Mei 30, 2021 Artikel

Resep Olahan Es Jeruk yang Kaya Serat

Scrubber – Kamu harus jujur deh, apa saja yang membuat kamu bisa happy kalau sedang cuaca panas? Salah satunya bikin minuman dingin, pasti bikin kamu terasa segar walau hanya kamuflase sih. Kalau dibandingkan dengan minuman lain, memang bikin seger sih namun hanya manis doang. Resep olahan es jeruk ini ternyata kaya akan nutrisi seperti vitamin C, serat, dan lainnya.

Saat ini sudah banyak sekali resep olahan es jeruk selain manis dan segar juga kaya akan serat. Kandungan serat ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan loh. Kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa resep kreasi es jeruk yang segar dan bernutrisi tinggi.

  1. Kenali dulu jenis jeruk yang bisa dibuat olahan agar nggak keliru

Kalau kamu ingin membuat es juruk yang segar dan kaya serat kamu bisa menggunakan jeruk kunci, jeruk siam, jerum mikam, dan jeruk kasturi. Kalau kamu ingin buat wedang bisa gunakan jeruk nipis.

  1. Resep jeruk peras ala pedagang kaki lima yang super simpel

Kalau kamu sudah bisa bedain jeruk yang digunakan untuk minuman, kali ini akan dijelaskan resep membuat jeruk peras yang segar ala pedagang kaki lima. Pertama kamu perlu siapkan bahan-bahannya seperti :

  1. 5 buah jeruk peras, kalau ingin lebih segar gunakan jenis jeruk kasturi
  2. Gula secukupnya
  3. Air dan es batu secukupnya

Proses membuatnya seperti berikut ini :

  1. Silahkan larutkan gula dulu dengan air panas. Sambil mendinginkan kamu bisa memeras jeruk kasturinya.
  2. Selanjutnya campur perasan jeruk dengan air es dan air gula secukupnya. Aduk sampai merata, untuk gula kamu bisa gunakan sesuai selera ya. Diminum selagi es batu belum mencair pasti menyegarkan.
  3. Resep Es Jeruk Selasih

Kalau kamu ingin bikin es jeruk yang lebih menyegarkan kamu bisa mencoba resep yang satu ini. Seperti biasa silahkan siapkan bahan-bahannya :

  1. 5 buah jeruk kasturi
  2. Gula pasir secukupnya
  3. Air secukupnya
  4. Es batu secukupnya
  5. 1 sdt selasih

Proses pembuatannya seperti berikut ini :

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merendam biji selasih dengan air hangat. Silahkan tunggu sampai biji selasih mengembang.
  2. Larutkan gula pasir dengan air hangat, sambil menunggu dingin kamu bisa peras jeruknya. Setelah itu kamu bisa campurkan air gula dengan perasan jeruk sampai merata. Tambahkan juga es batu sesuai selera.
  3. Tahap terakhir silahkan tuangkan biji selasih pada es jeruk dan aduk secara merata.
  4. Es jeruk segar kaya serat siap disajikan dan rasakan kesegarannya.

Itulah beberapa resep es jeruk yang segar dan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Resep-resep ini bisa kamu coba sendiri di rumah pastinya lebih sehat karena bahannya terjamin higienis. Selain itu kamu bisa mengatur sendiri berapa takaran gulanya, pastinya kamu akan nikmati es jeruk pelepas dahaga yang menyehatkan.

Related article