Januari 15, 2022 Artikel

Penyebab Tubuh Sering Terasa Lemas

Amunizer – Pernahkah tubuhmu merasa lemas padahal tidak melakukan aktivitas yang berat ? Waspada saat tubuhmu mulai merasa sering lemas. Karena hal ini terjadi karena ada yang salah dengan aktivitas dan juga kondisi tubuhmu. Untuk lebih jelasnya, berikut hal-hal yang dapat menyebabkan badan menjadi lemas :

  1. Kurang tidur

Salah satu penyebab tubuh sering merasa lemas adalah kurang tidur. Yang satu ini menjadi penyebab yang paling umum, telebih buat kamu yang suka bergadang atau memang ada pekerjaan hingga larut. Besoknya setelah bergadang, kamu pasti akan merasa badan enggan beraktivutas dan kurang bertenaga untuk bergerak.

Karena tidur sendiri tujuan utamanya adalah agar tubuh beristirahat. Dengan tidur cukup, maka organ-organ tubuh tenaganya akan pulih. Jadi kalau tidurnya saja kurang, pastilah kerja organ akan menjadi kurang maksimal. Kurang tidur sendiri akan membawa dampak yang sangat tidak baik apabila terjadi secara berkelanjutan.

  1. Mengalami stress

Kamu juga harus tahu bahwa stressnya pikiran juga akan berdampak pada badan yang lemas. Ketika pikiran merasa stress, tubuh akan merasa tak bertenaga walaupun sebenarnya tubuh dalam keadaan bugar. Pikiran yang sedang kacau, secara tidak langsung juga akan berdampak pada kacaunya aktivitas sehari-hari, termasuk juga tubuh akan sering merasa lemas.

Jadi saat pikiranmu merasa tidak menentu, sebaiknya segera mencari sarana healing agar tidak terjebak pada situasi yang kurang menguntungkan. Karena saat badan sudah merasa lemah tak bertenaga, biasanya yang akan kamu lakukan hanya rebahan tidak menentu, benar bukan ?

  1. Tubuh kekurangan nutrisi

Kalau kamu merasa tidur cukup dan tidak stress namun tubuh terasa sering lemas, maka bisa jadi hal tersebut disebabkan karena tubuh kekurangan asupan nutrisi. Karena dalam menjalankan rutinitas sehari-hari, tubuh membutuhkan sumber energi yang berasal dari makanan yang kamu makan.

Tubuh yang terasa lemas utamanya karena kekurangan vitamin B12. Karena vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan komponen-komponen vital tubuh. Vitamin b12 sendiri dapat disupport melalui susu, daging merah, telur, dan juga berbagai jenis ikan.

  1. Kondisi tubuh sedang tidak fit

Lebih lanjut, tubuh yang terasa lemas bisa jadi adalah tanda adanya gelaja penyakit tertentu. Karena secara umum, kamu akan merasa lemas saat sakit mulai menyerang. Hal ini karena sakit sifatnya melemahkan beberapa fungsi tubuh. Bahkan penyakit skala kecil seperti flu juga dapat membuat badan menjadi lemas. Agar terhindar dari kondisi ini, pastikan tubuhmu sellau mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan juga sehat.

  1. Mengalami cedera saraf atau otot

Cedera saraf atau otot juga bisa membuat tubuhmu terasa lemas. Hal ini karena baik saraf maupun otot adalah bagian penting dalam system gerak manusia. Jadi kalau kedua bagian ini mengalami cedera, bagian tubuh yang lain juga akan terkendala untuk bergerak. Sehingga ending yang terlihat adalah rasa lemas pada tubuh.

Saat mengalami cedera saraf dan otot, tubuhmu sebaiknya jangan digunakan untuk banyak bergerak. Hal ini untuk menghindari agar tidak terjadi cedera yang lebih serius. Penyakit otot seperti distrofi, Parkinson, dan tendinitis juga akan membuat tubuhmu terasa lemas.

Demikian beberapa hal yang dapat menyebbakan tubuh merasa sering lemas. Jangan menyepelekan meski hanya sekedar lemas. Jika memang diperlukan, istirahatlah dan makan makanan yang sehat agar tubuh Kembali bertenaga lagi. Juga segera telusuri penyebab badanmu merasa lemas agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Related article