masalah pada pencernaan
November 16, 2020 Artikel

Waspada, Inilah Tanda-tanda Pencernaan Bermasalah!

Scrubber Banyak orang menganggap bahwa tanda pencernaan bermasalah adalah sakit perut. Padahal, sakit perut bukanlah satu-satunya tanda pencernaan bermasalah. Masih ada beberapa tanda lain yang sayangnya seringkali diabaikan. Tidak heran jika banyak orang yang tidak menyadari bahwa sistem pencernaannya bermasalah karena sering mengabaikan tanda-tanda yang muncul.

Perlu diketahui bahwa sistem pencernaan terdiri atas beberapa organ. Lambung, saluran empedu, dan usus merupakan sebagian sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Tentunya, tanda pencernaan bermasalah sangat bervariasi tergantung dari jenis organ yang mengalami gangguan. Agar lebih waspada, sebaiknya ketahuilah beberapa tanda pencernaan bermasalah berikut ini!

Inilah Tanda Pencernaan Bermasalah

1. Sembelit

Jarang buang air besar atau disebut dengan sembelit merupakan salah satu tanda pencernaan bermasalah. Kondisi ini juga ditandai dengan konsistensi feses yang keluar sangar keras. Umumnya, penyebab sembelit adalah kurang minum air putih, pola makan kurang sehat, atau karena terlalu banyak duduk setiap harinya.

Sembelit yang berkepanjangan perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda dari penyakit serius. Salah satu penyakit dengan gejala sembelit adalah Irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit sindrom iritasi usus besar. Selain IBS, kanker usus besar juga menjadi penyakit yang perlu diwaspadai dengan gejala sembelit.

Baca juga: Jangan Sepelekan Gangguan Sistem Pencernaan Ini

2. Sering Cegukan

Sebenarnya, cegukan merupakan hal alamiah yang terjadi karena adanya rangsangan saraf-saraf di bawah perut. Akan tetapi, cegukan yang berlangsung terus-menerus dan durasinya lama merupakan kondisi yang perlu diwaspadai. Pasalnya, sering cegukan juga merupakan tanda pencernaan bermasalah.

Nah, salah satu tanda pencernaan bermasalah adalah dengan sering cegukan adalah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Penyakit yang terjadi akibat kelemahan otot kerongkongan bagian bawah. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke mulut atau kerongkongan. Selain penyakit GERD, cegukan dengan jangka waktu lama juga bisa menjadi pertanda terjadinya penyakit kanker saluran pencernaan.

3. Perut Begah

Perut begah juga bisa menjadi tanda pencernaan bermasalah. Biasanya, perut begah juga disertai dengan rasa nyeri dan terbakar di perut. Jika Kamu mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya jangan meremehkannya begitu saja. Pada kasus yang lebih berat, perut bisa semakin membesar dan berisi cairan. Perut penderita akan semakin membuncit dan terasa kencang. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan perut membuncit. Kanker, pengerasan hati, dan infeksi rongga perut merupakan salah satunya.

4. Sering Kentut

Kentut tentunya menjadi proses alamiah dalam tubuh semua orang. Kentut merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan udara dari saluran pencernaan. Namun, kentut menjadi tidak wajar jika frekuensinya terlalu sering. Apalagi jika disertai dengan aroma yang sangat tidak sedap. Kondisi ini perlu dicurigai sebagai tanda pencernaan bermasalah yang disebabkan oleh parasit atau bakteri. Jika kentut secara terus menerus terjadi setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu, maka bisa menjadi pertanda terjadinya intoleransi terhadap makanan tertentu.

Itu dia beberapa tanda pencernaan bermasalah. Hal-hal kecil seperti ini ternyata perlu diwaspadai dan tidak boleh diremehkan begitu saja. Supaya tubuh terhindar dari berbagai masalah pencernaan yang ada diatas, kamu bisa minum Scrubber.

Scrubber merupakan minuman es jeruk asli yang memiliki kandungan bakteri baik (probiotik), makanan bakteri baik (prebiotic) dan kaya akan serat alami, sehingga menjaga sistem pencernaan tubuh.

Jika perut kamu sudah terasa sangat sakit dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter akan memberikan solusi dan penanganan terbaik jika terjadi masalah pada pencernaan. Untuk menghindari masalah pada pencernaan, sebaiknya terapkan pola makan dan pola hidup sehat mulai dari sekarang!

Baca juga: 14 Buah Antioksidan Tinggi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan 

Related article