Desember 11, 2021 Artikel

Mengenal Gejala Gangguan Sistem Pencernaan

Vegeta Herbal – Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan. Penerapan pola hidup yang tidak sehat ditambah lagi dengan konsumsi makanan yang tidak bergizi akan membuat pencernaan bermasalah dalam jangka waktu yang lama. Pencernaan yang terganggu bisa diketahui dari beberapa gejala yang akan menyulitkan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Beberapa Gejala Saat Mengalami Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Perut kembung

Banyak gas yang masuk ke dalam usus atau lambung bisa menyebabkan perut kembung. Gejala ini ditandai dengan membesarnya perut yang disertai dengan rasa tidak nyaman dan begah. Salah satu faktor penyebab perut kembung adalah makanan yang mengandung gas dalam jumlah tinggi. Semakin banyak gas yang ditelan, semakin menumpuk gas di dalam perut.

Sakit perut

Gejala ini adalah gejala yang paling utama dirasakan jika seseorang mengalami gangguan pencernaan. Sakit perut menggambarkan beberapa keluhan seperti perut kram, melilit, nyeri, serta sensasi lainnya yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Namun pada beberapa kasus, sakit perut bukan merupakan gejala yang ditimbulkan karena pencernaan terganggu.

Oleh sebab itu, sakit perut harus dianalisa lebih mendalam, berapa lama kondisi tersebut berlangsung. Jika semakin lama perut terasa semakin sakit, sebaiknya segera dibawa e dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Sakit perut yang berlangsung lama bisa menjadi penyebab beberapa penyakit tertentu seperti tipes, keracunan makanan, dan penyakit lainnya.

BAB berdarah

Feses bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Faktanya, ketika BAB disertai dengan keluarnya darah, Anda harus berhati-hati karena salah satu penyebabnya bisa saja gangguan pencernaan. Jika warna darah merah gelap, pendarahan terjadi di usus besar atau usus halus. Jika warna darah hitam, pendarahan terjadi di lambung karena adanya luka yang terbentuk.

Sementara itu, jika warna darah segar, pendarahan terjadi di rektum atau usus besar. Sehingga Anda harus selalu mengamati frekuensi keluarnya darah pada feses. Apabila terjadi dalam waktu lama, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Mencret

Tekstur BAB yang encer atau mencret mayoritas disebabkan oleh gangguan pencernaan. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka seseorang akan menderita penyakit diare. Mencret merupakan kondisi diare yang paling parah karena teksturnya lebih encer bahkan menyerupai air dengan bau menyengat.

Muntah atau mual

Apabila pencernaan terganggu, gejala ini sering terjadi. Baik mual atau muntah keduanya menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Mual menyebabkan seseorang ingin muntah, sementara itu muntah menyebabkan makanan yang sedang melalui proses cerna di dalam lambung keluar semuanya lewat mulut.

Beberapa gejala yang menunjukkan gangguan pencernaan tersebut harus diperhatikan penyebabnya. Sehingga Anda bisa menghindari makanan yang membuat kondisi sistem pencernaan menjadi terganggu.

Related article