cara mengobati panas dalam pada anak
Januari 14, 2023 Artikel

Gejala dan Cara Mengobati Panas Dalam pada Anak

Adem Sari Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya panas dalam. Gangguan kesehatan ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Saat si kecil mengalami panas dalam, biasanya mereka jadi tidak nafsu makan dan minum. Bahkan, panas dalam pada anak juga bisa menyebabkan meriang.

Inilah Tips Mengobati Panas Dalam pada Anak yang Paling Ampuh

Salah satu tanda bahwa anak mengalami panas dalam adalah sariawan. Biasanya, si kecil akan mengeluh sakit pada mulut atau sekitar bibir. Selain itu, panas dalam juga seringkali menyebabkan anak mengalami sembelit, bibir pecah-pecah, demam, serta sakit tenggorokan. Tentu saja, kondisi ini harus segera diatasi agar si kecil bisa sehat dan beraktivitas kembali. Lalu, bagaimana cara mengobati panas dalam pada anak?

1. Perbanyak minum air putih

Cara mudah untuk mengatasi panas dalam pada anak yaitu dengan memberikan mereka air putih yang cukup. Air putih bermanfaat untuk melembapkan tenggorokan. Selain itu, air putih juga akan membantu si kecil terhindar dari dehidrasi. Sebaiknya, hindari minuman yang berkafein dan terlalu asam. Perlu diketahui bahwa minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan dehidrasi pada si kecil. Sementara itu, jus atau minuman yang terlalu asam hanya akan membuat tenggorokan si kecil terasa tidak nyaman.

2. Konsumsi madu

Panas dalam pada anak juga bisa diobati dengan mengonsumsi madu. Sejak dahulu, madu memang dikenal memiliki banyak sekali khasiat untuk pengobatan. Salah satunya adalah mampu mempercepat pengobatan batuk serta sakit tenggorokan. Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air teh maupun air hangat. Mengonsumsi madu secara rutin akan membuat tenggorokan si kecil terasa lebih nyaman.

Baca Juga: 8 Obat Panas Dalam Herbal yang Mudah Dikonsumsi, Ampuh!

3. Berkumur menggunakan air garam

Garam telah lama dikenal sebagai bahan alami yang mampu membunuh bakteri. Oleh karena itu, air garam dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri pada tenggorokan saat panas dalam. Cobalah untuk mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Selanjutnya, minta si kecil untuk berkumur menggunakan air garam tersebut. Air garam akan membantu menjaga kebersihan tenggorokan serta mengurangi pembengkakan.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuh anak. Dengan begitu, maka si kecil bisa lebih kuat dalam melawan kuman yang menyebabkan panas dalam. Oleh karena itu, pastikan bahwa anak mendapatkan jam tidur yang cukup. Jangan sampai si kecil merasa kelelahan.

5. Minum Adem Sari

Sejak dulu, Adem Sari sudah dipercaya masyarakat Indonesia untuk mengatasi panas dalam. Produk yang diproduksi Enesis Grup ini sudah menjadi top of mind untuk berbagai gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah, sakit tenggorokan dan lainnya. Nah, untuk anak-anak bisa minum 1/2 saset sebanya 2-3 kali dalam sehari. Tinggal seduh dengan air putih sebanyak 200 ml lalu tunggu sampai buihnya menghilang lalu aduk sedikit dan langsung minum.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan atau mengobati panas dalam pada anak. Sebenarnya, masih ada beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan panas dalam, seperti sari cuka apel, pappermint, dan teh kamomil. Jika panas dalam tidak segera membaik dan justru semakin parah, sebaiknya jangan tunda untuk membawa si kecil ke dokter. Dengan begitu, maka si kecil akan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Baca Juga: 4 Akibat Panas Dalam Tak Kunjung Sembuh & Cara Mengatasinya

Related article