Februari 17, 2020 Artikel

Apa Benar Virus Corona Bisa Menempel di Pakaian?

Kispray – Tahun 2020 ini diawali dengan merebaknya virus Corona atau Covid-19 yang meluas bahkan hingga ke seluruh dunia. Awalnya, virus tersebut diberitakan di daerah Wuhan, Cina, sampai kemudian menyebar dan sekarang menginfeksi puluhan ribu orang di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Ada lebih dari 70 negara yang sudah benar-benar terinfeksi virus yang satu ini dan setiap hari jumlahnya selalu bertambah.

Beberapa negara mengambil keputusan yang ekstrim dengan cara melakukan lockdown dan melarang masyarakat untuk keluar rumah demi setidaknya mengurangi penyebaran virus Corona ini. Organisasi Kesehatan Dunia atau yang dikenal dengan WHO telah membuat pernyataan mengenai betapa berbahayanya virus ini yang mana penularannya melalui tetesan atau sedikit cairan yang diberi nama droplet.

Bagaimana Penularan Virus Corona?

Droplet merupakan butiran-butiran ludah yang kerap keluar saat seseorang mengalami batuk atau bersin. Tentunya droplet ini bisa juga menempel pada benda-benda mati seperti meja, pegangan pintu, tombol lift, remote dan sebagainya. Apabila ada yang menyentuh permukaan benda atau objek yang terkontaminasi lalu langsung memegang mata, mulut dan hidung tanpa mencuci tangan, maka ia berpotensi terinfeksi virus Covid-19 yang pada akhirnya membuat seseorang itu harus melakukan karantina mandiri atau bahkan isolasi.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa virus Covid-19 juga bisa disapu dengan menggunakan cairan desinfektan. Saat ini, cairan desinfektan pun sering kali disemprot dan digunakan untuk menonaktifkan virus tersebut. Virus Corona sendiri mempunyai selubung atau bisa dikatakan sampul dengan adanya pelindung lapisan lemak. Desinfektan sangat berguna untuk merusak lapisan tersebut yang pada akhirnya dapat membuat virus Corona menjadi lemah.

Bisakah Virus Covid-19 Menempel Pada Kain Pakaian?

Mungkin pertanyaan yang satu ini sudah banyak ditanyakan oleh masyarakat awam. Sejumlah penelitian pun dilakukan untuk mendapatkan bukti terkait apakah virus corona bisa menempel pada pakaian yang kita kenakan atau tidak. Adapun, penelitian tersebut membuahkan hasil. Di mana hasilnya adalah virus Covid-19 memang dapat menempel pada pakaian yang kita kenakan.

Sebagai pelindung tubuh, pakaian dapat menahan tetesan ludah dan kemudian akan mengering seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi hal itu tidak berarti bahwa virus tersebut dapat mati dengan cepat. Ada bahan kain tertentu yang dapat menahan virus Covid-19 lebih lama. Contohnya saja seperti bahan spandex, sementara itu katun menjadi bahan yang lebih rentan oleh virus satu ini.

Cara Mengatasi Virus Corona yang Menempel Pada Pakaian

Karena penelitian yang membuktikan bahwa virus ini dapat menempel pada pakaian, maka dari itu pemerintah menganjurkan kepada setiap masyarakat untuk lebih sering mencuci tangan dan juga pakaian. Terutama setelah bepergian dari luar rumah, jangan melakukan kontak apapun dengan anggota keluarga dan harus langsung membersihkan diri di kamar mandi.

Untuk mencuci pakaian pun lebih disarankan memakai deterjen yang mengandung pemutih. Sebab, konon virus yang berbahaya ini tidak bisa bekerja dengan baik pada kandungan yang keras seperti yang ada pada deterjen. Selain itu, lebih disarankan pula untuk mencuci pakaian tersebut dengan air hangat atau air panas. Hal itu dikarenakan air dengan suhu tinggi mampu membuat virus Corona yang ada pada serat kain menghilang.

Saat ini sudah ada jutaan kasus di seluruh dunia, setiap harinya pun banyak yang meninggal karena virus satu ini. Sehingga, jika memang tidak terlalu penting, ada baiknya kita berada di rumah saja dan melakukan social distancing dengan baik.

Related article