dapat digunakan untuk mengusir dan membasmi berbagai jenis serangga lainnya. Jadi, pastikan kamu selalu menyediakan obat nyamuk agar bisa langsung menggunakannya jika ada gangguan dari serangga-serangga tersebut. Jangan sampai menderita kerugian akibat adanya serangga-serangga penyebab penyakit dan merugikan tersebut.

Baca juga: 4 Jenis Nyamuk Rumahan yang Paling Umum dan Sering Ditemui

Related article