December 29, 2021 Article

Cara Mengobati Bibir Pecah Akibat Panas Dalam

Adem Sari – Panas dalam merupakan serangkaian gejala atau gangguan kesehatan yang menyerang mulut, sistem pencernaan, dan tenggorokan. Umumnya, panas dalam menimbulkan gejala berupa sakit tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah, hingga sariawan.

Meskipun bukan penyakit serius, namun panas dalam tentu akan membuat penderita merasa tidak nyaman. Terutama jika sampai menimbulkan gejala bibir kering dan pecah-pecah yang akan menyebabkan rasa perih. Untuk itu, panas dalam harus segera diobati agar gejala yang muncul bisa segera mereda. Lalu, bagaimana cara mengobati bibir pecah akibat panas dalam?

Inilah 5 Cara Mengobati Bibir Pecah Akibat Panas Dalam

  1. Konsumsi sayur dan buah

Untuk meringankan gejala bibir pecah-pecah akibat panas dalam, langkah yang bisa dilakukan adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dua bahan alami ini memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi, sehingga sangat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

Bukan hanya itu, nutrisi pada buah dan sayur pun sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan nutrisi terbaik untuk mengobati panas dalam dan bibir pecah adalah wortel, kangkung, bayam, brokoli, apel, anggur, pepaya, dan stroberi.

  1. Banyak minum air putih

Panas dalam yang menimbulkan gejala bibir pecah-pecah umumnya disebabkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, cara mengobati bibir pecah yang paling ampuh dan mudah adalah dengan membanyak minum air putih. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Panas dalam mereda dan bibir pecah pun akan normal kembali.

  1. Oleskan madu

Telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat madu bagi kesehatan. Salah satu khasiat tersebut adalah ampuh untuk membantu melegakan berbagai masalah tenggorokan, termasuk panas dalam. Agar panas dalam bisa segera reda, cobalah untuk mengonsumsi madu murni.

Baik dikonsumsi langsung atau dicampurkan dengan air hangat maupun teh. Untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah, Kamu juga bisa mengoleskan madu pada bibir, sehingga bibir yang kering bisa lebih lembap dan terasa nyaman.

  1. Gunakan produk petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan bahan yang bisa dioleskan ke permukaan kulit. Produk ini bermanfaat untuk melindungi kadar cairan pada permukaan kulit, termasuk kulit bibir yang pecah-pecah dan kering. Dengan menggunakan produk ini, maka kelembapan bibir akan terjaga. Selain itu, nutrisi yang terkandung pada produk petroleum jelly juga mampu membantu proses penyembuhan pada kulit bibir yang terluka akibat kering dan terkelupas.

  1. Oleskan pelembab bibir alami

Bibir kering dan pecah-pecah akibat panas dalam juga bisa diatasi dengan menggunakan pelembap bibir alami. Selain madu, beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk merawat kesehatan bibir adalah lidah buaya, minyak kepala, dan minyak zaitun. Oleskan bahan alami tersebut pada bibir secara merata. Selain akan membuat bibir lembap, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga bisa menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah.

Nah, itu dia 5 cara mengobati bibir pecah akibat panas dalam. Agar gejalanya tidak semakin parah, maka pastikan untuk mengindari konsumsi makanan pedas, tidak merokok, cukupi asupan makanan bergizi, serta istirahat yang cukup. Jika masalah bibir pecah tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu untuk meredakan panas dalam, kamu bisa minum Adem Sari, Minuman sari penyegar yang diproduksi oleh Enesis Grup ini mengandung Ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C untuk panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah dan susah buang air besar.