cuci usus
June 12, 2021 Article

Apa itu Cuci Usus? Kenapa Harus Dilakukan?

Scrubber Secara umum, terdapat dua jenis usus di dalam tubuh manusia yaitu usus kecil dan usus besar. Usus kecil berfungsi untuk melanjutkan proses pencernaan makanan. Sedangkan usus besar berfungsi untuk memproses tahap akhir dari pencernaan makanan. Lalu pernahkah kamu mendengar istilah cuci usus?

Apa itu cuci usus? Cuci usus merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengeluarkan kotoran dan limbah yang ada di usus besar. Mengapa perlu dibersihkan? Sebab jika kotoran dan limbah yang terdapat di usus besar dibiarkan terlalu lama maka akan berubah menjadi racun yang bisa membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Cuci Usus Dan Cara Membersihkan Usus

Nah, teknik atau metode cuci usus ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh pasalnya jika racun-racun tersebut dibiarkan dan tidak segera dikeluarkan akan memungkinkan untuk masuk ke aliran darah. Ini akan menyebabkan gejala lemah, letih, dan tubuh akan sering sakit-sakitan. Lalu apa sih penyebab kotoran dan limbah yang bersarang di dalam usus besar?

Faktor penyebabnya sangat beragam, bisa terjadi karena limbah feses tidak hancur sehingga menyelip di bagian usus besar, terdapat jaringan seluler yang mati, ditemukan mucus atau cairan kental yang membungkus dinding usus, dan bisa juga disebabkan oleh cacing atau parasite. Selain itu, teknik atau metode cuci usus diklaim bisa mencegah kanker usus dan mampu mencegah risiko berbagai penyakit imunitas lho!

Apakah perlu melakukan cuci usus? Bukankah tubuh bisa membuang zat-zat beracun sendiri? Hal ini memang benar, namun ada beberapa hal yang tidak berjalan dengan baik dan menimbulkan efek samping seperti perut begah, kembung, sembelit, tubuh menjadi lelah, dan berat badan meningkat. Nah, inilah yang menyebabkan cuci usus menjadi solusi terbaik.

Karena usus besar menjadi tempat berdiamnya kotoran sebelum dikeluarkan oleh tubuh, sangat mungkin terdapat zat beracun atau zat sisa yang tidak lagi berguna oleh tubuh. Oleh karena itu, zat-zat ini perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Ada dua cara cuci usus yang bisa dilakukan yaitu menggunakan produk-produk detox usus dan hidroterapi kolon.

Produk-produk Detox Usus

Kini sudah ada banyak sekali produk yang ditujukan secara khusus untuk mengeluarkan kotoran dan zat beracun yang ada di dalam usus besar. Secara umum, produk detox usus bisa dijumpai dalam bentuk obat pencahar pil, bubuk, atau suplemen untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai produk dalam bentuk teh herbal atau enema. Enema merupakan teknik memasukkan cairan atau gas ke dalam anus yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran.

Hidroterapi Kolon

Hidroterapi Kolon tentu berbeda dengan cara sebelumnya. Hidroterapi kolon merupakan teknik yang membutuhkan bantuan tenaga medis karena dilakukan dengan cara memasukkan selang ke dalam usus besar melalui anus. Selang ini akan berkerja untuk membilas kotoran dan membuat feses menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Nah, itu dia beberapa manfaat dan cara melakukan cuci usus yang bisa dilakukan dengan dua cara yang sudah dijelaskan. Selain cara diatas kamu juga bisa menjaga kesehatan usus dengan mencukupi kebutuhan serat harian tubuh dengan minum Scrubber. Minuman serat alami yang diproduksi oleh Enesis Group ini mengandung bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotik) dan bermacam serat. Dengan begitu kamu akan memiliki tubuh yang sehat sehingga tidak perlu menjalani metode cuci usus deh!