April 21, 2020 Artikel

Bahan Kimia ini Terbukti Efektif Melawan Virus Corona

Kispray – Pandemi virus corona di Indonesia belum berhenti, setiap hari terus bertambah jumlah penderitanya. Physical Distancing dan PSBB pun terus ditegakkan untuk menghambat laju penyebaran virus ini.

Selain itu, pola kebersihan juga turut menjadi perhatian besar pemerintah mulai dari mencuci tangan hingga penyemprotan disinfektan. Virus ini juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan baju orang yang sudah terpapar corona atau terkena percikan air liur dari penderita corona.

Menurut Centers for Desease Control and Prevention (CDC) di Amerika bahwa virus ini dapat bertahan berjam-jam pada pakaian. Seiring waktu memang nantinya akan mongering dengan sendirinya dan virus corona yang menempel akan mati tapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, ada bahan kimia yang terbukti memiliki spektrum fungsi anti mikrobakteri yaitu Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride.

Bahan kimia ini ternyata digunakan sebagai disinfektan oleh pemerintah Kanada untuk melawan Covid-19. Alkyl Dimethylbenzyl memang sudah teruji secara klinis untuk membunuh virus yang menempel pada pakaian.

Hal ini juga diungkapkan oleh tenaga medis di Indonesia dr. Alberta Claudia.

“Bahan aktif alkyl dimethylbenzyl ammonium chloride ini memiliki properti anti-mikroba spektrum luas. Jadi, bisa membunuh kuman dan bakteri spektrum luas,” ujar dr. Alberta.

Alberta juga mengungkapkan jika kandungan bahan kimia ini juga terdapat pada produk yang sering dipakai setiap hari seperti parfum penyetrika pakaian.

Kandungan Alkyl Dimethylbenzyl ini ternyata ada di dalam Kispray pelembut dan pengharum pakaian. Melalui uji mikrobiologi di IPB (Insititut Pertanian Bogor) sudah dipastikan bahwa Kispray memiliki kandungan yang dapat membunuh berbagai macam kuman dan bakteri dengan tingkat efektivitas 99%.

Nah, supaya pakaian kamu bebas dari virus corona gunakan selalu Kispray ketika menyetrika. Selain itu, juga dapat melembutkan dan membuat pakaian menjadi wangi seperti menggunakan parfum mewah lho.

Related article