April 29, 2022 Article

Waktu Terbaik Mengonsumsi Minuman Suplemen

Proman – Rutinitas sehari-hari yang super padat tentu sering membuat tubuh terasa lelah dan tidak bersemangat. Asupan gizi yang seimbang dan olahraga teratur seringkali belum cukup untuk membantu mengembalikan stamina yang hilang. Mengonsumsi minuman suplemen bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin meningkatkan stamina tubuh karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Jangan terkecoh dengan mitos yang beredar bahwa minuman berenergi itu berbahaya. Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa minuman berenergi aman untuk dikonsumsi asalkan sesuai dengan anjuran penggunaan yang tertera dalam kemasan. Jadi, tidak semua energy drink itu berbahaya karena ada produk yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi minuman suplemen? Berikut penjelasannya.

Inilah Waktu Terbaik Mengonsumsi Minuman Suplemen

Dianggap dapat meningkatkan energi dan stamina, minuman berenergi diandalkan oleh banyak orang untuk mendukung berbagai aktivitas. Meskipun aman dikonsumsi, namun jenis minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, minuman berenergi termasuk jenis minuman hipertonik dengan kandungan glukosa tinggi. Meskipun ada juga energy drink yang tidak mengandung gula.

Menurut Dana Ryan, Director Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition, gula pada minuman energi tidak buruk jika dikonsumsi dengan benar sesuai penggunaan fungsionalnya. Sementara itu, Elvina Karyadi, Dokter Spesialis Gizi, menyatakan bahwa minuman berenergi boleh dikonsumsi hanya sesekali. Minuman ini sebaiknya hanya dikonsumsi saat tubuh lelah atau ketika tubuh membutuhkan tambahan energi. Salah satunya adalah ketika sedang melakukan aktivitas olahraga intens.

Minum air putih sangat penting ketika sedang berolahraga. Namun, tubuh seringkali membutuhkan asupan lebih dari sekedar air putih jika aktivitas olahraga yang dilakukan sangat intens. Untuk itu, dibutuhkan asupan minuman berenergi apabila aktivitas olahraga benar-benar menguras stamina. Minuman berenergi memang dirancang untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, kandungan gula dan kafein pada minuman berenergi juga dapat membantu meningkatkan stamina.

Minuman berenergi sebaiknya hanya dikonsumsi saat melakukan olahraga intens di atas 60 menit. Aktivitas olahraga ringan di bawah 60 menit tidak memerlukan asupan minuman berenergi karena cairan tubuh dapat terpenuhi hanya dengan minum air putih saja. Sementara jika olahraga dilakukan dengan intensitas tinggi di atas 60 menit, maka tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan dan elektrolit.

Dana Ryan juga menyatakan bahwa minuman suplemen dengan kandungan karbohidrat dan elektrolit dapat meningkatkan kinerja atletik. Caranya adalah dengan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi serta meningkatkan gula darah. Hal ini akan mencegah terjadinya kelelahan serta kekurangan tenaga yang disarakan pada saat olahraga intens.

Selain dapat dikonsumsi saat melakukan olahraga intens, minuman energi juga bisa dikonsumsi apabila aktivitas sedang padat dan menguras banyak stamina. Padatnya aktivitas sehari-hari nyatanya sering membuat tubuh kelelahan. Agar aktivitas tidak terganggu, maka mengonsumsi minuman energi bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan mengonsumsi minuman energi, maka stamina tubuh tetap terjaga, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan secara efektif.

Selain itu, minuman energi juga dapat dikonsumsi apabila tubuh membutuhkan tambahan stamina untuk melakukan aktivitas tertentu. Mulai dari mengemudikan kendaraan dalam waktu lama, perjalanan ke luar kota malam hari, mengikuti kegiatan touring, dan aktivitas lain yang membutuhkan banyak stamina. Namun, pastikan untuk mengonsumsi minuman energi yang aman dikonsumsi.

Nah, salah satu suplemen minuman yang aman dikonsumsi adalah Proman Energenesis. Minuman energi dari Enesis Group ini diperkaya dengan panax ginseng, gula, vitamin, dan kafein dalam komposisi yang sesuai dengan standar. Kombinasi bahan yang terkandung di dalamnya membuat minuman energi ini mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Agar lebih aman dikonsumsi, pastikan untuk mengonsumsi minuman energi ini pada waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak mengonsumsinya setiap hari agar lebih aman bagi kesehatan.