pencernaan sehat
Juli 14, 2021 Artikel

Tips Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

Vegeta Herbal – Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh wanita setelah melahirkan. Baik melahirkan secara normal maupun caesar. Susah BAB sebenarnya merupakan hal yang normal setelah melahirkan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Meski susah BAB setelah melahirkan merupakan hal yang normal, namun kondisi ini tidak boleh disepelekan. Apalagi jika susah BAB terjadi dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kondisi susah BAB tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diatasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi susah BAB setelah melahirkan?

Inilah 5 Tips Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

Jangan Menahan BAB

Banyak wanita yang berasa takut untuk buang air besar setelah melahirkan. Namun, bukan berarti harus menahan buang air besar. Semakin tegang dan panik, maka buang air besar menjadi semakin sulit dilakukan. Jika terlalu lama menunda dan menahan BAB, maka nantinya semakin sulit untuk mengeluarkan feses saat buang air besar.

Pasalnya, menunda BAB setelah melahirkan akan membuat feses menjadi semakin keras dan sulit dikeluarkan. Padahal, wanita yang baru melahirkan tidak boleh mengejan terlalu kuat karena dapat menyebabkan luka atau iritasi. Maka dari itu, jangan pernah menunda buang air besar setelah melahirkan.

Banyak Minum Air Putih

Fungsi air bagi tubuh sangatlah penting. Selain bisa mencegah dehidrasi, air juga dapat membantu melunakkan feses yang keras. Inilah alasan mengapa minum banyak air putih sangat disarankan untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan. Usahakan untuk minum air putih minimal 10 gelas setiap hari. Selain bisa membantu melancarkan buang air besar, banyak minum air juga sangat baik untuk memperlancar produksi ASI.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Susah BAB setelah melahirkan juga dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Pasalnya, serat memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi sekaligus mencegah sembelit. Nah, beberapa makanan dengan kandungan serta tinggi adalah beras merah, gandum, biji-bijian utuh, buah, sayur, serta kacang-kacangan.

Jus anggus dan jus apel juga bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan sembelit. Pasalnya, kedua buah tersebut memiliki kandungan sorbitol yang tinggi. Sorbitol sendiri merupakan pencahar alami yang bisa membantu mengatasi susah BAB.

Olahraga Ringan

Sembelit setelah melahirkan juga bisa disebabkan karena kurang banyak bergerak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan atau stretching pasca melahirkan. Olahraga ringan seperti jalan santai di sekitar rumah sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan meregangkan otot. Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari, maka gangguan sembelit setelah melahirkan tidak akan terjadi.

Hindari Stres Berlebih

Stes yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kesehatan fisik dan mental terganggu. Nah, salah satu gejala gangguan kesehatan fisik yang terjadi akibat stres berlebih adalah sistem pencernaan menjadi tidak lancar. Oleh karena itu, wanita yang baru melahirkan tidak boleh terlalu stres. Manajemen stres pasca melahirkan sangat penting untuk dilakukan. Komunikasikan semua hal dengan pasangan dan keluarga agar mendapatkan support dan tidak stres.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah BAB setelah melahirkan. Selain mengikuti cara yang ada di atas, Anda juga bisa mengatasi susah BAB dengan minum Vegeta Herbal.

Minuman herbal yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet. Yuk, minum Vegeta Hebral supaya BAB jadi lebih lancar!

Related article