May 28, 2022 Article

Cara Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Berolahraga

Coolant – Olahraga merupakan suatu aktivitas yang bisa kamu lakukan setiap hari, setidaknya seminggu sekali untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berolahraga tentunya juga ada porsinya, sehingga jangan sampai kamu tetap memaksakan berolahraga ketika badan sudah lelah. Lalu apakah yang membuat kamu merasa lelah atau tidak berenergi setelah berolahraga?

Penyebab Lelah Setelah Berolahraga

Lelah setelah berolahraga sendiri tentunya berbeda-beda setiap orangnya yah, tergantung dengan imunitas tubuh, kondisi fisik, jenis olahraga yang dimainkan, dan intensitas waktu berolahraga. Bagi kamu yang baru memulai olahraga mungkin belum merasa lelah, akan tetapi disaat tubuh sudah merasa panas akan gerakan-gerakan dan intensitas olahraga cukup lama makan akan terasa lelah.

Ketika berolahraga seluruh energi dalam tubuhmu akan digunakan untuk bergerak. Bahkan protein dalam tubuh juga akan dipecah menjadi energi. Sehingga ketika energi tersebut telah sepenuhnya digunakan untuk berolahraga, kamu akan merasa lelah dan lapar. Karenanya diperlukan cara mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga.

Mengapa Perlu Memulihkan Tenaga Setelah Berolahraga?

Setelah tubuh melakukan aktivitas yang cukup berat saat berolahraga, otot-otot mengalami peregangan, maka biasanya setelah berolahraga hampir setiap orang merasakan lelah dan tubuh pegal. Kondisi tersebut adalah hal yang wajar, kamu perlu memulihkan tenaga setelah berolahraga agar energimu pulih kembali.

Bahkan kamu juga perlu untuk mendinginkan kembali tubuhmu setelah berolahraga dengan cara melakukan proses pendinginan agar otot bisa beristirahat dan tidak terdapat kerusakan jaringan. Cara memulihkan tenaga setelah berolahraga bisa dilakukan dengan beristirahat sejenak, minum air putih, rileksasi, makan makanan bergizi, dan minum minuman isotonik.

Pentingkah Beristirahat Setelah Berolahraga?

Istirahat setelah berolahraga adalah hal yang penting dan dianjurkan. Istirahat merupakan salah satu cara untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga karena kamu akan membiarkan tubuhmu untuk tenang, rileks, dan agar otot-otot tidak tegang. Bahkan kamu juga bisa sambil memijat-mijat tangan atau kaki agar sirkulasi darah lancar dan membuat kamu lebih cepat rileks.

Mengapa Minum Minuman Isotonik Penting Saat dan Setelah Berolahraga?

Ketika kamu berolahraga maka banyak sekali energi dan cairan tubuh yang digunakan selama aktivitas tersebut. Biasanya bentuk dari energi dan cairan tubuh yang sudah digunakan saat berolahraga akan dikeluarkan kembali oleh tubuh melalui beberapa cara yaitu keringat maupun buang air kecil.

Banyaknya cairan tubuh yang hilang bisa ditandakan dengan keluarganya banyak keringat, tubuh merasa lelah, dan haus saat berolahraga. Minuman isotonik diperlukan saat itu, yang mana manfaat minuman isotonik adalah sebagai penyuplai energi, ion-ion, dan mineral ke dalam tubuh. Sehingga ketika berolahraga atau setelah berolahraga, kamu bisa merasakan energimu pulih kembali setelah minum minuman isotonik.

Apa Manfaat Minuman Isotonik Untuk Olahraga?

Manfaat minuman isotonik yang utama adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga dan dapat menambah energi dalam tubuh. Mengapa bisa demikian? Karena minuman isotonik mengandung karbohidrat, mineral, dan elektrolit. Selain itu minuman tersebut juga cepat diserap oleh tubuh, sehingga dapat membuat tubuh bertenaga. Salah satu minuman istonik yang cocok diminum setelah berolahraga adalah Coolant Drink.

Minuman isotonik dari Enesis Grup ini memiliki kandungan ion dan mineral seperti kalium, magnesium dan natrium yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Kamu bisa menemukan minuman isotonik Coolant Drink di marketplace dan supermarket terdekat ya.

Itu dia beberapa hal mengenai cara mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga. Selain dengan beristirahat dan minum minuman isotonic, kamu juga bisa menambah asupan tubuh dengan makan makanan tinggi karbohidrat dan protein, mandi dengan air dingin, dan perbanyak minum air putih.