Mei 29, 2022 Artikel

Ibu Hamil Jangan Asal Minum Air Kemasan, Ini Alasannya !

Adem Sari – Ibu hamil biasanya memiliki ruang gerak yang terbatas apalagi jika kondisi perut sudah mulai membesar. Selain itu, apapun yang dimakan dan diminum harus selalu dipantau baik dari segi nutrisi, vitamin dan juga kebersihannya termasuk ketika mengonsumsi air minum kemasan. Bagaimana cara memilih minuman kemasan yang aman untuk ibu hamil?

Sekarang ini sudah banyak beredar air minum dalam kemasan botol. Memang sangat praktis apalagi saat haus menyerang ketika sedang berada di luar rumah. Namun, untuk ibu hamil disarankan lebih waspada dan selektif dalam memilih air minum kemasan.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Mineral Untuk Kulit Tubuh

Waspada Asal Memilih Air Minum Kemasan untuk Ibu Hamil

Kandungan mineral yang terdapat pada air minum kemasan memang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun, tetap harus berhati-hati dan jangan asal pilih karena dapat mempengaruhi kondisi kandungan seperti berikut ini :

1. Bahaya pada Kemasan yang Sudah Kadaluarsa

Dilansir dari klikdokter, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti bahwa air mineral sebenarnya tidak memiliki kadaluarsa. Sedangkan tanggal kadarluasa pada kemasan ditujukan untuk wadah plastik agar tetap terjaga kualitasnya.

Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu kemasan plastik yang digunakan bisa larut sehingga bisa memberikan dampak yang buruk pada tubuh ibu hamil. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengonsumsi air minum kemasan yang sudah kadaluarsa.

2. Rawan Terserang Bakteri

Kondisi air mineral kemasan yang dijual di pasaran banyak yang asal disimpan sehingga rawan terserang bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Disarankan untuk memilih air kemasan yang benar-benar masih tertutup rapat dan kemasannya masih utuh. Jika segel tutupnya sudah terbuka sebaiknya ganti dengan yang lain.

3. Waspada Air Minum Kemasan Palsu

Sekarang ini banyak oknum nakal yang memalsukan air minum kemasan sehingga dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh khususnya bagi ibu hamil seperti menghambat pertumbuhan janin, menimbulkan berbagai macam penyakit hingga risiko keguguran.

Berikut ini beberapa cara membedakan air minum kemasan yang asli dengan yang palsu:

  • Cek keterangan pada kemasan (BPOM, tanggal kadaluarsa, tanda SNI, dan kode produksi)
  • Warna sedikit keruh jika dikocok
  • Baunya agak aneh
  • Rasanya tidak segar dan seperti menyangkut di tenggorokan

Supaya terhindar dari air minum kemasan yang palsu, sebaiknya Anda membeli air minum kemasan di supermarket atau minimarket dan warung yang disuplai langsung oleh perusahaan air minum tersebut.

Tips Memilih Air Minum Kemasan

Supaya terhindar dari semua risiko tersebut, sebaiknya Anda cermat dalam memilih air minum kemasan. Anda bisa mengikuti beberapa tips memilih air minum kemasan yang aman dan sehat untuk diminum berikut ini :

1. Lihat Tanggal Kadaluarsa

Setiap air minum kemasan pasti memiliki tanggal kadaluarsa, artinya jika sudah melewati tanggal kadaluarsanya kandungan plastik pada botol kemasan berisiko larut ke dalam air. Biasanya posisi tanggal kadaluarsa ada dibagian paling atas botol atau bisa juga dibagian paling bawah botol.

2. Cek Warna dan Rasa Air

Warna dan rasa pada air minum merupakan faktor yang bisa dinilai langsung oleh indera penglihatan dan perasa tubuh kita. Lihatlah warna airnya, jika terlihat keruh dan berbuih sebaiknya jangan diambil. Selain itu, ketika diminum cobalah Anda rasakan, apakah rasanya ada yang aneh atau agak lengket atau tidak.

3. Pilih Produk Air Minum Kemasan yang Kebersihan dan Kemananannya Terjamin

Pilih lah merek air minum kemasan yang sudah teruji dan juga terjamin keamanan isinya, mulai dari pengemasannya, kandungan pH air hingga kandungan mineral di dalamnya.

Salah satu produk air minum kemasan yang terjamin kebersihan serta keamanannya yaitu Air Sejuk Adem Sari. Produk air mineral dari Enesis Grup ini dikemas secara higienis sehingga terjamin kebersihan serta keamanan kandungan airnya. Air Sejuk memiliki kandungan mineral alami seperti kalium, magnesium, kalsium dan sodium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Fakta Menarik Air Mineral Kemasan

Related article