kanker usus besar
May 31, 2021 Article

Peran Penting Usus dalam Menjaga Imunitas Tubuh

Scrubber – Di era pandemi seperti saat ini virus corona terus menyebar menghantui siapa saja yang merasa takut. Duh menyeramkan bukan? Hal itulah yang menyebabkan tingkat kepanikan yang luar biasa. Tenang, jangan panik dulu, kamu bisa meminimalisir semuanya dengan memiliki sistem imun yang kuat.

Setiap orang ternyata memiliki sistem imun yang berbeda-beda, jadi ada yang mudah sakit dan biasa saja. Sistem imun tubuh seseorang itu banyak sekali yang mempengaruhi mulai dari gaya hidup, faktor genetik, dan lainnya.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau sistem pencernaan itu memiliki 70% untuk menjaga imun tubuh. Kalau membahas tentang sistem pencernaan, usus menjadi organ yang memiliki peranan penting.

Ada banyak sekali bakteri yang ada dalam usus seperti bakteri baik dan bakteri jahat. Alangkah baiknya kalau kamu mulai perhatian dengan kesehatan. Salah satunya menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Bakteri baik dalam tubuh berguna untuk melumpuhkan berbagai patogen yang ada tubuh. Kalau sudah begitu sistem kekebalan tubuh akan terbentuk. Caranya cukup mudah, tinggal nggak makan-makanan yang siap saji aja biar pertumbuhan bakteri baik tetap seimbang.

Keberadaan bakteri baik pada usus itu memang nggak menentu, jadi tergantung cara kamu menjaga kesehatan. Agar bakteri baik tetap bekerja optimal, kamu perlu konsumsi makanan yang berserat, rutin olahraga, dan menjaga pola makan. Nah, dengan menerapkan itu semua sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan usus? Berikut ini ulasannya :

  1. Menjaga tetap terhidrasi

Kondisi tubuh terhidrasi disini adalah tubuh tetap mendapatkan cairan sehingga semua fungsi tubuh berfungsi secara normal. Nah, dengan kamu menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat bakteri baik dalam usus tetap seimbang.

  1. Mengkonsumsi makanan fermentasi dan probiotik

Ketika kamu selalu konsumsi makanan fermentasi dan minuman probiotik akan membuat bakteri baik dalam usus tetap terjaga. Sehingga bisa mencegah terjadinya masalah usus seperti peradangan usus. Untuk memenuhinya kamu bisa dapatkan dari tempe, sayuran difermentasi, kombucha, dan kimchi.

  1. Makanan serat prebiotik

Makanan yang kaya akan serat sangat baik untuk menjaga keseimbangan probiotik atau bakteri baik dalam tubuh. Kalau sudah terpenuhi maka imun tubuh kamu akan tetap terjaga dan nggak gampang sakit.

Jadi probiotik ini nantinya akan memakan karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Kalau dibiarkan bakteri jahat akan sangat senang hati berkembang biak di dalam usus. Agar tidak terjadi masalah pada usus, kamu perlu konsumsi makanan prebiotik seperti pisang, bawang bombai, bawang putih, dan biji-bijian.

  1. Hindari gula apalagi pemanis buatan

Demi menjaga kesehatan usus kamu perlu hindari makanan atau minuman yang kaya akan gula atau pemanis buatan. Memang yang manis itu belum tentu menyenangkan, justru menyakitkan. Sama halnya kalau kebanyakan gula, akan meningkatkan kadar gula darah.

Itulah penjelasan mengenai peranan usus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi agar sistem imun kamu lebih baik, cintailah ususmu. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu akan lebih sadar betapa pentingnya jaga kesehatan usus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.