Desember 16, 2021 Artikel

Waspada Dampak Buruk Hilang Fokus Saat Berkendara

Amunizer – Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab tinggi dari tingkat kematian. Penyebab terjadi kecelakaan bukan hanya disebabkan teknik mengemudi yang salah, melainkan banyak disebabkan oleh kelalaian pengendara. Kerap ditemukan pengendara yang hilang fokus yang jelas membahayakan nyawa diri sendiri atau orang lain. Maka dari itu berikut akan dibagikan tips agar pengendara tetap fokus dalam berkendara.

Tips Agar Tetap Fokus Dalam Berkendara

Mengemudi dalam Keadaan Sehat

Fokus berkendara sangat penting dalam menunjang keselamatan. Oleh karena itu pastikan bahwa Anda tidak hilang fokus saat mengemudi. Caranya dapat di mulai dari menjaga kesehatan pengemudi. Pastikan bahwa pengendara dalam keadaan sehat. Jikalau merasa tidak enak badan lebih baik jangan memaksakan untuk menyetir terlebih dahulu takut fokus tidak terjaga.

Tidak Mengantuk

Fokus pengemudi memang harus ditekankan. Mengantuk menjadi penyebab banyak orang mengalami kecelakaan. Mencegah kejadian demikian maka alangkah lebih baik untuk beristirahat secara cukup sebelum memulai berkendara. Bila memang mulai merasa lelah atau mengantuk maka ada baiknya stop sejenak untuk meluangkan waktu demi bisa beristirahat.

Tidak Sambil Bercanda

Anda pasti pernah melihat pengendara yang bersenda-gurau sembari menyetir. Keadaan ini mungkin terlihat sepele namun sangat membahayakan. Tertawa-tawa bersama rekan ketika mengemudi sangat membahayakan. Sebab fokus pengendara menjadi terbagi. Belum lagi jika aktivitas sampai menimbulkan gerakan-gerakan tertentu. Maka dari itu ada baiknya tidak terlalu banyak bersenda-gurau saat berkendara.

Jangan Memainkan Ponsel

Beberapa dari Anda mungkin memiliki banyak kesibukan. Bahkan saat menyetir pun harus sambil memainkan handphone. Padahal keadaan tersebut tidaklah baik untuk dilakukan. Bermain smartphone ketika sedang berkendara jelas membahayakan. Sebab fokus pengendara menjadi terbagi dua. Potensi pandangan menjadi terbagi sehingga membahayakan juga untuk kendaraan lain. Maka dari itu jika memang penting maka lebih baik berhenti sejenak.

Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum bepergian, penting sekali untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu. Artinya Anda mengecek kondisi serta kendaraan sebelum digunakan. Pastikan setiap komponen atau mesin dalam kondisi prima. Tujuan dilakukan ini sangat jelas agar fokus ketika berkendara dapat di tingkatkan. Lebih dari itu, perjalanan pengendara pun akan lebih mulus tanpa terganggu kejadian yang tidak diharapkan.

Mengemudi Sembari Makan

Satu kesalahan lagi yang dapat menjadi penyebab hilang fokus. Mengemudi sembari makan atau minum jelas tidak boleh dilakukan. Aktivitas demikian jelas membahayakan diri sendiri serta orang lain. Sebab konsentrasi pengendara akan terbelah. Fokus pandangan pun menjadi buyar dan membahayakan keselamatan. Jika memang lapar maka ada baiknya berhenti sejenak.

Itulah beragam tips agar tetap fokus dalam berkendara. Bagaimana pun pengendara harus tetap fokus demi menjaga keselamatan. Segala kemungkinan buruk dapat di atasi mulai dari tindakan sepele. Selalu ingat juga bahwa keluarga di rumah menanti kehadiran Anda.

Supaya tetap fokus saat berkendara selain melakukan tips diatas, kamu juga bisa menambah stamina supaya tetap fokus dengan cara minum Proman Energenesis. Minuman energi dari Enesis Grup ini memiliki kandungan vitamin B Complex, kafein dan panax ginseng yang dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga menjadi lebih bersemangat.

Related article