wanita minum obat
Januari 20, 2023 Artikel

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C 1000 mg? Simak Aturannya

Amunizer – Mengetahui waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg adalah suatu hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Ya, tubuh membutuhkan asupan suplemen secara tepat agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, salah satunya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Berbagai manfaat antioksidan dari vitamin C bisa kamu dapatkan di antaranya seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan, serta menangkal infeksi.

Nah, untuk mengetahui dosis dan kapan waktu yang tepat konsumsi vitamin C, simak selengkapnya pada ulasan berikut!

Siapa yang Disarankan Minum Vitamin C?

Sebelum mengulas tentang kapan waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg, kamu perlu tahu lebih dulu mengenai siapa saja yang membutuhkannya.

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya untuk menjaga daya tubuh.

Mengingat tubuh tidak memproduksi vitamin C, maka kamu perlu memperolehnya dari berbagai makanan sehat seperti jeruk, berry, tomat, sayuran, ataupun suplemen.

Akan tetapi, terdapat sejumlah orang yang cenderung rentan kekurangan vitamin C, diantaranya:

  • Lanjut usia.
  • Sedang menjalani diet ketat.
  • Tidak banyak mengonsumsi buah dan sayuran.
  • Mengidap penyakit saluran cerna seperti irritable bowl syndrome (IBS), gastroesophageal reflux disease (GERD), atau jenis kanker tertentu.
  • Perokok aktif maupun pasif.
  • Orang dengan penyakit peradangan gusi, asma, infeksi, atau penyakit vaskular.

Dosis Minimal Vitamin C Harian

Berdasarkan US Office of Dietary Supplements, total asupan vitamin C harian yang disarankan ialah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa.

Dosis yang disarankan untuk perokok yakni dosis harian ditambahkan sebanyak 35 mg. Sedangkan, menurut Harvard Health Publishing, ibu hamil dan menyusui memerlukan 120 mg asupan vitamin C setiap hari.

Dosis harian vitamin C anak dibagi berdasarkan usia. Dosis vitamin C harian untuk anak-anak berusia 4 – 8 tahun adalah 25 mg, anak 9 – 13 tahun adalah 45 mg, dan remaja 14 – 18 tahun adalah 75 – 80 mg.

Dengan catatan, berbagai dosis di atas tidak berlaku jika kamu mempunyai masalah kekurangan vitamin C dalam tubuh.

Untuk mengetahui dosis yang tepat, kamu sebaiknya mengkonsultasikan kondisi tersebut bersama dokter.

Baca juga: 8 Rekomendasi Jus Buah yang Kaya Vitamin C, Menyehatkan!

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C 1000 mg?

Jika berbicara tentang kapan waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg, maka jawabannya ialah ketika kamu sedang sakit, atau dalam masa pemulihan operasi.

Pasalnya, dalam kondisi tersebut, kamu akan memerlukan asupan vitamin C dalam jumlah cukup besar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara intensif.

Namun, jika kamu sedang sehat dan daya tahan tubuh normal, maka konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari tidak begitu dibutuhkan.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara konsumsi vitamin C yang benar? Berikut rekomendasinya.

1. Konsumsi Sebelum dan Sesudah Makan

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang bersifat larut dalam air, sehingga sangat baik diserap dalam keadaan perut kosong.

Maka dari itu, waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg adalah di pagi hari, tepatnya 30 menit sebelum atau 2 jam setelah makan.

2. Konsumsi dengan Makanan Jika Terasa Mual

Jika kamu mengidap maag atau tidak bisa mengonsumsi sesuatu bersifat asam ketika perut kosong, maka waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg adalah bersamaan dengan makanan.

Hal ini membantu mengurangi efek samping pada saluran cerna yang diakibatkan oleh tingkat asam tinggi dari vitamin C sehingga perutmu akan terasa lebih nyaman.

3. Jangan Minum Vitamin C Sebelum di Malam Hari

Bagi sebagian orang, mengonsumsi vitamin di malam hari membuat tidur jadi kurang nyenyak. Namun sebetulnya, belum ada penelitian yang menjelaskan hal tersebut secara pasti.

Meski demikian, apabila kamu merasa minum vitamin di malam hari bisa mengganggu tidur, maka cobalah konsumsi di pagi hari saja.

Selain karena penyerapan nutrisi jadi lebih baik, ini juga untuk menghindari potensi masalah tidur. Namun efek samping yang ditimbulkan pada setiap orang akan berbeda beda. 

Itu dia penjelasan seputar kapan waktu terbaik minum vitamin C 1000 mg dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 

Asupan vitamin C terbaik bisa didapatkan dari bahan makanan, seperti lemon, jeruk, brokoli, stroberi, dan paprika merah.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Amunizer, ramuan herbal yang mengandung vitamin C 1000 mg, zinc, dan bahan alami lainnya seperti Elderberry, Forsythia, Phyllanthus, dan Lonicera.

Berbagai kandungan Amunizer tersebut akan membantu menjaga daya tahan tubuh secara intensif agar kamu tidak mudah sakit serta terhindar dari berbagai virus dan infeksi bakteri.

Amunizer tersedia dalam dua variant, yaitu botol dan sachet yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Dapatkan Amunizer di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, hingga JD.ID. Healthy product for healthy family!

Baca juga: Inilah 8 Minuman yang Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh, Catat!

Related article