Juli 12, 2021 Artikel

Susah Buang Air Besar, Tanda Imun Tubuh Kamu Melemah

Vegeta Herbal – Menurunnya kemampuan tubuh dalam melawan virus, bakteri, serta benda asing lainnya tentu bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Nah, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyakit inilah yang disebut dengan sistem imun. Saat sistem imun melemah, maka tubuh tidak mampu mempertahankan diri dari berbagai macam ancaman kesehatan.

Imun tubuh yang melemah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari stres, kurang olahraga, kurang tidur, dehidrasi, kurang asupan nutrisi, dan beberapa faktor lainnya. Sistem kekebalan tubuh yang melemah juga bisa dilihat dari beberapa tanda atau gejala yang muncul. Nah, salah satu gejala tersebut adalah susah buang air besar.

Peran Sistem Imun dalam Melancarkan Buang Air Besar

Secara umum, tanda bahwa sistem imun tubuh sedang melemah adalah gampang sakit. Tidak bertenaga, gampang stres, luka sulit sembuh, badan terasa pegal, berjerawat, dan depresi juga merupakan beberapa tanda sistem imun tubuh melemah. Selain itu, melemahnya sistem imun tubuh juga bisa diketahui melalui munculnya gejala susah buang air besar atau sembelit.

Ya, banyak sekali kasus melemahnya sistem imun yang menyebabkan terjadinya sembelit. Sembelit sendiri merupakan kondisi dimana tubuh sulit mengeluarkan feses pada saat buang air besar. Hal ini terjadi karena feses tersebut sangat keras dan kering, sehingga sulit untuk dikeluarkan. Tentu saja, masalah sembelit sangat berkaitan erat dengan menurunnya fungsi sistem pencernaan.

Saluran pencernaan sendiri sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh. Bahkan, dapat dikatakan bahwa saluran pencernaan yang sehat menunjukkan sistem imun tubuh yang kuat. Mengapa? Hal ini karena sekitar 70% komponen sistem imun terletak pada jaringan usus. Maka dari itu, terjadinya gangguan kesehatan pada usus tentu akan berpengaruh terhadap peran sistem imun dalam tubuh.

Usus memiliki bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Bakteri baik inilah yang berperan untuk mengaktifkan sistem imun tubuh dengan berbagai cara atau mekanisme. Jika saluran pencernaan dalam kondisi baik, maka proses penyerapan nutrisi dari makanan akan berjalan maksimal. Nutrisi dari makanan tersebut membawa zat-zat yang dibutuhkan oleh bakteri probiotik untuk menunjang fungsi sistem imun tubuh. Saat nutrisi terpenuhi, maka daya tahan tubuh menjadi semakin kuat.

Terjadinya masalah pada saluran pencernaan akan menyebabkan jumlah bakteri baik atau probiotik pada usus menurun. Akibatnya, mekanisme penyerapan nutrisi pada usus akan terganggu. Jika sudah begitu, maka otomatis beberapa komponen sistem imun dalam usus juga mengalami gangguan. Hal ini kemudian menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Susah buang air besar merupakan pertanda bahwa fungsi usus sedang mengalami gangguan. Usus tidak mampu mendorong sisa makanan menuju anus dengan mudah. Sisa makanan yang telah menjadi feses akan bertahan lebih lama di dalam usus besar. Akibatnya, feses menjadi lebih kering dan keras. Jika hal ini terjadi, maka harus mengejan lebih keras untuk dapat mengeluarkannya.

Jika fungsi usus terganggu, maka sudah pasti bahwa sistem imun di dalam tubuh juga menurun. Hal ini karena sebagian besar komponen sistem imun tubuh terdapat di dalam jaringan usus. Maka dari itu, jika kita mengalami sembelit, maka bisa dipastikan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Saat hal ini terjadi, maka harus segera diatasi agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

Itulah alasan mengapa susah buang air besar bisa menjadi tanda bahwa sistem imun tubuh melemah. Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan sistem imun. Caranya adalah dengan mengatasi sembelit itu sendiri agar usus bisa berfungsi dengan normal kembali.

Sembelit sendiri bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, memperbanyak minum air putih, rajin berolahraga, serta mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, masalah sembelit juga bisa diatasi dengan minum Vegeta Herbal.

Minuman herbal yang diproduksi oleh Enesis Grup ini memiliki kandungan kombinasi serat, laksatif alami dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami dan berfungsi untuk melancarkan buang air besar yang sudah macet.

Related article