Maret 7, 2013 Artikel

Tips Ampuh Menghilangkan Noda Pada Pakaian

Seringkali, kita merasa kesal dengan noda pada pakaian yang sulit sekali untuk dihilangkan. Apalagi, jika noda tersebut menempel di pakaian kesukaan. Jika biasanya kita sering menggunakan pakaian tersebut, kini jadi jarang digunakan karena adanya noda yang mengganggu penampilan.

Banyak usaha dilakukan untuk menghilangkan noda yang membandel pada baju. Sayangnya, seringkali noda tersebut tidak mau hilang. Tentu, hal ini akan sangat merepotkan. Sebenarnya, menghilangkan noda di pakaian bisa lebih mudah jika Kamu tau cara yang tepat. Yuk, ikuti tips ampuh menghilangkan noda pada pakaian berikut!

Ini Dia, Cara Paling Ampuh Menghilangkan Noda pada Pakaian

Cara menghilangkan noda harus disesuaikan dengan jenis noda itu sendiri. Jika menggunakan metode yang salah, sudah tentu noda tersebut tidak akan hilang. Lebih parahnya lagi, noda akan semakin banyak atau pakaian malah jadi rusak.

Seperti yang kita tau, pakaian kotor bisa disebabkan oleh berbagai jenis noda. Mulai dari noda bekas make up, keringat, bintik hitam atau jamur, tinta, oli, hingga noda akibat tumpahan minuman atau makanan. Nah, masing-masing jenis noda ini harus diatasi dengan cara yang tepat ya!

  1. Noda Oli atau Cat

Siapa bilang noda bekas cat atau oli tidak bisa dihilangkan? Kedua jenis noda ini bisa dihilangkan dengan mudah loh. Caranya adalah dengan mencuci bekas noda tersebut menggunakan alkohol. Gosok baik-baik pakaian yang dikenai noda dengan alkohol. Pasti, noda membandel itu akan segera hilang dan pakaian pun akan bersih kembali. Jika tidak ada alkohol, Kamu juga bisa menggantinya dengan minyak tanah.

  1. Noda Tinta

Tinta memang menjadi masalah cukup besar bagi banyak orang. Tanpa disadari, tinta bolpoint yang kita gunakan mengotori pakaian. Alhasil, baju menjadi penuh coretan bolpoin yang sulit dihilangkan. Tapi, kini tak perlu khawatir lagi. Ternyata, ada cara ampuh untuk menghilangkannya.

Beberapa jenis bahan rumah tangga ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengatasi noda tinta yang membandel. Nah, salah satu bahan paling ampuh adalah garam. Caranya menggunakannya yaitu dengan mengusap garam menggunakan tisu basah pada bagian pakaian yang terkena noda tinta.

Agar lebih maksimal, sikat secara perlahan pada titik noda tersebut. Ulangi dengan cara yang sama sampai noda tinta terangkat seluruhnya. Perlu dipahami bahwa bagian terpenting dalam menghilangkan noda tinta adalah segera membersihkannya sebelum tinta tersebut meresap lebih dalam.

  1. Noda Permen atau Buah

Buah, permen, atau jenis makanan manis lainnya, merupakan bahan yang mengandung gula. Untuk noda yang berasal dari gula, maka sangat mudah untuk menghilangkannya. Cuci pakaian menggunakan detergen dalam air panas. Pastikan suhu tetap aman bagi kain.

Rendam pakaian selama  30 menit di dalam 1 liter air hangat. Jangan hanya gunakan sabun atau detergen saja, karena hal ini justru bisa membuat noda menjadi permanen. Sebaiknya, tambahkan satu sendok enzim presoak untuk memudahkan pengangkatan noda yang membandel. Sebelum pakaian dikeringkan, pastikan terlebih dahulu bahwa semua kandungan gula sudah hilang. Jika tidak, maka nantinya bisa muncul noda cokelat setelah pakaian kering.

Itu dia beberapa tips menghilangkan noda pada pakaian yang paling ampuh. Kamu bisa mengikuti tips di atas untuk mengusir noda-noda yang membandel di pakaianmu. Jangan lupa untuk menggunakan metode yang tepat sesuai dengan jenis noda ya!

Related article