minum air mineral setelah berolahraga
January 19, 2022 Article

Manfaat Minum Air Mineral Setelah Berolahraga

Air Sejuk Beberapa pakar sering kali menyarankan kita untuk minum air mineral setelah olahraga dibandingkan air biasa atau air berasa. Hal ini diungkapkan karena bayak sekali manfaat minum air mineral setelah olahraga loh!

Manfaat Minum Air Mineral Setelah Berolahraga

Penasaran kan apa saja manfaat dari minum air mineral setelah olahraga? Berikut kami paparkan beberapa manfaatnya agar Anda lebih rajin minum air mineral setelah olahraga, check this out:

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Olahraga

Manfaat yang pertama tentunya adalah dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Ya, banyak sekali cairan tubuh yang hilang salah satunya melalui keringat maupun untuk pembakaran kalori.

Nah, dengan minum air mineral maka tubuh Anda akan tetap terhidrasi. Artinya, tubuh tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi.

Memberikan Nutrisi Berupa Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

Selain untuk mengganti cairan dalam tubuh, air mineral juga memberikan nutrisi mikro kepada tubuh. Ya, seperti namanya air ini mengandung banyak sekali mineral yang dapat terserap oleh tubuh. Beberapa mineral yang terkandung antara lain sebagai berikut:

  • Kalsium
  • Natrium
  • Kalium
  • Silika
  • Selenium
  • Zink

Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, semua mineral itu sangat diperlukan di dalam tubuh manusia.

Mendinginkan Suhu Tubuh yang Meningkat saat Olahraga

Saat olahraga tentunya kita akan merasakan namanya suhu tubuh yang naik. Hal ini dikarenakan aktivitas dalam olahraga yang sangat kuat sehingga menaikkan suhu tubuh.

Hal ini membuat siapa pun menjadi kegerahan. Nah, air mineral ternyata bisa membantu menurunkan suhu tubuh setelah olahraga loh. Jadi, dengan minum sebentar lagi tubuh akan terasa lebih nyaman.

Melancarkan Aliran Darah

Karena kadar air di dalam tubuh berkurang sangat banyak biasanya darah pun juga tak akan lancar. Oleh karena itu, banyak orang yang pusing setelah olahraga khususnya yang olahraga berat.

Nah, dengan konsumsi air mineral ini maka darah akan menjadi lebih encer dan lebih lancar. Tentu saja, dengan lancarnya aliran darah akan membuat pasokan oksigen ke seluruh tubuh jadi lebih mudah dan tidak menyebabkan pusing.

Mengurangi Risiko Kram Otot saat Olahraga

Selanjutnya, air mineral juga dapat mengurangi risiko kram otot saat olahraga. Ya, otot yang kram itu salah satu penyebabnya adalah karena kekurangan cairan. Dan hal ini sering kali terjadi pada olahragawan.

Jadi, dengan minum air mineral yang cukup maka kram otot bisa dicegah dengan sangat mudah.

Membuat Efek Kenyang Setelah Olahraga

Berikutnya, air mineral juga memberikan efek kenyang setelah olahraga. Ya, walaupun hanya sebentar namun air bisa cukup memenuhi ruangan di dalam lambung Anda.

Dengan ini, keinginan untuk makan dengan porsi banyak bisa lebih teratasi. Makan jadi lebih teratur karena efek kenyang dari air mineral tersebut.

Pembakaran Kalori jadi Lebih Maksimal

Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya bahwa dengan minum air mineral maka pembakaran kalori jadi lebih maksimal. Sangat disayangkan jika habis olahraga minum air manis maka kalori yang terbakar akan sangat sia-sia.

Itulah beberapa manfaat minum air mineral setelah berolahraga. Tapi tetap ya, minumlah sesuai dengan kemampuan dan jangan dipaksakan terlalu banyak. Memang, kebutuhan cairan setelah olahraga itu banyak namun bisa dilakukan sedikit demi sedikit sehingga kerja organ tubuh seperti ginjal tak terlalu berat.