January 25, 2022 Article

Makanan Tinggi Serat untuk Mengatasi Asam Lambung

Scrubber

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini sangat menganggu karena akan menyebabkan penderita mengalami sensasi panas di dada (heartburn). Penyebab paling umum naiknya asam lambung adalah katup kerongkongan bawah yang rusak atau melemah, sehingga bisa naik menuju ke kerongkongan.

Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga sangat berpengaruh terhadap jumlah asam yang diproduksi dalam perut. Maka dari itu, memilih jenis maanan yang tepat merupakan salah satu kunci untuk mengatasi penyakit asam lambung agar tidak semakin parah. Lantas, apa saja jenis makanan tinggi serat untuk mengatasi asam lambung?

Inilah 5 Makanan Tinggi Serat untuk Mengatasi Asam Lambung

  1. Pisang

Mengonsumsi buah-buahan yang bersifat basa atau mengandung alkali bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan asam lambung. Buah rendah asam seperti pisang dapat membantu penderita dengan cara melapisi esofagus yang teriritasi.

Selain rendah asam, pisang juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Nah, salah satu jenis serat larut yang ditemukan dalam buah pisang adalah pektin. Serat tersebut bermanfaat untuk memperlancar perpindahan isi perut melalui saluran pencernaan.

  1. Sayuran Hijau

Jenis makanan tinggi serat selanjutnya yang direkomendasikan untuk mengatasi asam lambung adalah sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah kembang kol, brokoli, timun, selada, buncis, bayam, kangkung, kacang hijau, serta asparagus.

Selain tinggi serat, sayuran hijau juga rendah lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Perlu diketahui bahwa penderita asam lambung tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pasalnya, makanan berlemak tinggi bisa meningkatkan produksi asam menjadi lebih banyak lagi.

  1. Oatmeal

Seseorang yang menderita penyakit asam lambung sangat membutuhkan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi berbagai gejala penyakit tersebut. Sebab, serat yang terkandung dalam makanan bisa membantu menyerap asam lambung, sehingga kadar asam dalam lambung tidak terlalu tinggi.

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak serat, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang bisa memberikan efek menenangkan, sehingga dapat membantu mencegah rasa ketidaknyamanan dalam perut. Gejala asam lambung dapat dihindari dengan mengonsumsi produk fermentasi susu ini.

Yogurt juga mengandung probiotik atau bakteri baik ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt juga mengandung banyak protein, sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan dengan baik.

  1. Pepaya

Pepaya lebih dikenal sebagai buah yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Namun, pepaya ternyata juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung karena mengandung serat dan enzim papain. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia memanfaatkan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim tersebut hanya aktif dalam kondisi lambung yang asam.

Pada penderita GERD, kadar asam yang terlalu tinggi bisa merusak lapisan lambung serta kerongkongan. Enzim papain yang diperoleh dari pepaya dapat membantu melancarkan kinerja sistem pencernaan dengan mempermudah proses pemecahan protein. Dengan begitu, maka proses pencernaan bisa berlangsung lebih singkat dan lambung tidak terpapar asam lambung terlalu lama. Dengan kata lain, keberadaan enzim papain dapat meredakan gejala asam lambung.

Nah, itulah beberapa makanan tinggi serat untuk mengatasi asam lambung. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, maka gejala asam lambung bisa diminimalisir. Selain menjaga konsumsi makanan, penderita asam lambung juga harus menghindari berbagai kebiasaan yang bisa meningkatkan asam lambung, seperti tidur setelah makan, minum alkohol, dan merokok.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan serat tidak hanya dari makanan yang telah di sebutkan diatas, kamu juga bisa melengkapi kebutuhan serat dengan minum Scrubber. Minuman serat alami yang dari Enesis Grup ini terbuat dari sari jeruk asli, mengandung bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotik) dan bermacam serat.