sakit tenggorokan air sejuk
April 13, 2021 Artikel

Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Adem Sari Sakit tenggorokan sering kali hadir dan mengganggu aktivitas khususnya saat berbicara, bahkan untuk menelan saja sakit. Hal ini sangat mengganggu sehingga harus segera diatasi dengan tepat. Nah, di bawah ini ada beberapa tips mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat karena banyak yang tersedia di rumah, yaitu:

Berkumur Menggunakan Air Garam

Tips yang pertama adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Kamu bisa melarutkan garam ke dalam air kemudian gunakan untuk berkumur. Gunakan air hangat agar lebih nyaman untuk berkumur.

Mengapa air garam? Garam memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa membunuh bakteri-bakteri yang bersarang di mulut dan tenggorokan. Bakteri sering kali menginfeksi bagian tenggorokan sehingga terasa sakit dan mengganggu.

Konsumsi Madu

Kemudian, selain menggunakan air garam kamu juga bisa mengonsumsi madu. Madu juga memiliki sifat anti bakteri alami yang juga sudah dipercaya oleh banyak orang. Selain anti bakteri, madu juga memiliki sifat lembap.

Bagian tenggorokan yang luka bisa saja menjadi kering. Dengan menggunakan madu, bagian tersebut akan tetap lembap apalagi didukung dengan lendir yang alami keluar di sana.

Banyak Minum Air Mineral

Tenggorokan sakit sering juga dikarenakan kekurangan cairan sehingga minum air putih yang banyak bisa jadi solusi. Kamu harus sering minum agar tenggorokan tidak semakin luka atau mengalami iritasi. Pilih lah air minum yang terdapat kandungan mineral alami seperti Air Sejuk Adem Sari.

Minum Wedang Jahe

Wedang jahe juga memiliki kandungan anti bakteri dan juga anti radang sehingga cocok untuk kamu yang sedang mengalami tenggorokan sakit atau gatal. Jahe bisa membuat radang dan iritasi pada tenggorokan menjadi berkurang.

Tak hanya itu saja, jahe memiliki sensasi hangat yang tahan lama sehingga memberikan kenyamanan pada tenggorokan. Tenggorokan menjadi lebih relaks dan iritasi pun menjadi lebih mudah sembuh.

Makan Makanan yang Berkuah Hangat

Berikutnya, kamu bisa makan makanan yang berkuah hangat. Makanan yang berkuah hangat ini misalnya adalah sup ayam, sayur asam, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengonsumsinya agar tetap bisa makan.

Ya, saat tenggorokan sakit biasanya akan kesulitan makan. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya untuk mengisi perut sekaligus meredakan nyeri.

Tambahkan Kayu Manis pada Makanan atau Minuman Kamu

Terakhir, kamu bisa menambahkan kayu manis pada makanan atau minuman. Kayu manis punya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif melawan bakteri. Kamu bisa merebusnya atau menggunakan taburan kayu manis bubuk.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Semua hal di atas banyak yang sudah tersedia di rumah sehingga tidak perlu beli lagi tinggal kamu mau membuatnya atau tidak. Semoga sakit tenggorokanmu segera sembuh ya…

Related article