Juni 20, 2022 Artikel

Ternyata Makanan Ini Bisa Menyebabkan Ngantuk

Amunizer – Pernah mengalami ngantuk beberapa saat setelah makan? Sepertinya, hal ini memang hampir dialami oleh semua orang, terutama setelah menyantap makan siang. Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan tubuh mengantuk setelah makan? Pada dasarnya, munculnya rasa ngantuk setelah makan merupakan hal yang wajar karena merupakan hasil alami dari proses pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat tertentu dari makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan tubuh lebih mudah mengantuk. Lalu, apa saja makanan yang bisa menyebabkan ngantuk? Yuk, simak ulasan berikut!

Inilah 5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Ngantuk

  1. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Tanpa disadari, makan pisang ternyata bisa menyebabkan tubuh lebih mudah mengantuk. Ternyata, hal ini dikarenakan adanya kandungan magnesium dan potassium di dalam pisang yang akan membuat tubuh mudah mengantuk serta membantu relaksasi otot. Pisang juga merupakan buah yang mengandung triptofan, yaitu zat yang mampu menenangkan serta mengatur melatonin dan serotonin agar tubuh lebih cepat tidur.Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Research and Medical Sciences menjelaskan bahwa magnesium berdampak positif bagi kualitas tidur orang dewasa yang mengalami insomnia.

  1. Daging Ayam

Mengonsumsi daging ayam juga bisa menyebabkan tubuh lebih mudah mengantuk. American Sleep Association menyatakan bahwa daging ayam adalah makanan yang bisa membuat tubuh cepat tidur nyenyak karena adanya kandungan triptofan di dalamnya. Triptofan sendiri merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin. Pada tubuh, serotonin berfungsi untuk meningkatkan mood dan rileks. Sementara itu, melatonin merupakan hormone yang mengatur siklus tidur.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan sumber probiotik yang sehat dan kaya akan protein. Namun, yogurt yang dijual di pasaran seringkali ditambahkan dengan sirup dengan fruktosa atau gula yang tinggi. Menurut Frontiers in Behavioral Neuroscience, setelah masuk ke dalam tubuh, makanan manis seperti gula akan menurunkan aktivitas sel orexin yang membantu mengatur sifat mental tubuh, termasuk gairah dan terjaga. Inilah penyebab kenapa mengonsumsi yogurt bisa menjadi penyebab kelesuan dan rasa ngantuk.

  1. Nasi Putih

Merasa ngantuk setelah mengonsumsi makanan berat seperti nasi sepertinya sepertinya sering dialami oleh semua orang. Nasi merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan rendah lemak, sehingga dikelompokan sebagai makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Sebuah studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Plus One Journal membuktikan bahwa konsumsi nasi berkaitan dengan meningkatnya kualitas dan durasi tidur menjadi lebih lama.

  1. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang sering dimanfaatkan untuk membantu mengatasi insomnia. Pasalnya, buah yang mengandung nutrisi seperti vitamin C dan asam folat ini dapat membuat tubuh mengantuk. Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa sebanyak 42% peserta penelitian dapat tidur lebih cepat setelah mengonsumsi 2 buah kiwi secara rutin setiap 1 jam menjelang tidur pada malam hari. Alasan kenapa buah kiwi dapat menyebabkan rasa kantuk adalah karena mengandung serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat mengatur siklus tidur.

Itu dia 5 jenis makanan yang bisa menyebabkan ngantuk. Beberapa penelitian lainnya mengungkapkan bahwa makanan seperti walnut, ikan berlemak, almond, kacang, dan keju juga dapat menyebabkan rasa ngantuk setelah mengonsumsinya. Untuk mengatasi rasa ngantuk saat beraktivitas, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan minum Proman Energenesis. Kandungan Proman akan membantu tubuh lebih berenergi, meningkatkan stamina dan daya tahan, serta terhindar dari rasa ngantuk berlebihan. Dengan minum Proman, maka aktivitas sehari-hari bisa lebih lancar karena tubuh selalu segar.

Related article