badan sering terasa lelah dan lemas
June 20, 2021 Article

Badan Sering Terasa Lelah Dan Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Air Sejuk Badan terasa lelah dan lemas, gemetaran, lesu, dan sering mengantuk tentu pernah dialami oleh siapa saja. Terlebih lagi ketika tubuh kamu berada dalam kondisi yang kurang fit, baik karena penyakit mental maupun fisik.

Penyebab badan terasa lelas dan lemas memang sangatlah beragam. Beberapa orang mungkin menganggap jika keadaan ini adalah hal yang biasa, dan untuk mengembalikan agar bisa fit kembali cukup dengan istirahat. Namun, jika hal ini terjadi terlalu sering, maka kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Sebab, bisa jadi hal ini merupakan salah satu tanda jika kamu tubuh kamu sedang mengalami gangguan.

 5 Penyebab badan mudah lelah dan lemas

Anemia

Anemia atau kuranngnya sel darah merah merupakan salah satu penyebab paling sering seseorang lelah dan lemas. Adapun penyebab utama dari masalah anemia adalah kekurangan zat besi. selain badan terasa lemah dan lemas gejala anemia yang lain meliputi sakit kepala, kepala terasa ringan denyut jantung tak beraturan, sesak napas, serta kaki dan tangan tersa dingin.

Addison

Kondisi dimana kelejar adrenal tidak memproduksi hormone aldosteron dan hormone kortisol dalam jumlah yang cukup. Gejala utama yang sering menjadi tanda bahwa kamu mengalami penyekit Addison adalah hilangnya nafsu makan dan badan terasa lemas. Sementara gejala lain yang mengiringinya seperti penurunan berat badan, sering sakit perut dan kelelahan kronis.

Dehidrasi

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat membuat tubuh menjadi lemas. Hal ini dikarenakan sebagian besar elemen tubuh manusia adalah cairan. Maka dari itu, cukupi selalu kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral seperti Air Sejuk Adem Sari.

Air mineral yang diproduksi oleh Enesis Group ini mengandung tinggi mineral yang baik untuk menyeimbangkan kadar mineral & tingkat keasaman tubuh, sehingga membantu menjaga dari gejala panas dalam, menghilangkan haus dan membuat badan lebih sejuk.

Jumlah Elektrolit Tidak Seimbang

Elektrolit dalam tubuh berfungsi mendukung kinerja normal dari jantung, saraf, otak dan juga otot. Jika diantara kadar elektrolit meliputi kalium, sodium, kalsium, dan magnesium tidak seimbang. Maka akan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lemas.

Pada umumnya kestidakseimbangan kadar elektrolit disebabkan oleh hilangnya cairan pada tubuh. Cairan tubuh bisa lebih cepat hilang jika kamu sering mengalami diare, muntah-muntah hingga berkeringat dalam jumlah yang banyak. Selain itu proses pengobatan seperti imonusopresan atau antibiotic serta kemoterapi juga dapat mempengaruhi keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.

Hipotiroid

Hipotiroid dissebabkan oleh kelejar tiroid yang kurang aktif, sehingga produksi jumlah hormone tiroid menjadi berkurang. Hormon tiroid memiliki peran penting dalam mengatur sistem metabolisme pada tubuh manusia. Jika produksi hormone ini berkurang maka akan menyebabkan beberapa kelainan dalam tubuh.

Contohnya seperti merasa lemas ketika beraktivitas, metabolisme tubuh melambat serta membuat tubuh kurang berenergi. Adapun gejala-gejala yang muncul akibat kondisi hipotirois meliputi gangguan kesuburan, rasa sakit pada otot dan persendian, siklus menstruasi tidak teratur,kenaikan berat badan hinggan denyut jantung melambat.

Untuk mengatasi badan yang terasa lelah dan lemas tentunya harus disesuaikan dengan kondisi yang dialami. Misalnya saja jika kamu merasa lemas karena dehidrasi, maka untuk mengatasinya segera cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.

Sedangkan untuk kondisi badan yang terasa lemas akibat beberapa penyakit di atas, maka kamu membutuhkan penanganan lebih lanjut dari medis, seperti transfusi darah. Oleh karena itu, jika badan kamu sering terasa lelah dan lemas secara berkelanjutan, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.