April 29, 2022 Article

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berolahraga

Coolant – Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat, bugar dan bersemangat. Salah satu kunci utama untuk mendapatkan tubuh seperti itu adalah rajin berolahraga. Tidak perlu terlalu lama, Anda bisa memanfaatkan waktu kurang lebih 30 menit setiap hari untuk olahraga.

Kalau olahraga dilakukan secara konsisten maka tubuh Anda bukan hanya sehat tapi juga memiliki bentuk yang ideal. Biasanya pada saat berolahraga menguras cukup banyak stamina dan keringat, sehingga badan terasa sangat lelah.

Kondisi lelah ini sebenarnya sangat wajar, bukan hanya orang biasa bahkan atlet pun juga pernah mengalaminya. Kira-kira, bagaimana caranya supaya badan tidak cepat lelah ketika berolahraga?

Cara Mudah Supaya Tidak Cepat Lelah Ketika Berolahraga

Seringkali saat berolahraga tubuh terasa sangat lelah, rasanya ingin langsung rebahan aja. Bahkan jika lelah yang dirasakan sudah sangat parah bisa timbul gangguan tubuh seperti mual dan pusing.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Jika jawabannya “iya” berarti tubuh Anda sudah lelah banget.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba supaya tetap bersemangat dan tidak mudah lelah ketika olahraga.

Awali dengan Melakukan Pemanasan

Biasakan untuk pemanasan sebelum berolahraga agar terhindar dari kejang otot atau kram. Selain itu, pemanasan juga bermanfaat untuk meningkatkan performa tubuh. Anda bisa melakukan pemanasan kurang lebih 5-10 menit sebelum olahraga.

Lakukan Olahraga Ringan Terlebih Dahulu

Supaya tubuh tidak mudah lelah maka disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti lari-lari kecil, bersepeda, push up, sit up. Bisa dibilang olahraga ini tidak terlalu menguras banyak keringat dan stamina tubuh.

Selain tidak mudah lelah, olahraga ringan ini juga membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks sehingga otot terhindar dari serangan kram.

Kenali Batas Diri Anda

Saat berolahraga biasanya tubuh akan memberikan sinyal jika mulai merasa lelah seperti pernapasan yang mulai tidak teratur, otot terasa panas dan lainnya. Jika sinyal ini mulai keluar berarti tubuh Anda sudah mencapai batas. Disarankan untuk tidak memaksakan diri, istirahat lah sejenak.

Coolant, Minuman Isotonik Cocok Diminum Saat Olahraga

Keringat yang keluar dari dalam tubuh ketika berolahraga merupakan bagian dari cairan tubuh. Jika semakin banyak keringat yang keluar maka stamina tubuh juga ikut terkuras. Untuk mengisi ulang cairan tubuh yang hilang Anda bisa minum Coolant Drink.

Minuman isotonik yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan natrium, kalium dan magnesium yang berfungsi untuk mengganti cairan elektrolit tubuh yang keluar lewat keringat saat berolahraga.

Perhatikan Durasi Berolahraga

Durasi waktu berolahraga setiap orang berbeda-beda, ada yang 10 menit, ada juga yang 30 menit bahkan ada yang 1 jam. Namun jika Anda termasuk orang yang jarang berolahraga sebaiknya dimulai dari durasi yang sedikit terlebih dahulu yaitu 10 menit.

Lakukan dengan konsisten selama 1 minggu. Jika sudah mulai terbiasa berolahraga maka Anda bisa menaikkan durasinya menjadi 20 atau 30 menit. Dengan begitu tubuh tidak kaget dan mulai terbiasa untuk berolahraga.

Banyak orang yang mencoba cara di atas dan terbukti membuat tubuh tetap kuat ketika berolahraga dan ritme pernapasan tetap normal sehingga tidak ngos-ngosan. Supaya kondisi tubuh tetap fit, Anda bisa mengambil waktu jeda untuk istirahat sejenak sekitar 2-3 menit.

Selain itu, perlu diperhatikan juga ketika kondisi napas sedang ngos-ngosan sebaiknya jangan langsung minum, atur dulu pernapasan sampai kembali normal setelah itu baru deh Anda minum. Jika tubuh sudah terasa fresh kembali maka Anda bisa melanjutkan olahraga. Selamat mencoba!