Mei 27, 2022 Artikel

Anjuran Minum Air Putih untuk Ibu Hamil

Adem Sari – Memasuki masa kehamilan tubuh membutuhkan lebih banyak asupan cairan, karena saat hamil biasanya lebih banyak berkeringat, lebih sering buang air kecil dan beberapa kasus banyak ibu hamil yang sering muntah dan diare. Semua kondisi tersebut membuat cairan tubuh ibu hamil terkuras cukup banyak.

Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin minum air putih. Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists sebaiknya ibu hamil minum air putih 8-12 gelas setiap hari karena membutuhkan cairan yang lebih banyak daripada rata-rata orang biasa.

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minum Air Putih untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang kurang minum air putih sangat rentan mengalami berbagai macam masalah pada tubuh akibat dehidrasi. Ada banyak sekali manfaat minum air putih untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Stamina Tubuh Terjaga dengan Baik

Bukan rahasia lagi jika ibu hamil seringkali merasa kelelahan walaupun aktivitas yang dilakukan terbilang cukup ringan. Hal ini dikarenakan energi yang dikeluarkan oleh tubuh ibu hamil lebih besar ketimbang rata-rata orang.

Kandungan mineral di dalam air putih dapat menjaga keseimbangan dan menutrisi tubuh sehingga stamina tetap terjaga.

Membantu Perkembangan Janin

Dilansir dari The Asian parent bahwa sebagian besar berat badan ibu hamil berisi cairan. Sebanyak 10% berat air ketuban, 29% berat janin, 10% berat darah, 14% berat payudara, 8% berat lemak, 6% berat plasenta atau ari-ari dan berat sisanya kurang lebih 14%.

Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan produksi air ketuban yang bermanfaat untuk melindungi bayi di dalam perut dan juga membantu tumbuh kembang janin selama kehamilan.

Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil cukup sering terjadi dan tidak boleh remehkan karena bisa menimbulkan komplikasi pada kehamilan. Maka dari itu, biasakan untuk menjalankan hidup sehat, rutin berolahraga.

Selain itu, jangan lupa rutin minum air putih karena dapat melancarkan peredaran darah dan hidrasi tubuh sehingga terhindar dari serangan hipertensi.

Mengatasi Pegal-Pegal

Saat memasuki trimester ketiga dimana kondisi perut sudah besar biasanya ibu hamil sering merasa pegal-pegal. Untuk mengatasinya bisa melakukan peregangan ringan dan juga minum air putih yang cukup. Air putih yang mengandung mineral kalsium dapat menutrisi tulang dan juga sendi-sendi tubuh sehingga terhindar dari masalah nyeri sendi dan juga pegal.

Membuat Mood Lebih Baik

Tubuh ibu hamil sering mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi mood atau suasana hati. Kondisi ini juga bisa disebabkan dehidrasi ringan yang menimbulkan beberapa gangguan pada tubuh dan juga membuat mood jadi kurang baik.

Dengan minum air putih yang cukup setiap hari maka tubuh ibu hamil akan terhidrasi sehingga menjaga mood tetap stabil dan terhindar dari panas dalam.

Melancarkan Pencernaan

Masalah lain yang juga sering menyerang ibu hamil yaitu gangguan pencernaan dan sembelit. Asupan cairan yang cukup dapat membuat feses menjadi lunak dan juga membantu proses pengeluaran kotoran dan sisa makanan sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Melihat semua manfaat yang ada di atas maka tidak ada alasan lagi untuk tidak minum air putih. Namun, pilih lah air putih yang mengandung mineral seperti Air Sejuk Adem Sari. Itu loh air mineral yang kemasan botolnya sangat unik, mirip “kelp shake” yang ada di film spongebob.

Produk air mineral dari Enesis Grup ini memiliki kandungan mineral alami seperti kalium, magnesium, kalsium dan sodium yang sangat baik untuk kesehatan. Itulah mengapa Air sejuk cocok diminum untuk ibu hamil.

Related article