Mei 29, 2022 Artikel

Inilah Penyebab Pakaian Bau Apek Meskipun Sudah Dicuci

Kispray – Tujuan daripada mencuci pakaian adalah untuk membersihkan segala kuman yang menumpuk pada pakaian tersebut. Selain itu juga agar pakaian tersebut wangi saat digunakan dengan memanfaatkan penggunaan pewangi pakaian pada proses mencucinya. Ada hal menjengkelkan yang kerap terjadi ketika proses menjemur pakaian telah selesai. Kadang bau tidak sedap muncul pada pakaian yang sudah dicuci meskipun kamu telah menggunakan merek pewangi pakaian yang terkenal akan ketahanannya aromanya. Hal ini bisa terjadi jika pakaian tersebut tidak kita cuci dengan benar dan juga tidak kering secara menyeluruh. Bau tidak sedap yang muncul tentunya akan membuat kita menjadi tidak percaya diri untuk menggunakannya. Apa penyebab pakaian bau apek? Berikut penjelasannya.

Alasan Pakaian Bau Apek

Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai penyebab pakaian bau apek. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pengguna Detergen Terlalu Banyak dan Terlalu Sedikit

Hal pertama yang mungkin menjadi penyebab pakaian bau apek meskipun sudah dicuci adalah penggunaan detergen. Pemakaian detergen terlalu banyak tidak berarti pakaian kamu akan bersih dan wangi.

Justru, penggunaan detergen yang berlebihan akan meninggalkan residu pada pakaian yang berakhir pada bau tidak sedap yang muncul sebab bakteri yang berkembang pada pakaian tersebut.

Di lain sisi, terlalu sedikit menggunakan detergen juga bisa membuat pakaian tidak bersih secara maksimal. Pakaian yang kotor tentunya akan menjadi sarang untuk bakteri berkembang. Ini juga menjadi penyebab pakaian bau apek.

Oleh karena itu, gunakanlah detergen dengan mengikuti petunjuk yang disarankan. Biasanya pada kemasan akan terdapat ukuran yang digunakan dalam penggunaan detergen.

Dengan menggunakan detergen secara cukup, akan membuat pakaian kamu jadi bersih dan bau tidak sedap pun tidak akan tercium.

Baca juga: 6 Rekomendasi Pewangi Pakaian yang Wanginya Tahan Lama!

2. Banyak Pakaian yang Dicuci dalam Satu Waktu

Penyebab pakaian bau apek lainnya adalah kamu terlalu banyak mencuci pakaian dalam satu waktu. Sekalipun kamu menggunakan mesin cuci dengan kapasitas yang besar, mencuci pakaian kotor dengan jumlah banyak pada satu waktu bukanlah hal yang tepat.

Hal ini terjadi karena pakaian yang kita cuci tersebut memerlukan ruang untuk berputar atau bergerak. Jika tidak, pakaian yang kamu cuci tidak akan bersih dan tetap meninggalkan bakteri penyebab bau akibat detergen yang tidak efektif dalam menghilangkan kotoran pada pakaian.

Jika pakaian kotormu menumpuk banyak, bagilah ke dua sesi atau waktu saat kamu mau mencucinya. Ini bisa membantu mesin cuci bekerja efektif karena tersedianya ruang untuk baju bergerak dengan baik.

3. Mencampur Pakaian Penuh Keringat dengan Pakaian Lainnya

Ketika kamu adalah seseorang yang aktif melakukan kegiatan yang mengundang banyak keringat, seperti olahraga misalnya, jangan gabung pakaian yang penuh keringat tersebut dengan pakaian lainnya.

Keringat berlebihan yang menempel pada pakaian dapat menyebarkan bakteri ke pakaian lainnya. Ini bisa menimbulkan bau tidak sedap dan lembab pada pakaian kamu.

Sebaiknya pisahkan pakaian penuh keringat dengan pakaian lainnya saat mencuci.

4. Pakaian tidak Langsung Dijemur Setelah Dicuci

Pakaian yang dibiarkan terlalu lama direndam pada pewangi pakaian, tidak akan menghasilkan bau harum yang awet menempel pada pakaian. Justru akan membuat bakteri berkumpul dan terjadi bau yang tidak sedap muncul pada rendaman tersebut.

Perhatikan bagaimana cara menggunakan pewangi pakaian yang terdapat pada bungkusnya. Kamu akan menemukan jawaban jika tidak perlu waktu seharian untuk merendam pakaianmu pada air yang sudah dilarutkan dengan pewangi.

Maka dari itu, segeralah kamu untuk menjemur pakaian usai merendamnya pada pewangi khusus pakaian agar tidak menjadi sarang berkembang bakteri. Masalah bau tidak sedap juga akan terminimalisir terjadi.

5. Pakaian Kamu Tidak Kering Sepenuhnya

Kamu harus memastikan pakaian yang kamu jemur benar-benar kering secara menyeluruh. Karena pakaian yang belum kering sepenuhnya dapat menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Akibatnya akan muncul bau tidak sedap pada pakaian kamu. Pewangi pakaian yang sudah kamu gunakan tidak akan bekerja baik jika kondisi pakaian tersebut kamu biarkan dalam kondisi belum kering sepenuhnya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab pakaian bau apek. Mulai sekarang perhatikan baik-baik hal tersebut agar pakaian yang kamu cuci tidak memunculkan bau tidak sedap bahkan apek.

Nah, untuk menghilangkan bau yang tidak sedap kamu bisa menggunakan Kispray Pewangi Pakaian. Kandungan alkhyl dimethyl benzyl ammonium chloride di dalam kispray terbukti ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab pakaian bau apek. Kispray membuat pakaian wangi, lembut dan tidak mudah kusut.

Baca juga: Pakaian Bau Apek Akibat Disimpan di Lemari, Ini Tips Mengatasinya !

Related article