perut mules bab tidak keluar
Maret 20, 2021 Artikel

Perut Mules Tapi BAB Tidak Keluar, Ikuti Tips Ini!

Vegeta Herbal Pasti kebanyakan orang pernah mengalami perut mules ingin buang air besar, namun kotoran tidak dapat dikeluarkan. Seringkali hal tersebut membuat tidak nyaman dan tak jarang membuat perut malah semakin sakit. Beberapa orang juga masih belum tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi apabila terjadi hal seperti itu. Oleh karena itu, apabila Anda merasakan perut mules tapi BAB tidak keluar, ikuti tips ini.

Tips Ketika Perut Mules Tapi BAB Tidak Keluar

1. Minum Kopi

Menurut berbagai riset yang pernah dilakukan, kopi mempunyai kandungan kafein yang mampu memicu sebuah kontraksi pada usus. Sehingga, akan timbul hormone tertentu yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran dengan mudah. Dalam sebuah studi yang juga pernah dilakukan, menunjukkan bahwa sepertiga partisipan menyatakan keinginan untuk buang air besar dalam 20 menit setelah meminum kopi.

2. Minum Air Hangat

Ketika perut mules namun sulit buang air besar, cobalah untuk minum air putih yang masih hangat. Hal tersebut karena air putih hangat dapat menstimulasi sistem pada pencernaan Anda. Gerakan peristaltik akan terjadi, yaitu proses yang dapat menyebabkan otot usus mendorong tinja menuju rektum. Namun, bila dibandingkan dengan minum kopi, masih lebih efektif kopi. Tapi tidak ada salahnya juga bila Anda mencoba cara yang satu ini.

Baca Juga: Susah Buang Air Besar? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

3. Membayangkan Sesuatu Hal

Teknik imajinasi juga ampuh dilakukan saat Anda merasa mules tapi kesulitan buang air besar. Misalnya saja, Anda membayangkan ada salah satu bagian tubuh yang sedang menahan air, lalu perlahan-lahan Anda membukanya, setelah itu keluarkan dengan banyak yang Anda inginkan. Dengan begitu, akan terjadi suatu koneksi yang terjadi antara pikiran dengan tubuh.

4. Bangun Lebih Awal

Apabila Anda merasa hari ini perut mules tetapi tidak dapat buang air besar, maka keesokan harinya pastikan untuk bangun lebih awal. Hal tersebut karena pada malam hari sedang terjadi proses pencernaan di dalam tubuh. Lalu sisa-sisa dari pencernaan tadi malam akan dibuang pada pagi harinya. Jika Anda kesiangan bangun, maka sinyal untuk buang air besar pada pagi hari pun akan mati.

5. Pijat Perineum

Cara efektif selanjutnya yang harus Anca coba ketika perut merasa mules namun sulit buang air  besar yaitu pijat perineum. Pijat perineum secara lembut ini bisa Anda lakukan apabila keempat cara yang sudah disebutkan diatas tidak juga berhasil. Perineum merupakan sebuah pembatas anus dan penis atau vagina. Dalam penelitian, pijakan lembut pada perineum bisa merilekskan lubang anus yang membuat fese akan mudah dikeluarkan.

Jadi, jika Anda mengalami masalah seperti perut mules tapi BAB tidak keluar, silahkan ikuti tips yang ada di atas. Jangan melakukan berbagai cara diatas dengan asal-asalan, agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Sehingga, manfaat yang didapatkan juga baik.

Baca Juga: Minuman Herbal Alami untuk Masalah Buang Air Besar

Related article