Januari 22, 2020 Artikel

Wajib Coba, Ini Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dari Rumah!

Forcemagic – Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap rumah pasti seringkali diganggu oleh hewan kecil berwarna hitam yang kita sebut dengan nyamuk. Meski ukurannya kecil, namun gigitan hewan terbang ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Mulai dari demam berdarah, malaria, dan penyakit akibat nyamuk lainnya. Selain bisa menjadi perantara penyakit serius, keberadaan nyamuk di rumah pasti membuat penghuni rumah jadi kurang nyaman. Bukan hanya karena suara bisingnya, tapi gigitan nyamuk pun akan meninggalkan bekas bentol kemerahan dan gatal. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengusir nyamuk dari rumahnya. Lantas, bagaimana cara ampuh mengusir nyamuk dari rumah?

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dari Rumah

1. Lakukan Gerakan 3M

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gerakan 3M sudah menjadi cara ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Menguras, Menutup, dan Mengubur adalah semboyan mengusir nyamuk yang memang terbukti ampuh. Oleh karena itu, gerakan 3M perlu diterapkan jika ingin rumah kita terbebas dari nyamuk. Pastikan, lingkungan rumah kita bebas dari genangan air yang bisa menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Baca juga: 4 Jenis Nyamuk Rumahan yang Paling Umum dan Sering Ditemui

2. Gunakan Lilin Aromatherapy

Banyak orang yang memilih menggunakan obat nyamuk bakar padahal jelas-jelas mengganggu pernapasan dan aromanya tidak sedap. Sebagai gantinya, coba gunakan lilin aromatherapy dengan wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. Salah satunya adalah aroma lavender. Selain aromanya lebih nyaman bagi penghuni rumah, wangi lavender juga menjadi cara ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Tidak perlu obat nyamuk bakar lagi yang asapnya berbau kurang sedap dan mengganggu pernapasan.

3. Tanam Tanaman yang Dibenci Nyamuk

Mengusir nyamuk juga bisa dilakukan dengan cara alami. Salah satunya adalah menggunakan tanaman hias yang bisa ditanam di halaman rumah ataupun di dalam rumah menggunakan vas. Ingat, bahwa banyak tanaman yang bukan hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan saja, namun ada juga yang berfungsi sebagai obat nyamuk alami.

Nah, beberapa tanaman yang dibenci nyamuk diantaranya adalah lavender, daun serai, marigold, bawang putih, dan pappermint. Beberapa tanaman tersebut memiliki aroma tersendiri yang membuat nyamuk tidak suka dan memilih untuk menghindar. Dengan demikian, maka nyamuk akan kabur dan tidak lagi bersembunyi di dalam rumah. Rumah pun akan bebas dari nyamuk-nyamuk nakal.

4. Tutup Celah Udara pada Pintu dan Jendela

Perlu diketahui bahwa celah udara yang ada di atas pintu dan jendela merupakan salah satu jalan keluar masuknya nyamuk ke rumah. Oleh karena itu, celah ini harus ditutup agar nyamuk tidak lagi seenaknya keluar masuk rumah. Mengingat bahwa ukuran nyamuk yang kecil, maka celah udara ini harus ditutup menggunakan bahan yang rapat, seperti papan tambahan maupun kasa. Cara ini dijamin akan mengurangi intensitas nyamuk yang masuk ke dalam ruangan.

5. Gunakan Alat Pembasmi Nyamuk Elektronik

Penggunaan obat nyamuk seringkali kurang efektif karena nyamuk hanya mangkir sebentar lalu datang lagi. Hal ini berbeda dengan penggunaan alat pembasmi nyamuk elektronik yang benar-benar bisa membasmi nyamuk sampai mati. Alat yang paling popular adalah raket listrik. Cukup dengan menyalakan alat ini lalu dikibaskan ke arah nyamuk yang beterbangan, maka nyamuk akan mati dan berjatuhan karena terkena sengatan listrik. Ruangan pun seketika bisa langsung bebas dari nyamuk.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Cara di atas dijamin ampuh untuk mengurangi intensitas nyamuk yang berkeliaran di dalam rumah. Untuk memastikan bahwa kita bisa tidur di malam hari dengan nyenyak tanpa gangguan nyamuk, bisa juga dengan memanfaatkan kelambu tempat tidur.

Selain itu gunakan selalu obat nyamuk semprot forcemagic yang terbukti ampuh membunuh nyamuk dengan cepat. Dengan begitu, maka nyamuk tidak bisa menyentuh tubuh kita. Tidur pun jadi nyeyak hingga esok hari.

Baca juga: 6+ Cara Mengobati Gigitan Serangga dengan Mudah dan Alami

Related article