April 11, 2013 Artikel

Atasi Bau Tidak Sedap pada Pakaian dengan Cara Ini

Kispray – Seringkali, muncul bau tidak sedap setelah pakaian diangkat dari jemuran. Apalagi, di musim hujan seperti ini. Bau apek seringkali muncul jika pakaian yang dijemur belum sepenuhnya kering. Sudah dicuci bersih, justru malah muncul bau apek. Pasti sangat menyebalkan bukan. Ternyata, bau apek tidak hanya diakibatkan oleh penjemuran pakaian yang belum kering sepenuhnya, cara mencuci pakaian yang salah pun bisa berpengaruh terhadap aroma pakaian nantinya. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk mencuci pakaian kembali karena bau apek yang ditimbulkan tidak bisa ditoleransi. Tentu, akan memakan waktu dan tenaga. Agar terhindar dari hal-hal semacam ini, yuk simak cara menghilangkan bau pada pakaian berikut!

Cara Menghilangkan Bau pada Pakaian

Semua orang pasti akan merasa risih dan kurang percaya diri jika pakaian yang dikenakan ternyata bau apek. Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan bau pada pakaian yang bisa Kamu tiru agar pakaian yang sudah dicuci terhindar dari bau tak sedap.

1. Segera Cuci Pakaian yang Super Kotor

Kebanyakan orang lebih suka menumpuk pakaian kotor di kerajang selama berhari-hari. Bahkan, pakaian yang sangat kotor sekalipun, seperti pakaian yang basah karena keringat. Perlu disadari, kebiasaan buruk seperti ini bisa menyebabkan munculnya bakteri yang menjadi sumber bau tidak sedap.

Sebaiknya, pakaian yang sangat kotor segera dicuci dengan detergen. Jangan dibiarkan menumpuk berhari-hari. Dengan begitu, maka tidak menyebabkan munculnya bakteri.

Baca juga: Tips Agar Pakaian Selalu Wangi Seharian dengan Varian Kispray 

2. Menggunakan Cuka

Kita seringkali kelupaan merendam pakaian sampai berhari-hari. Ada juga pakaian yang disimpan di lemari terlalu lama. Kedua kondisi ini pasti akan membuat pakaian menjadi bau apek. Mencuci dengan detergen saja ternyata tidak cukup untuk melawan bau apek yang ditimbulkan.

Nah, salah satu cara menghilangkan bau pada pakaian yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Larutkan cuka ke dalam ember yang berisi detergen dan air hangat. Lalu, aduk hingga semua tercampur merata. Cuka yang digunakan tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 sendok makan saja.

Selanjutnya, campuran ini digunakan untuk merendam pakaian selama 15-30 menit. Setelah direndam, pakaian dicuci dan dibilas seperti biasanya. Bilas pakaian sampai bersih, minimal sebanyak 3 kali.

3. Tambahkan Pewangi

Agar pakaian semakin wangi, Kamu bisa membilas pakaian dengan cairan pewangi. Tambahkan pewangi pada ember bilasan yang terakhir. Kamu bisa memilih produk pewangi pakaian sesuai selera.

4. Jangan Pernah Tunda Pengeringan

Meninggalkan cucian bersih hingga semalaman, sepertinya sudah menjadi kebiasaan buruk bagi sebagian orang. Padahal, hal ini sangat tidak baik loh. Ruangan mesin cuci yang hangat, gelap, dan tertutup sangat mungkin bagi bakteri atau jamur untuk berkembang. Jadi, jangan tunda untuk mengeringkan cucianmu ya!

5. Segera Jemur Cucian

Cara terbaik untuk menjemur pakaian adalah dengan digantung di bawah sinar matahari. Jadi, pastikan pakaian yang sudah Kamu cuci segera digantung di luar rumah, sehingga sinar matahari dan angin bisa menjangkau bagian pakaian secara menyeluruh. Cara ini wajib dilakukan agar baju tidak lembap yang bisa jadi sarang bakteri.

6. Setrika Baju dengan Pewangi

Agar baju semakin wangi, maka gunakan pewangi pakaian saat Kamu menyetrikanya. Tapi, jangan sesekali menyetrika pakaian jika kondisinya belum kering sempurna ya. Karena, hal ini justru akan membuat bakteri muncul dan pakaian pun jadi bau apek.

7. Rutin Membersihkan Mesin Cuci

Nah, inilah yang seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Membersihkan mesin cuci! Mesin cuci ternyata juga sangat butuh dicuci atau dibersihkan, loh! Coba amati mesin cucimu, terkadang ada tumpukan kotoran di dinding-dinding mesin cuci. Jika menemukan hal semacam ini, sebaiknya segera dibersihkan. Dengan begitu, mesin cuci selalu dalam keadaan bersih dan jauh dari tumpukan kuman atau bakteri.

Nah, itulah cara menghilangkan bau pada pakaian. Dengan menggunakan metode mencuci yang benar, pastinya Kamu tidak akan menemui bau apek lagi. Sebaliknya, pakaian yang sudah selesai dicuci akan sangat wangi.

Baca juga: 6 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik, Wangi & Anti Kusut!

Related article