Juli 12, 2022 Artikel

Tips Memulihkan Stamina Tubuh Setelah Sembuh dari Sakit

Amunizer – Setelah terbaring lama di tempat tidur akibat sakit, kamu tentu perlu memulihkan stamina tubuh. Meskipun sudah sembuh dari sakit, tubuh memang belum sepenuhnya pulih 100%. Biasanya, seseorang masih merasa lemas atau kurang bersemangat setelah sembuh dari sakit. Namun, rasa lemas tersebut harus dilawan sedikit demi sedikit agar tubuh bisa segera bebas dari masa pemulihan pasca sakit.

Selama menjalani masa pemulihan, tubuh tentu membutuhkan adaptasi kembali untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mempercepat proses pemulihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar stamina tubuh cepat meningkat. Lalu, bagaimana tips memulihkan stamina setelah tubuh setelah sembuh dari sakit? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Inilah 5 Tips Memulihkan Stamina Tubuh Setelah Sembuh dari Sakit

  1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih bukan hanya perlu dilakukan pada saat tubuh sedang tidak fit saja. Sebaliknya, minum air putih merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Pasalnya, tubuh sangat membutuhkan asupan cairan dari air putih agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Apalagi, lebih dari 60% tubuh manusia adalah terdiri atas atas, sehingga kebutuhan cairan bagi tubuh memang cukup tinggi.

Pada dasarnya, kebutuhan air putih pada setiap orang berbeda. Sebab, kebutuhan asupan air putih tergantung dari jenis kelamin, aktivitas, tempat tinggal, serta usia. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, standar air putih yang harus dikonsumsi oleh wanita dewasa adalah 2,7 liter per hari, sementara standar kebutuhan air putih bagi pria dewasa adalah 3,7 liter per hari.

  1. Jaga kualitas tidur

Memulihkan stamina tubuh setelah sembuh dari sakit juga bisa dilakukan dengan menjaga kualitas tidur. Dengan kata lain, seseorang yang baru sembuh dari sakit harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat. Stamina tubuh bisa semakin menurun jika memiliki kualitas tidur yang buruk.

Maka dari itu, pastikan untuk tidak tidur larut malam karena bisa membuat stamina tubuh semakin menurun setelah sembuh dari sakit. The Sleep Health Fondation menyatakan bahwa orang dewasa harus tidur malam dengan durasi selama 7 – 9 jam setiap hari.

  1. Penuhi asupan makanan bergizi

Untuk menghilangkan rasa lemas setelah sembuh dari sakit, sangat penting untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi. Contohnya adalah sayur dan buah-buahan, seperti papaya, tomat, bayam, wortel, brokoli, semangka, dll. Asupan nutrisi dari buah dan sayur sangat berperan untuk membantu mempercepat pemulihan sistem imun tubuh. Jika sistem imun tubuh sudah putih, maka tubuh akan kembali terlindungi dari serangan virus maupun bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit.

  1. Lakukan yoga dan meditasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh setelah sembuh dari sakit adalah mengikuti yoga dan meditasi. Langkah ini diutamakan bagi seseoang yang mengalami sakit akibat stres yang tidak terkelola dengan baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Evidence-based Complementary and Alternatuve Medicine melaporkan bahwa partisipan yang hadir di kelas yoga dan meditasi selama 6 minggu terbukti mengalami perbaikan secara signifikan dalam hal daya tahan.

  1. Lakukan olahraga rutin

Setelah sembuh dari sakit, rasanya berat sekali untuk memulai berolahraga. Meski begitu, beri dorongan pada diri sendiri untuk dapat melakukan aktivitas fisik. Sebab, aktivitas fisik seperti olahraga bisa membantu memulihkan stamina tubuh setelah sakit. Karena stamina tubuh belum kembali penuh, maka tidak perlu memilih olahraga berat.

Cukup lakukan olahraga ringan saja, seperti jogging, jalan pagi, atau bersepeda. Seorang peneliti dari Hopkins University School of Medicine menyatakan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secara konsisten bisa meningkatkan semangat serta kualitas hidup secara menyeluruh. Dengan rutin berolahraga setelah sembuh dari sakit, maka stamina tubuh bisa kembali pulih seperti sedia kala.

Itu dia beberapa cara memulihkan stamina tubuh setelah sembuh dari sakit. Jika kamu juga baru saja sembuh dari sakit tertentu, sebaiknya lakukan lima tips di atas agar stamina tubuh bisa kembali meningkat. Setelah stamina tubuh bertambah, maka aktivitas sehari-hari bisa kembali dijalani dengan penuh semangat.

Related article