December 28, 2021 Article

Ini Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Saat Menelan

Adem Sari – Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, sakit tenggorokan disebabkan oleh flu, pilek, atau alergi. Namun, ada kondisi dimana sakit tenggorokan hanya terjadi di sebelah kiri dan terasa sakit saat menelan. Sakit tenggorokan yang terjadi di satu sisi umumnya juga disertai dengan gejala sakit di telinga. Ternyata, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan gejala sakit tenggorokan sebelah kiri. Lantas, apa saja penyebabnya?

Inilah 5 Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Saat Menelan

  1. Radang Amandel

Masalah kesehatan pertama yang bisa menimbulkan gejala sakit tenggorokan sebelah kiri adalah radang amandel. Setiap orang memiliki dua amendel atau tonsil yang terletak di setiap sisi tenggorokan, tepatnya berada di belakang lidah. Jika salah satu amandel meradang atau membengkak akibat infeksi virus atau bakteri, maka tenggorokan akan terasa sakit di sisi amandel yang meradang tersebut.

  1. Postnasal Drip

Postnasal Drip merupakan suatu kondisi dimana terjadi penumpukan lendir di bagian belakang hidung maupun tenggorokan yang menetes ke tenggorokan. Umumnya, kondisi ini dapat disebabkan oleh rhinitis alergi atau karena infeksi tertentu. Apabila lendir yang menumpuk tersebut tidak dapat mengalir dengan baik, maka bisa menyebabkan saluran tenggorokan tersumbat dan batuk. Akibatnya, tenggorokan akan terasa sakit sebelah dan sulit menelan.

  1. Laringitis

Laringitis adalah kondisi terjadinya radang kerongkongan yang diakibatkan oleh pembengkakan pita suara, sehingga menyebabkan suara menjadi serak. Peradangan pita suara bisa terjadi karena inveksi virus atau akibat iritasi, misalnya terlalu banyak berbicara, bernyanyi, atau berteriak. Selain menyebabkan suara serak, pita suara yang mengalami iritasi juga akan menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi serta terasa sakit saat menelan.

  1. Abses Peritonsil

Infeksi bakteri dapat menyebabkan munculnya benjolan berisi nanah yang tumbuh di sekitar amandel. Kondisi inilah yang kemudian oleh dunia medis disebut dengan Abses Peritonsil. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa muda. Salah satu gejala dari gangguan kesehatan ini adalah menyebabkan rasa sakit pada salah satu tenggorokan.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Penyebab paling umum terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi, seperti radang tenggorokan. Biasanya, pembengkakan kelenjar getah bening hanya terjadi di salah satu sisi tenggorokan saja, sehingga akan terasa sakit di sebelah tenggorokan. Perlu diketahui bahwa terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi tanda terjadinya penyakit serius, seperti kanker. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengetahu penyebab sakit tenggorokan sebelah yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter dengan segera.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri saat menelan. Tentu saja, gangguan kesehatan tersebut tidak boleh diabaikan dan harus ditangani dengan segera sesuai dengan penyebabnya. Maka dari itu, segera kunjungi dokter untuk memastikan apa penyebabnya dan mendapatkan penganganan medis yang paling tepat.

untuk meredakan sakit tenggorokan minum lah Adem Sari. Minuman sari penyegar yang diproduksi oleh Enesis Grup ini mengandung Ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C untuk panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah dan susah buang air besar.