August 22, 2023 Article

8 Jenis Ruam pada Kulit Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Antis Biasanya, jenis ruam pada kulit orang dewasa berbeda dengan anak-anak, sehingga penyebab dan cara mengatasinya juga tidaklah sama.

Meskipun begitu, adanya ruam pada kulit orang dewasa tidak selalu berbahaya. Ruam tersebut mungkin saja disebabkan oleh gigitan serangga.

Oleh karena itu, yuk simak apa saja berbagai jenis ruam pada kulit orang dewasa lengkap dengan masing-masing cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya berikut ini!

Penyebab Ruam pada Kulit Orang Dewasa

Ruam adalah kondisi di mana kulit mengalami perubahan abnormal, baik pada warna maupun teksturnya. 

Ruam kulit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk orang dewasa. Timbulnya ruam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, alergi, peradangan, atau gangguan lainnya.

Meskipun sering kali dianggap tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, beberapa ruam dapat menunjukkan gejala penyakit yang lebih serius. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab ruam pada kulit orang dewasa agar dapat mengatasi dan mencegahnya dengan tepat.

Jenis-Jenis Ruam pada Kulit Orang Dewasa

Adapun beberapa jenis dan cara mengatasi ruam pada kulit orang dewasa, di antaranya yaitu:

1. Pityriasis Rosea

Pityriasis rosea adalah jenis ruam yang sering muncul sebagai bercak kulit berukuran besar, bersisik, dan berwarna merah atau merah muda.

Ruam ini biasanya muncul di area dada, punggung, dan perut. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan istilah herald patch.

Meskipun penyebab pasti dari pityriasis rosea belum diketahui, penyakit ini cenderung bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4–10 minggu bahkan hingga 5 bulan.

Pengobatan untuk pityriasis rosea biasanya berfokus pada mengurangi gejala seperti rasa gatal, melalui penggunaan krim atau losion. 

2. Eksim

Eksim, atau dermatitis atopik, adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit kering, meradang, dan gatal. 

Ruam eksim biasanya muncul di daerah lipatan, seperti lipatan leher, tangan (siku), kaki, dan dapat muncul di sekitar wajah. Faktor pemicu eksim cenderung bervariasi, bisa dari alergi makanan, paparan zat alergen, stres, hormonal, dan perubahan cuaca.

Salah satu cara mengatasi eksim adalah dengan menghindari faktor pemicunya dan menjaga kulit agar tetap lembap dengan menggunakan krim atau losion yang bebas pewangi serta alkohol. 

Baca juga: 8 Penyebab Iritasi Kulit, Ini Ciri-Ciri & Cara Mengatasinya

3. Dermatitis Intertriginosa

Dermatitis intertriginosa adalah kondisi ruam dan peradangan di area kulit yang sering bergesekan atau di area lipatan, seperti selangkangan, lipatan perut, ketiak, sela-sela jari, serta bagian bawah payudara. 

Dermatitis intertriginosa biasanya dipicu oleh kelembapan dan obesitas, sehingga menyebabkan kulit menjadi merah, panas, dan gatal. 

Salah satu cara mengatasi ruam yang disebabkan dermatitis intertriginosa adalah menjaga area kulit yang terkena tetap bersih dan kering. 

Selain itu, menurunkan berat badan, menggunakan bedak, dan pakaian yang tidak ketat juga dapat dijadikan sebagai solusi alternatifnya.

4. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan adalah jenis ruam kulit yang disebabkan oleh kontak langsung dengan zat yang bersifat iritan, seperti deterjen, sabun, pembersih lantai, atau zat kimia lainnya yang bersifat asam atau basa.

Dermatitis kontak iritan biasanya menyebabkan ruam yang tidak gatal, namun terasa kering dan bersisik.

Salah satu pengobatan dermatitis kontak iritasi adalah menghindari paparan zat-zat yang bersifat iritatif. Jika harus melakukan kontak dengan zat iritatif, seperti karena pekerjan, kamu bisa menggunakan alat pelindung diri atau barrier cream.

5. Lichen Planus

Lichen planus adalah kelainan kulit yang ditandai dengan kulit bersisik dan ruam atau bercak berwarna merah keunguan yang umumnya terasa gatal.

Lichen planus dapat mempengaruhi kulit, membran mukosa, organ genital, kuku, dan rambut. Lesi ini biasanya muncul di pergelangan tangan, punggung bawah, serta pergelangan kaki. Penyebab utama lichen planus adalah gangguan autoimun.

Beberapa pengobatan lichen planus oleh dokter adalah pemberian obat antihistamin, kortikosteroid, dan imunosupresan.

6. Granuloma Annulare

Granuloma annulare adalah kondisi kulit kronis di mana terdapat ruam berbentuk cincin (annulare). Ruam ini biasanya muncul di bagian kaki dan tangan, serta dapat hilang dengan sendirinya. Belum diketahui secara pasti apa penyebab granuloma annulare.

Salah satu pengobatan untuk granuloma annulare adalah menggunakan krim kortikosteroid, injeksi kortikosteroid, terapi sinar, atau obat-obatan lainnya seperti antibiotik. 

Baca juga: Manfaat Suplemen Makanan untuk Kesehatan Kulit

7. Herpes Zoster

Herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh reaktivasi virus Varicella zoster, yaitu virus penyebab cacar air. Ketika seseorang telah sembuh dari cacar air, virus yang menginfeksi tidak akan mati, namun menjadi tidak aktif dan berpindah ke saraf pada bagian tulang belakang.

Virus ini dapat aktif kembali saat seseorang mengalami penurunan sistem imun atau kondisi medis tertentu. 

Ruam herpes zoster dapat menimbulkan rasa nyeri, perih, gatal, atau kesemutan. Ruam ini, biasanya hanya muncul di salah satu sisi tubuh dengan pola yang segaris.

Salah satu pengobatan untuk herpes zoster adalah pemberian obat antivirus, seperti acyclovir atau valacyclovir selama 7-10 hari.

Selain itu, menggunakan losion kalamin juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada ruam kulit.

Pengobatan herpes zoster harus dilakukan sampai selesai. jika tidak, maka berisiko menyebabkan rasa nyeri terus-menerus di bekas ruam. 

8. Kurap

Kurap adalah infeksi jamur pada kulit yang menimbulkan ruam berbentuk cincin dengan tepi tebal dan bersisik di tengahnya. 

Pengobatan kurap dapat dilakukan dengan menggunakan antijamur, seperti krim atau salep. 

Selain itu, penting juga menjaga area kulit yang terkena tetap bersih dan kering untuk mencegah penyebaran infeksi.

Itulah dia ulasan mengenai macam-macam ruam pada kulit orang dewasa beserta masing-masing cara mengatasinya.

Pada intinya, ruam pada kulit orang dewasa bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun karena alergi.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan Antis.

Antis merupakan pelopor hand-sanitizer di Indonesia yang cepat membunuh kuman karena mengandung bahan aktif alkohol 70%, serta memberikan perlindungan selama 2 jam.

Terlebih lagi, Antis mengandung moisturizer, sehingga tangan tidak akan terasa kering setelah memakainya.

Jadi, yuk jaga kebersihan tubuh dan tangan agar terhindar dari ruam serta serangan penyakit lainnya! Healthy product for healthy family!

Baca juga: Ini Pengaruh Buruk Pakaian Kotor dan Bau Apek pada Kulit Tubuh

Related article