vegeta herbal 1
Juli 11, 2021 Artikel

Konsumsi Minuman Herbal Ini Supaya Pencernaan Jadi Lancar

Vegeta Herbal – Gangguan pencernaan menjadi masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Nah, salah satu gangguan pencernaan yang paling umum adalah sudah buang air besar atau disebut dengan istilah sembelit. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa faktor. Mulai dari kurang mengonsumsi makanan berserat, kurang minum air putih, hingga jarang berolahraga.

Dibandingkan mengonsumsi obat pencahar yang dibeli dari apotek, banyak orang yang lebih memiliki menggunakan obat herbal alami. Selain bisa menimbulkan efek samping bagi beberapa orang, obat-obatan apotek juga dikhawatirkan membuat ketergantungan. Itu sebabnya, obat herbal lebih dipilih untuk melancarkan banyak orang. Lantas, apa saja jenis minuman herbal yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan?

Inilah 5 Minuman Herbal untuk Melancarkan Pencernaan

Vegeta Herbal

Minuman herbal yang satu ini sudah dikenal sejak dulu sebagai minuman pelancar pencernaan. Produk dari Enesis Grup ini memiliki kandungan kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami yang sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan juga untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet.

Anda bisa membeli Vegeta Herbal di warung dekat rumah dan juga supermarket terdekat. Minum vegeta herbal supaya pencernaan sehat dan BAB jadi lebih lancar.

Teh Jahe

Manfaat jahe sebagai rempah alami untuk menjaga kesehatan tubuh memang sudah bukan rahasia lagi. Jahe merupakan obat alami yang dapat mengatasi gangguan pencernaan karena bisa mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, minum secangkir teh jahe sangat disarankan untuk membantu menenangkan perut serta menyingkirkan gangguan pencernaan.

Cara membuat teh jahe adalah dengan merebus satu atau dua potong jahe dengan empat gelas air. Agar rasanya lebih nikmat, silahkan tambahkan madu atau perasan lemon sebelum teh jahe tersebut diminum. Meski bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, namun konsumsi teh jahe juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan tenggorokan terasa terbakar, memperbanyak gas, hingga merasa mulas.

Teh Chamomile

Minuman herbal yang satu ini dikenal sangat bermanfaat untuk membantu tidur lebih nyenyak dan juga menenangkan kecemasan. Selain itu, teh chamomile juga bisa membantu meringankan ketidaknyamanan usus serta meringankan berbagai macam gangguan pencernaan. Kandungan pada teh chamomile inilah yang berperan mengurangi asam lambung di pencernaan.

Selain mengurangi asam lambung, teh chamomile juga dapat bertindak sebagai antiinflamasi yang berguna untuk menghentikan rasa sakit. Untuk menyajikan teh chamomile, letakkan 1 atau 2 kantong teh ke dalam air mendidih selama 10 menit. Selanjutnya, tuangkan ke dalam cangkir. Jika diinginkan, Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya semakin nikmat.

Teh Pappermint

Pappermint bukan hanya bermanfaat sebagai penyegar napas saja. Obat herbal yang satu ini juga memberikan efek antipasmodik pada tubuh. Efek ini tentunya merupakan manfaat yang sangat bagus karena dapat menghilangkan masalah pada perus, seperti mual serta gangguan pencernaan. Namun, teh pappermint tidak disarankan untuk Anda yang mengalami gangguan pencernaan karena masalah refluks asam. Selain itu, teh pappermint juga tidak dianjurkan bagi penderita GERD.

Jus Buah

Jus buah juga bisa menjadi alternatif minuman herbal yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Apel, plum, dan pir merupakan beberapa jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Ketiga buah tersebut mengandung serat dan sorbitol yang tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa serat sangat menyehatkan sistem pencernaan. Sementara itu, sorbitol dinilai cukup ampuh untuk melunakkan feses, sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Itu dia beberapa minuman herbal yang dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain mengonsumsi beberapa minuman herbal di atas, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi air putih. Pasalnya, air putih memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang fungsi organ pencernaan. Selain itu, memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga akan membuat pencernaan semakin lancar.

Related article