sariawan
Oktober 12, 2020 Artikel

Cari Tahu Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Adem Sari Seseorang yang mengalami sariawan akan merasa tidak nyaman pada area mulut. Sehingga saat beraktfitas sakit ini membuat kurang percaya diri dan mengakibatkan emosi seseorang terkadang meningkat. Sebenaranya sariawan timbul karena adanya luka disekitaran mulut dan jika dibiarkan akan menimbulkan perih yang cukup luar biasa.

Meski kondisi ini akan menyerang siapa saja, sebenarnya sakit sariawan akan hilang dalam beberapa hari atau minggu kedepan. Namun atas ketidaknyamanan ini tentu saja penderita memang harus mewaspadainya. Dengan mengenali gejalanya, tentu saja pencegahan terhadap penyakit lain seperti kanker mulut tentu tidak akan mengusik kehidupan Anda.

Jika dilihat dari bentuk lukanya, sariawan bisanya akan nampak bulat atau oval diarea mulut. Warnya yang muncul pada luka berwarna kuning atau putih dengan sisi kemerahan di tepiannya. Sariawan yang sering dialami penderita bisa satu atau lebih banyak di sekitaran mulut, karena hal ini akibat dari peradangan. Lalu bagaimana mengenali penyakit satu ini dan cara mengatasinya? Dibawah ini adalah penjelasannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan

Penyakit sariawan biasanya akan muncul di area dalam pipi, lidah, bibir dalam dan permukaan gusi. Bahkan ukuran iritasi ini juga berbeda dari kecil hingga memenuhi bagian mulut. Penyebab utama penyakit ini adalah kurangnya menjaga kebersihan mulut. Sering menimpa wanita dan orang dewasa yang mengkomsi makanan berlebihan. Beberapa pemicu penyakit ini antara lain:

Kekurangan Vitamin

Permasalahan kulit dan sisi lapisan kulit ang mudah terkena iritasi adalah bagian mulut. Bagian ini memang sangat mudah terinfeksi jika kurang mengkonsumsi vitamin. Seseroang yang terkena sariawan biasanya suplai vitamin B12 dalam cakupan kurang. Apalagi kalangan anak-anak yang banyak mengkomsi makanan bergizi akan cenderung kurang asupan vitamin B12.

Untuk mengatasi permasalahan kurangnya vitamin, sebaiknya konsumsi makanan pendukung. Makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain daging sapi, susu, kerang, kepiting dan telur. Menambahkan makanan yang mengandung nutrisi juga langlah mudah mencegah munculnya sariawan.

Luka dan Cedera di Mulut

Adanya luka dan cedera di jaringan mulut juga memicu penyebab sariawan muncul. Luka ini bisa diakibatkan karena mengkonsumsi makanan yang merangsang peradangan di lapisan mulut. Selain itu menyikat gigi yang tidak hati-hati juga kadang membuat mulut bagian dalam cedera. Pemakaian kawat gigi juga sangat membayakan jika tidak diperhatikan secara seksama.

Solusinya adalah memilih alat-alat pembersih mulut yang berlisensi dan memakainya secara hati-hati. Jika memakai gigi palsu sebaiknya ke dokter spesialis. Dan terus menjaga area mulut agar tidak banyak penyakit menyerang disana. Hindari juga memakai obat-obatan yang mengandung antiinflamasi nonsteroid.

Banyak Mengkonsumsi Makanan Asam, Pedas dan Berminyak

Penyebab lainnya adalah karena berlebihan konsumsi makanan yang asam, pedas dan berminyak. Kadar dari makanan yang masuk ke mulut juga harus sesuai porsinya. Apalagi minuman yang panas juga merangsang iritasi di area mulut. Sehingga bagi Anda yang sering mengkonsumsi makanan dan minuman siap saji juga harus memperhatikan komposisinya.

Melemahnya Kondisi Tubuh

Kekebalan tubuh seseorang yang melemah juga memicu timbulnya sariawan. Apalagi Anda adalah seseorang yang terforsir pekerjaan berat. Untuk itu silahkan mengatur porsi kerja, perbanyak istirahat dan buatlah diri Anda senyaman mungkin. Dengan bisa mengatur kondisi tubuh, menambah imunitas dan multivitamin khusus akan mencegah dari sakit sariawan.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon saat menstruasi pada wanita juga menjadi penyebab utama timbulnya sariawan. Kondisi psikologis pria yang tertekan, stres dan gelisah  juga bisa memicu timbulnya penyakit ini. Konsumsi makanan yang cukup meningkatkan imunitas bisa menjadi solusi terbaiknya.

Panas Dalam

Menurunnya sistem imun dapat menimbulkan penyakit panas dalam, salah satu gejalanya adalah sariawan. Untuk mengatasinya Anda bisa minum Adem Sari, produk dari Enesis Grup ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai gejala panas dalam seperti tenggorokan kering, bibir pecah, susah bab dan juga sariawan.

Mau beli adem sari ? langsung aja << beli disini >>

Jika bibir Anda mengalami sariawan segera atasi dengan cara yang ada di atas, jangan didiamkan terlalu lama karena area sariawan bisa melebar.  Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.