Juni 20, 2022 Artikel

Tips Menghilangkan Sakit Kepala Ringan Saat Beraktivitas

Plossa – Aktivitas yang sangat padat sudah menjadi kehidupan harian bagi masyarakat di kota besar. Disinilah mereka sering mengalami sakit kepala ringan yang cukup mengganggu. Beberapa dari mereka tidak menganggapnya dan segera beristirahat, namun sebagian dari mereka  langsung menyudahi sakit kepala dengan obat penghilang rasa sakit atau obat pusing yang dijual bebas.

Padahal, sakit kepala tidak dapat serta merta hilang keesokan harinya jika hari ini seseorang meminum obat sakit kepala. Hal ini masih akan terjadi apabila penyebab utama dari sakit kepala tersebut belum teratasi.  Sakit kepala yang masih dapat diatasi dengan mudah tanpa obat adalah indikasi dari beberapa hal yang sering diabaikan penduduk di kota besar.

Gaya Hidup yang Memicu Sakit Kepala Ringan

Siapapun dapat mencegah sakit kepala saat beraktivitas secara mudah. Asal, mereka mengubah gaya hidup. Hal pertama yang harus dilakukan adalah rajin berolahraga.  Saran ini memang saran pertama dan utama yang justru paling sering diabaikan siapa saja. Padahal mereka yang jarang olahraga memang memiliki kans terpapar sakit kepala saat beraktivitas karena peredaran darah yang tidak lancar.

Gaya hidup berikutnya yang tak kalah penting adalah tidur cukup dan berkualitas. Upayakan jam yang sama untuk jam tidur dan jam setiap harinya. Orang dewasa pun perlu memperhatikan jumlah jam tidur, dimana minimal mereka tidur enam jam perhari. Jika memang memungkinkan, delapan jam sehari juga sangat ideal.

Yang tak kalah penting dan juga sering dilanggar adalah pola makan sehat. Selain asupan makanan padat gizi, makan teratur juga dapat mengatur metabolisme tubuh.  Metabolisme lancar dapat mengurangi sakit kepala yang muncul karena tubuh yang tidak mencerna makanan secara teratur.

Penyebab Sakit Kepala Konstan

Studi neuroimaging pernah dilakukan dimana sakit kepala yang terjadi pada kegiatan sehari-hari terjadi karena hipereksitabilitas pada sel saraf tertentu di batang otak serta korteks. Selain itu,  hal ini terjadi juga karena sensitivitas yang berlebihan dari saraf trigeminal, yang merupakan bagian dari sistem saraf yang terkait erat dengan sentuhan dan suhu di wajah dan kepala.

Sakit kepala yang dirasakan secara terus menerus dapat terjadi karena beberapa faktor yang sempat disebutkan diatas. Namun, perlu diketahui bahwa stress juga menjadi salah satu pemicu utama.  Tidak hanya sakit kepala setiap hari, tetapi juga dapat memicu sakit kepala kronis.

Fungsi Kafein

Kafein ini memang terkandung dalam kopi, teh, dan obat nyeri yang dijual bebas. Pada kenyataannya, kafein merupakan stimulan yang punya peran besar fungsi otak.  Mereka yang sering mengkonsumsi kopi menganggap kopi sebagai penyelamat mereka dari serangan sakit kepala. Bahkan, mereka pasti mengalami sakit kepala jika mereka berhenti mengonsumsi kafein.

Tentunya, kafein tidak dapat dikonsumsi berlebihan.Gangguan kesehatan yang mungkin terjadi adalah jantung yang berdebar-debar terus menerus, tekanan darah tinggi, dan berkurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Aktivitas Lancar Bebas Sakit Kepala

Jika Anda salah satu orang sibuk yang tidak ingin terganggu sakit kepala terus menerus, tentu Anda sudah tahu cara mencegahnya. Cukup dengan kedisiplinan diri dalam menjaga gaya hidup. Selain itu, gaya hidup sehat juga harus dilakukan secara konsisten.

Sakit kepala ringan memang tidak mengganggu jika tidak terjadi setiap hari dan dalam waktu lama. Disinilah pentingnya olahraga teratur. Olahraga tidak perlu terlalu berat, namun rutin dan intens sehingga mengurangi kemungkinan pusing berlebih karena tubuh yang terforsir.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit kepala saat beraktivitas yaitu menggunakan Plossa Press & Sooth Aromatics. Kandungan eucalyptus oil dan bahan aktif cineol dapat mengatasi sakit kepala ringan yang Anda rasakan.

Anda oleskan roll on Plossa pada bagian kepala yang terasa sakit. Lalu pijat menggunakan ujung tutup Plossa secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa menghirup inhealer Plossa untuk mengatasi hidung tersumbat dan juga memberikan rileksasi pada tubuh.

Related article