April 29, 2022 Article

Waspada Nyamuk Demam Berdarah di Tempat Ini

Forcemagic – Nyamuk Aedes aegypti menjadi salah satu jenis nyamuk pembawa virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Hal ini sesuai dengan World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa  penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyebaran virus dengue sendiri sangat mudah terjadi di negara dengan iklim topis seperti Indonesia. Bahkan, World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan Indonesia sebagai negara endemis DBD tinggi.

Salah satu cara agar terlindung dari ancaman penularan DBD adalah dengan membersihkan sarang nyamuk. Tanpa disadari, ada beberapa area di dalam rumah yang menjadi tempat favorit bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembangbiak. Untuk meminimalisir potensi terkena penyakit DBD, sarang nyamuk tersebut tentu harus diperhatikan kebersihannya. Lantas, apa saja tempat yang menjadi tempat favorit bagi nyamuk penyebab DBD?

Inilah 5 Tempat Favorit Nyamuk Demam Berdarah Bersarang di Rumah

  1. Tempat Penampung Air

Nyamuk Aedes aegypti menyukai wadah atau tempat penampung air yang bersih untuk meletakkan telurnya. Ketua Indonesian Technical Advosry Group on Immunization, Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, SpA(K) menyatakan bahwa sumber jentik nyamuk adalah di air bersih yang menggenang.

Sementara itu, sebuah studi berjudul Breeding in the Kuching areas, Serawak with Special Reference to the Epidemologi of Dengue Fever menyatakan bahwa nyamuk Aedes aegypti memiliki habitat di tempat penampungan air. Mulai dari bak mandi, tempayan, drum air, ember, vas bunga, kaleng bekas, botol bekas, pangkal daun, potongan bambu, hingga lubang-lubang batu yang berisi air jernih.

  1. Pakaian Tergantung

Saleha Sungkar, Dokter dari Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyatakan bahwa Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang senang berada di sekitar manusia. Hal ini membuat nyamuk Aedes aegypti sering berdiam di area dengan aroma manusia yang kuat. Salah satunya adalah pada tumpukan pakaian yang sudah digunakan dan digantung di belakang pintu.

Baju yang sudah digunakan tersebut memiliki aroma tubuh yang berasal dari keringat manusia, sehingga disukai oleh nyamuk. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Joseph Conlon, seorang medical entomologist serta penasihat untuk American Mosquito Control Association yang menyatakan bahwa salah satu aroma tubuh manusia yang disukai nyamuk adalah saat seseorang selesai berolahraga.

  1. Sudut Rumah yang Gelap

Tempat lainnya yang sering dipilih oleh nyamuk untuk hinggap dan bersarang adalah area yang gelap dan lembap. Contohnya adalah kolong tempat tidur, kolong meja, belakang lemari, dan beberapa area gelap lain yang ada di rumah. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Day, seorang profesor dari University of Florida di bidang medical entomology. Berdasarkan studi tersebut, diketahui bahwa nyamuk memiliki ketertarikan visual terhadap spektrum warna gelap.

  1. Tumpukan Barang

Nyamuk Aedes aegypti memiliki karakteristik yang menyukai tempat lembap dan juga gelap. Barang-barang yang menumpuk di sudut rumah tentu akan menghasilkan area yang lembap dan gelap. Tidak heran jika akhirnya ada banyak nyamuk yang bersarang di area tersebut.

Tumpukan barang seperti mainan anak, barang bekas, buku yang sudah tidak terpakai, dan barang-barang lainnya sebaiknya disimpan dengan cara ditata rapi. Ada baiknya untuk memastikan setiap ruang dan benda di dalam rumah mendapatkan cahaya matahari agar tidak terlalu gelap, sehingga nyamuk tidak menjadikan area tersebut untuk bersembunyi.

  1. Tempat Sampah

Baik disadari atau tidak, tempat sampah juga bisa menjadi area yang paling disukai oleh nyamuk untuk bersarang maupun berkembangbiak. Hal ini terjadi apabila tempat sampah tersebut memiliki genangan air di dalamnya. Cairan yang terdapat di tempat sampah bisa dimanfaatkan oleh nyamuk untuk menetaskan telurnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa tidak ada genangan air di tempat sampah yang ada di rumah. Selain itu, ada baiknya untuk menggunakan tempat sampah tertutup agar tidak menarik hewan lainnya untuk bersarang di sana.

Nah, itulah beberapa tampat di rumah yang sering menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti. Agar bisa terhindar dari potensi penularan penyakit demam berdarah, pastikan untuk memperhatikan kebersihan tempat-tempat tersebut. Jangan biarkan nyamuk bersarang di dalam rumah karena bisa membahayakan kesehatan keluarga tercinta.