gejala panas dalam mulut
April 28, 2021 Article

Mengenal Gejala Panas Dalam Pada Area Mulut

Adem Sari Panas dalam merupakan rasa sakit gejala awal dari penyakit yang akan menyerang. Penyakit panas dalam biasannya akan timbul ketika seseorang telah mengonsumsi gorengan, makanan berlemak, minuman yang dingin, dan saat tubuh kelelehan.

Berikut ini merupakan gejala panas dalam pada area mulut yang perlu kamu ketahui:

Bibir Kering

Gejala yang umum terjadi saat panas dalam adalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini tentunya akan membuatmu tidak nyaman dan merusak penampilan. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengenakan lipbalm untuk menutrisi bibirmu agar tidak kering dan pecah-pecah. Hal yang harus kamu hindari saat bibirmu kering adalah menjilat bibir. Kebiasaan tersebut justru akan membuat bibir semakin kering.

Sariawan

Gejala panas dalam selanjutnya adalah kondisi bibir maupun lidah mengalami luka atau biasa disebut sariawan. Cara mengatasi hal ini yaitu dengan minum cukup air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Selain itu, jika kamu mengalami sariawan kamu dapat menbuat obat sederhana di rumah, simak penjelasannya:

  • Air garam: Untuk mengatasi sariawan, kamu dapat membuat larutan air garam dan gunakan untuk berkumur. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin untuk mendappatkan hasil yang maksimal.
  • Makan sayur dan buah: Penyakit sariawan bisa jadi karena tubuhmu kekurungan nutrisi dan vitamin. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi cukup sayur dan buah-buahan.
  • Olesan madu: Madu memiliki sifat antiradang dan anti bakteri yang baik untuk mengatasi sariawan. Gunakanlah madu murni dan oleskan pada bagian lidah yang terkena sariawan 3-4 kali sehari.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala panas dalam. Biasanya, tubuh yang mengalami sakit tenggorokan akan sakit saat menelan. Hal itu sering terjadi setelah mengonsumsi gorengan, makanan pedas dan minuman yang dingin. Selain itu, sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh flu, pilek, infeksi virus, iritasi, dan lainnya. Berikut ini merupakan cara mengatasi sakit tenggorokan dengan bahan alami yang ada dirumah:

  • Jahe dan madu: Minuman jahe dan madu dipercaya dapat meredakan tenggorokan yang sakit. Buatlah minuman jahe madu hangat untuk meredakan sakit pada tenggorokan.
  • Permen pereda tenggorokan: Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kamu juga bisa menggunakan permen pereda tenggorokan. Hal ini akan sangat cocok untuk menghilangkan sakit tenggorokan dalam waktu yang singkat.
  • Air lemon: Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kamu dapat membuat air lemon hangat. Air lemon diperkaya dengan vitamin c dan dapat membantu dalam meredakan sakit tenggorokan.

Nah, itu tadi beberapa gejala panas dalam pada mulut yang perlu kamu tahu. Untuk mengatasi panas dalam segera minum Adem Sari. Minuman penghilang panas dalam yang diproduksi oleh Enesis Grup ini mengandung Ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C untuk panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah dan susah buang air besar.